Ini Dia 5 Jenis Nyeri saat Kehamilan yang Tidak Terduga

Ketahui jenis-jenis nyeri saat hamil agar bisa mengantisipasinya

8 Juni 2021

Ini Dia 5 Jenis Nyeri saat Kehamilan Tidak Terduga
Freepik/wayhomestudio

Saat hamil rasa nyeri dalam tubuh seringkali muncul tanpa diundang. Membawa bayi yang ada di dalam perut seharian cukup membuat bagian tubuh terasa sakit, apalagi jika harus bergerak sepanjang hari mengerjakan pekerjaan rumah. Semakin bayi tumbuh, Mama mungkin akan merasa nyeri. Nyeri-nyeri yang kita tidak ketahui sebelumnya akan muncul dari trimester satu sampai tiga.

Selain perut nyeri dan mual muntah, ada sejumlah rasa nyeri saat hamil yang tidak terduga. Berikut Popmama.com akan memberikan informasinya khusus untuk Mama.

Di simak ya, Ma!

1. Nyeri punggung bagian bawah

1. Nyeri punggung bagian bawah
Freepik/yanalya

Nyeri punggung bagian bawah bisa datang dan pergi, tajam atau tumpul atau bahkan sangat parah sehingga Mama tidak dapat berjalan. Hal ini disebabkan karena ketegangan pada punggung bawah dan sering mengakibatkan tekanan dan kompresi pada otot-otot.

Untuk nyeri punggung bawah, cobalah untuk melakukan peregangan sebelum turun dari tempat tidur, menggunakan sepatu yang mendukung, dan memijat punggung bagian bawah ya, Ma.

Editors' Picks

2. Rasa linu di panggul

2. Rasa linu panggul
Freepik/sasun1990

Sciatica atau linu yang terasa di panggul akan terasa sangat sakit dan rasa sakit juga akan menjalar ke kaki. Rasa sakit yang cukup parah itu disebabkan karena duduk yang terlalu lama dan membuat lekukan di punggung bawah.

Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan olahraga ringan yang rutin agar linu tersebut bisa perlahan hilang. Pastikan Mama berkonsultasi ke dokter untuk menentukan jenis olahraga yang tepat.

3. Sakit di daerah kemaluan

3. Sakit daerah kemaluan
Freepik/yanalya

Simfisis Pubis Disfungsi (SPD) adalah masalah yang terjadi pada bagian kemaluan, suatu kondisi yang disebabkan oleh gerakan simfisis pubis yang berlebihan, sangat menyakitkan, dan mungkin terkait dengan ketidaksejajaran panggul.

Penyebab utamanya adalah kegagalan dasar panggul, itulah sebabnya hal ini biasanya dialami menjelang akhir kehamilan.

Untuk mencegahnya, Mama bisa tidur bersama bantal di antara kaki dan juga dapat menggunakan sabuk kehamilan.

4. Pembengkakan pada tangan dan pergelangan tangan

4. Pembengkakan tangan pergelangan tangan
Freepik/senivpetro

Carpal tunnel syndrome atau pembengkakan pada tangan dan pergelangan tangan dapat menyebabkan nyeri selama kehamilan. Carpal tunnel adalah lubang kecil di pergelangan tangan yang dilalui saraf.

Saat kehamilan akan terjadi pembengkakan, sehingga saraf ini bisa terjepit yang menyebabkan jari kesemutan, mati rasa atau sakit.

Untuk mengatasinya, Mama dapat melakukan olahraga yang rutin dan selalu memijat daerah pergelangan tangan agar tidak terasa nyeri.

5. Sakit di bahu dan leher

5. Sakit bahu leher
Freepik/user18526052

Ligamen yang ada di bahu dan leher menjadi kendur selama kehamilan. Kemudian nyeri ini dikaitkan dengan beban perut dan otot punggung yang sudah dibebani, dan mungkin postur tubuh akan menjadi terpengaruh.

Sesuatu yang sederhana seperti perubahan kecil dalam postur dapat menyebabkan nyeri bahu dan leher selama kehamilan.

Untuk mengatasinya Mama bisa melakukan stretching atau yoga yang akan membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks sehingga membawa kelenturan pada leher dan area punggung.

Itu dia lima jenis nyeri saat hamil yang tidak terduga. Tetap rajin berolahraga agar rasa nyeri tersebut perlahan dapat berkurang dan jangan lupa agar tetap menjaga kesehatan janin ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.