Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Ketahui Takaran Konsumsinya

Apakah Mama juga suka minum madu?

31 Maret 2020

Manfaat Madu Ibu Hamil Ketahui Takaran Konsumsinya
Freepik

Madu menjadi salah satu asupan favorit siapa saja, termasuk para ibu hamil. Madu dianggap bisa menjadi pengganti gula pasir untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman.

Selain rasanya manis alami, madu juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan. Termasuk seperti vitamin, mineral dan bahkan antioksidan.

Tetapi apakah sebenarnya ibu hamil aman mengonsumsi madu? Seberapa banyak batasan aman ibu hamil mengonsumsi madu? Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut informasinya:

1. Kandungan nutrisi madu

1. Kandungan nutrisi madu
Pixabay/PollyDot

Dikutip dari Healthline, madu rata-rata mengandung vitamin dan mineral, serta antioksidan. Semakin gelap warna madu, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

Beberapa jenis antioksidan yang terdapat di dalam madu seperti senyawa fenolik flavonoid.

Di balik rasa manisnya, madu memiliki kandungan fruktosa, maltosa dan sukrosa. Madu juga disebutkan hampir tidak memiliki lemak, Ma.

2. Amankah ibu hamil konsumsi madu?

2. Amankah ibu hamil konsumsi madu
Freepik

Dilansir Parenting First Cry, madu terasuk aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Madu pun bisa dimasukkan dalam diet sehari-hari, kecuali karena kondisi tertentu dokter Mama menyarankan sebaiknya.

Kekhawatiran terbesar sebagian ibu hamil mengonsumsi madu adalah suatu kondisi yang disebut sebagai botulisme, yang merupakan penyakit langka akibat konsumsi madu yang terkontaminasi bakteri berbahaya, Clostridium. Tetapi perlu diketahui bahwa kemungkinan terkena dampaknya lebih kecil karena sistem kekebalan alami tubuh Mama dapat melawan infeksi.

Selama kehamilan, janin terlindungi terhadap paparan bakteri oleh plasenta, Ma. Madu pun kerap direkomendasikan sebagai pengganti gula, termasuk untuk ibu hamil, namun tetap harus dikonsumsi dengan bijaksana.

Editors' Picks

3. Manfaat madu untuk ibu hamil

3. Manfaat madu ibu hamil
Pixabay/Leon_Ting

Madu memiliki banyak manfaat kesehatan karena berbagai  kandungan nutrisi alaminya. Beberapa contoh manfaat minum madu untuk ibu hamil di antaranya:

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, Mama perlu imun yang kuat untuk mencegah infeksi penyebab penyakit, sebab saat hamil setiap komplikasi dapat berdampak buruk pada janin. Sifat antioksidan dan antibakteri dari madu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

  • Membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Madu yang dikonsumsi dengan teh jahe atau lemon memiliki efek menenangkan pada tenggorokan yang sakit karena memiliki sifat anti-inflamasi. Secara tradisional, madu pun dipercaya dapat membantu menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.


Saat Mama sedang demam dan pilek, konsumsi madu pun bisa membantu proses penyembuhannya lebih cepat.

  • Mengatasi insomnia

Mengonsumsi madu adalah salah satu cara paling sederhana dan aman untuk meningkatkan kualitas tidur. Madu saat dikonsumsi sebelum tidur diketahui memiliki sifat penghilang stres, sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

  • Mencegah alergi

Konsumsi madu secara teratur membantu tubuh membangun kekebalan tubuh terhadap antigen selama kehamilan. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi madu secara teratur saat Mama memiliki riwayat alergi. Namun jika Mama memiliki alergi terhadap serbuk sari, Mama harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi madu, ya.

4. Takaran aman konsumsi madu untuk ibu hamil

4. Takaran aman konsumsi madu ibu hamil
Freepik

Seperti halnya dengan makanan apa pun, mengatur porsi yang sesuai adalah kunci amannya bagi kesehatan. Pun demikian dengan madu. Jika Mama ingin mendapatkan manfaat madu tanpa berlebihan mengonsumsinya, batasi maksimal 3-5 sendok makan madu per hari.

Madu meskipun bermanfaat bagi kesehatan tetapi jumlah konsumsinya tetap harus dibatasi. Ini karena madu sebenarnya tetap mengandung beberapa jenis gula seperti fruktosa, glukosa, dan maltosa.

5. Efek samping konsumsi madu berlebihan saat hamil

5. Efek samping konsumsi madu berlebihan saat hamil
Freepik

Meskipun sebagian besar madu aman untuk dikonsumsi, ada beberapa kasus di mana madu dapat memiliki efek samping. Beberapa di antaranya yakni pada seseorang dengan riwayat gula darah tinggi atau mungkin diabetes.

Konsumsi madu secara berlebihan dikhawatirkan juga bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional pada ibu hamil, sehingga perlu dibatasi jumlah konsumsinya per hari.

Jika Mama sudah memiliki diabetes gestasional, terus awasi kadar gula darah secara teratur dan perhatikan jumlah asupan madu juga. Aturan yang sama berlaku untuk ibu hamil dengan diabetes tipe-2 atau resistensi insulin.

Selain itu, konsumsi madu secara berlebihan juga berisiko dapat menyebabkan kram perut, iritasi pada saluran pencernaan, diare dan kembung. Agar manfaatnya maksimal, pilih madu yang murni dan berkualitas, ya.

Demikian informasi tentang manfaat madu dan tips aman konsumsinya. Apakah Mama juga rutin minum madu saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.