Ini 5 Perubahan yang Terjadi di Dalam Tubuh Ibu Hamil

Bukan hanya tampak dari luar, di dalam tubuh ibu hamil pun terdapat banyak perubahan

22 Maret 2021

Ini 5 Perubahan Terjadi Dalam Tubuh Ibu Hamil
Pexels/jo√£oPaulodeSouzaOliveira

Berat badan yang bertambah dan postur tubuh berbeda adalah dua perubahan fisik yang paling jelas terlihat pada perempuan selama masa kehamilan. Padahal sebenarnya di balik yang jelas tampak, bagian dalam tubuh ibu hamil juga mengalami banyak perubahan, lho!

Meski tak terlihat jelas dari luar, perubahan tak kasat mata di dalam tubuh mama selama kehamilan ini tidak kalah signifikan. Penasaran? Yuk, simak informasi lengkap mengenai perubahan di dalam tubuh ibu hamil, pada penjelasan Popmama.com berikut ini!

1. Perubahan pada jantung

1. Perubahan jantung
Freepik/nakaridore

Selama kehamilan, jantung mama akan membesar dan memompa lebih cepat untuk memenuhi permintaan suplai darah ke janin. Iya, hanya dengan hamil, Mama sebenarnya sudah seperti melakukan olahraga aerobik setiap saat. Keren ya!

Namun, ini juga yang bisa menyebabkan Mama mudah merasa lelah saat hamil. Pastikan Mama tidak memaksakan diri dan beristirahat saat sudah merasa lelah, ya.

Editors' Pick

2. Perubahan hormon

2. Perubahan hormon
Pexels/Jonathan Borba

Tentu saja, perubahan hormon selama kehamilan adalah hal yang tak terelakkan. Baik perubahan dalam arti perubahan kadar hormon dalam tubuh hingga munculnya hormon baru yang tidak ada sebelumnya, keduanya memberikan efek baru selama kehamilan.

Seperti meningkatnya sensitivitas indra penciuman dan morning sickness yang dipicu oleh hormon HCG. Pusing, mual, mulas, dan mood swing yang dipicu meningkatnya hormon progesteron. Nyeri pada payudara, peningkatan nafsu makan, hingga perubahan kondisi kulit karena meningkatknya hormon estrogen.

3. Perubahan pada persendian

3. Perubahan persendian
Freepik/user15694850

Hormon kehamilan meyebabkan perubahan struktur ligamen yang menopang persendian sehingga menjadi lebih lembut dan rentan goyah. Sendi yang terpengaruh signifikan terletak di daerah panggul dan punggung bagian bawah. Sementara punggung bagian atas, kaki, dan pergelangan tidak terlalu signifikan pengaruhnya.

Tenang, apabila Mama merasa nyeri atau cepat goyah di bagian-bagian tersebut, segera periksakan ke dokter atau fisioterapis ahli untuk perawatan dan pengobatan khusus yang dapat membantu.

4. Suhu tubuh semakin tinggi

4. Suhu tubuh semakin tinggi
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Secara alamiah, suhu tubuh mama akan menjadi sedikit lebih tinggi saat hamil. Jadi memang akan lebih mudah bagi Mama untuk merasa gerah dan berkeringat.

Penting untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dengan banyak minum air putih, menggunakan pakaian dengan bahan yang ringan dan sejuk, serta banyak menghabiskan waktu di ruangan dengan ventilasi yang baik.

5. Perubahan sirkulasi darah

5. Perubahan sirkulasi darah
Freepik/rawpixel.com

Seiring pertumbuhan janin, volume darah dalam tubuh juga turut meningkat. Melembutnya dinding pembuluh darah dan berat uterus mama sepanjang kehamilan dapat mempengaruhi aliran darah menuju jantung, membuat darah menumpuk di area kaki.

Menginjak trimester kedua, usahakan untuk tidur dengan tubuh miring untuk melancarkan peredaran darah dan menempatkan janin pada posisi ideal.

Meski tidak terlihat, perubahan di dalam tubuh ibu hamil ini penting untuk diketahui agar Mama dapat lebih bijak beraktivitas selama kehamilan. Tetap jaga kesehatan ya, Ma!

Baca juga:

The Latest