7 Manfaat Mengonsumsi Nangka untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi nangka saat hamil boleh kok, asal tidak tidak berlebihan ya, Ma!

16 Januari 2020

7 Manfaat Mengonsumsi Nangka Ibu Hamil
Freepik

Buah nangka merupakan buah yang memiliki turunan dari buah durian, namun nangka memiliki aroma yang lebih lembut dari durian. Buah nangka bisa dimanfaat kan menjadi berbagai olahan makanan, bahkan bijinya bisa dikonsumsi.

Buah nangka biasanya dapat ditemui di daerah dengan iklim tropis terutama Asia Tenggara. Hal ini karena buah nangka tidak bisa hidup di daerah yang terlalu dingin atau terlalu kering.

Siapa sangka, kandungan dalam buah nangka sebenanya cukup banyak. Namun ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi nangka karena dapat berdampak buruk pada kehamilan.

Faktanya, ibu hamil boleh mengonsumsi nangka karena buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu perkembangan janin.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan buah nangka bahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Namun, jika Mama merasakan sensasi panas setelah mengonsumsi nangka, itu karena buah nangka memiliki kandungan gas sehingga akan menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Mama masih ragu, Popmama.com sudah merangkum tujuh manfaat mengonsumsi buah nangka berikut ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik

Buah nangka memiliki kandungan vitamin A sebanyak 5µg atau 1% untuk angka kecukupan gizi (AKG) dan vitamin C sebanyak 13,8mg atau 17% AKG.

Kandungan vitamin A sendiri sangat bagus untuk perkembangan jantung, paru-paru, ginjal serta sistem peredaran darah pada janin. Vitamin A juga mampu menurunkan resiko kecatatan pada bayi.

Sedangkan untuk vitamin C sendiri berguna untuk membentuk kolagen dalam tulang serta pembentukan otot pada janin. Vitamin ini juga penting bagi perbaikan jaringan luka dan membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sayuran.

Selain itu perpaduan vitamin A dan C sendiri dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil sehingga dapat menurunkan terjadinya infeksi.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

2. Memperbaiki sistem pencernaan
Freepik

Masalah sembelit sering terjadi pada Mama selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi buah nangka, masalah ini akan teratasi. Pasalnya dalam 100gr buah nangka mengandung 1,5 gr serat. Kandungan serat ini akan membantu melancarkan pencernaan serta melindungi usus besar dari luka.

3. Membantu proses penyerapan kalsium

3. Membantu proses penyerapan kalsium
Freepik

Ketika hamil, Mama tentu membutuhkan kalsium lebih banyak dari biasanya. Hal ini karena bayi dalam kandungan membutuhkan asupan untuk proses pembentukan tulang dan gigi agar lebih optimal.

Buah nangka memiliki kandungan magnesium sebanyak 29mg dan kalsium sebesar 24mg. Kandungan tersebut sangat baik untuk membantu penyerapan gizi ke dalam tubuh Mama dan si Kecil sehingga perkembangan tulang dan gigi dapat lebih optimal.

Editors' Picks

4. Menjadi sumber energi

4. Menjadi sumber energi
Freepik

Ketika hamil, Mama perlu meningkatkan asupan energi salah satunya dengan mengonsumsi sesuatu yang manis. Kandungan gula dalam buah nangka sebesar 19,08g, kandungan gula ini yaitu fruktosa dan sukrosa yang dapat menjadi asupan energi agar Mama dapat beraktivitas dengan lancar.

5. Mencegah hipertensi selama proses kehamilan

5. Mencegah hipertensi selama proses kehamilan
Freepik

Buah nangka mengandung kalium yang dapat mencegah hipertensi selama kehamilan.Hipertensi memiliki resiko serius pada bayi jika dibiarkan, hal ini karena hipertensi dapat menyebabkan aliran darah menuju plasenta terhambat sehingga bayi beresiko kekurangan oksigen. Dengan mengonsumsi buah nangka, secara tidak langsung keseimbangan kalsium, magnesium dan garam dalam tubuh dapat terjaga sehingga resiko hipertensi dapat menurun.

6. Mencegah anemia

6. Mencegah anemia
Freepik

Saat hamil, Mama akan sangat rentan terkena anemia. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan zat besi akan terus bertambah seiring berkembangnya usia kandungan.

Buah nangka mengandung asam folat sebanyak 24µg atau 6% menurut AKG serta zat besi sebanyak 0,23mg yang dapat menormalkan kadar hemoglobin saat hamil sehingga dapat mencegah anemia. Anemia tentu akan sangat mengganggu Mama terlebih jika anemia yang dirasakan parah. Hal ini juga dapat berpengaruh pada waktu kelahiran bayi.

7. Menyeimbangkan kadar gula darah

7. Menyeimbangkan kadar gula darah
Freepik

Penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Sydney mengungkapkan bahwa nangka memiliki kandungan gula alami yang lebih rendah dari beras dan gandum. Hal ini bisa menjadi pengganti asupan gula selama kehamilan tanpa meningkatkan resiko diabetes.

Namun jika Mama sudah memiliki riwayat penyakit diabetes, lebih baik tidak mengonsumsi buah nangka terlalu banyak.

Fakta-fakta ini menunjukan bahwa buah nangka dapat dikonsumsi saat sedang hamil, namun tetap dengan catatan tidak berlebihan mengonsumsinya ya, Ma.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!