5 Buah Super untuk Meningkatkan Kualitas Kesuburan Pria

Rutin mengonsumsi buah-buahan ini bikin jumlah sperma meningkat

16 Juni 2020

5 Buah Super Meningkatkan Kualitas Kesuburan Pria
Freepik/drobotdean

Selama ini, masalah kesuburan seringkali hanya dibebankan pada perempuan. Saat pasangan suami istri belum kunjung dikaruniai momongan, pasti Mama yang dianggap tidak subur. Padahal untuk mendapatkan kehamilan, baik perempuan maupun laki-laki memiliki peranan yang sama.

Agar pembuahan berhasil, bukan hanya Mama saja yang perlu menerapkan pola hidup sehat, tetapi Papa juga. Sperma yang sehat sangat berperan penting dalam keberhasilan program kehamilan. Untuk meningkatkan performa sperma, Papa perlu memerhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari.  Asupan gizi dan nutrisi untuk meningkatkan kualitas sperma yang baik bisa didapatkan dari buah-buahan.

Berikut Popmama.com punya lima rekomendasi buah-buahan untuk meningkatkan kesuburan pria:
 

1. Delima

1. Delima
Pexels/Jessica Lewis

Jus buah delima rasanya sangat manis dan segar bukan? Selain rasanya yang enak, jus buah delima ternyata punya kandungan antioksidan tinggi. Dilansir dari What to Expect, antioksidan berperan penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian yang dilakukan di laboratorium terhadap tikus-tikus berjenis kelamin laki-laki menunjukkan hasil yang signifikan terhadap peningkatan jumlah sperma sehat ketika mereka mengonsumsi sari buah delima. 

Editors' Picks

2. Jeruk

2. Jeruk
Pexels/Rawpixel.com

Jeruk mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh. Bukan hanya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh saja, melainkan juga meningkatkan jumlah sperma. Dengan konsumsi jeruk rutin setiap hari, sperma pun akan semakin sehat dan menambah kegesitan gerakannya menuju ke sel telur.

3. Buah goji berry

3. Buah goji berry
Freepik

Buah goji berry dikenal sebagai buah yang dikeringkan menyerupai kismis. Dilansir dari parenting.firstcry.com, goji berry adalah superfood yang menambah jumlah sperma aktif, meningkatkan temperatur di sekitar kantung skrotum, untuk membuatnya lebih optimal dalam memproduksi sperma. 

4. Pisang

4. Pisang
freepik.com/008melisa

Untuk membantu meningkatkan motilitas sperma, diperlukan pasokan enzim bromelain yang memadai. Enzim ini terdapat pada pisang. Konsumsi pisang rutin setiap hari meningkatkan mobilitas dan produksi sperma karena kaya akan vitamin B1, vitamin C, dan magnesium. Selain mengenyangkan dan berserat tinggi, pisang juga dapat mengatur hormon seks dan mengelola suasana hati sehingga menjadi lebih baik.
 

5. Tomat

5. Tomat
Freepik/racool_studio

Jangan meremehkan kekuatan si Merah ini. Tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang dikenal mampu memperbaiki struktur dan aktivitas sperma. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur, Papa bisa melihat hasilnya terhadap kesuburan papa. 

Selain mengonsumsi buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan pria di atas, jangan lupa juga untuk menghindari hal-hal yang dapat menurunkan kualitas sperma. Misalnya merokok, minum-minuman beralkohol, mengonsumsi junk food dan malas berolahraga.

Dengan mengusahakan untuk memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat, niscaya tubuh pun siap memproduksi sperma yang baik demi pembuahan yang berkualitas. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.