Pertanda Apakah Sebuah Mimpi? Ini 8 Arti Mimpi yang Dialami Ibu Hamil

Ini arti mimpi yang Mama alami!

1 Juli 2020

Pertanda Apakah Sebuah Mimpi Ini 8 Arti Mimpi Dialami Ibu Hamil
Freepik/bearfotos

Tidur merupakan ritual paling penting selama hamil yang bermanfaat bagi ketenangan emosional dan pemulihan fisik dari kelelahan setelah beraktivitas seharian. Saat tidur, Mama pasti sering mengalami mimpi. Bentuknya pun bisa bermacam-macam.

Bisa berlangsung singkat, mimpi yang panjang hingga terbangun, mimpi yang dipenuhi imajinasi yang tak nyata, atau pun mimpi yang seperti nyata.

Menurut Dr. Neil Stanley, seorang ahli yang sudah mendalami ilmu tidur selama 30 tahun, ibu hamil paling sering mengalami mimpi. Mimpi yang dialami selama hamil cenderung aneh, seperti nyata, bahkan bisa mengganggu tidur ibu hamil hingga lebih sering terbangun di tengah mimpi.

Beberapa mimpi yang dialami juga cukup panjang dan bisa diingat dengan jelas.

Dokter Neil juga menjelaskan, perubahan hormonal, ketidaknyamanan secara fisik, dan rasa cemas tentang kondisi kehamilan atau persalinan yang Mama alami selama hamil, merupakan faktor utama yang membuat Mama lebih sering terbangun selama fase mimpi.

Karena itulah, Mama lebih sering terbangun di tengah mimpi dan bisa mengingat dengan jelas mimpi yang dialami.

Belum diketahui dengan pasti apa yang memengaruhi isi mimpi. Namun, pikiran seseorang disebut mempunyai peranan yang penting tentang baik atau buruknya isi sebuah mimpi. Apalagi, perempuan cenderung lebih emosional saat hamil.

Inilah yang bisa memicu mimpi menakutkan pada ibu hamil, terutama mimpi tentang bayi yang ada di dalam kandungannya.

Apa Arti Mimpi yang Dialami Ibu Hamil?

Meskipun belum ada kesimpulan ilmiah, tetapi beberapa ahli berspekulasi tentang makna mimpi yang umum dirasakan selama hamil. Berikut ulasanPopmama.com khusus untuk Mama!

1. Mimpi menjadi orang yang pelupa

1. Mimpi menjadi orang pelupa
Freepik/katemangostar

Bermimpi lupa mengunci pintu, lupa mematikan kompor, atau lupa memberi makan bayi bisa jadi terkait dengan ketakutan yang sangat umum bahwa Mama belum siap menjadi seorang ibu.

Padahal Mama nggak perlu terlalu takut, semua akan bisa berjalan baik-baik saja. Sekarang tugas mama adalah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

2. Mimpi terjebak di suatu tempat

2. Mimpi terjebak suatu tempat
Freepik/bedneyimages

Di dalam mimpi, Mama merasa terjebak tidak dapat melarikan diri dari sebuah ruangan kecil. 

Mungkin ini merupakan bagian dari ketakutan untuk terikat, atau takut kehilangan kebebasan sebagai ibu baru.

3. Mimpi merasa tidak dicintai

3. Mimpi merasa tidak dicintai
Freepik/jcomp

Suami berselingkuh dengan perempuan lain atau merasa pasangan tidak tertarik pada Mama lagi?

Arti mimpi tidak dicintai oleh pasangan kita sendiri mengungkapkan rasa takut tentang bagaimana kehamilan bisa mengubah penampilan atau daya tarik yang Mama miliki.

Editors' Picks

4. Mimpi tentang seks

4. Mimpi tentang seks
Freepik/jcomp

Mimpi tentang ini saat hamil mungkin mewakili hasrat seks yang Mama abaikan atau sembunyikan selama hamil.

Arti mimpi mengabaikan hubungan seks selama hamil adalah menggambarkan kekhawatiran mama dalam melakukan hubungan intim saat hamil. Bahkan, terkadang mimpi ini juga bisa menyebabkan seseorang orgasme.

Pernah mengalami juga nggak Ma?

5. Mimpi bersama bayi

5. Mimpi bersama bayi
Freepik/yanalya

Mimpi sedang menggendong, mencium, hingga merawat bayi bisa bermakna tentang keinginan mama untuk melatih pengasuhan dan ikatan dengan bayi mama sebelum melahirkan.

Arti mimpinya adalah pertanda Mama sudah tidak sabar ingin segera memeluk bayi mungil yang berada di dalam kandungan untuk segera lahir.

6. Mimpi tentang seperti apa bayi mama

6. Mimpi tentang seperti apa bayi mama
Freepik

Mimpi memiliki bayi yang sakit atau mengalami kelainan fisik paling sering dialami ibu hamil lainnya.

Arti mimpi ini menandakan kecemasan seorang ibu tentang kondisi bayi yang ada di dalam kandungannya. Mama mungkin mengkhawatirkan tentang kecerdasan bayi, atau masa depannya.

7. Mimpi tentang jenis kelamin bayi

7. Mimpi tentang jenis kelamin bayi
Freepik/Dragana_Gordic

Bermimpi tentang jenis kelamin bayi pada dasarnya menunjukkan bahwa Mama sedang memikirkan masalah gender. Beberapa orang menginginkan jenis kelamin tertentu untuk bayinya.

8. Mimpi melahirkan

8. Mimpi melahirkan
Freepik/freestockcenter

Yang ini sudah pasti menggambarkan kecemasan mama tentang persalinan, terutama takut dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan rencananya. Apakah Mama pernah mengalaminya?

Nah, itulah arti mimpi yang sering dialami oleh ibu hamil.

Ingat! Mimpi tidak menandakan apa yang akan terjadi pada Mama di masa depan. Mimpi bisa saja dipengaruhi oleh pikiran, yang menandakan bahwa tubuh mama sedang stres melewati fase kehamilan. Jadi, tak perlu terlalu khawatir dengan mimpi yang Mama alami, ya!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.