TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Inspirasi Game Seru untuk Memeriahkan Baby Shower

Jika Mama ingin mengadakan baby shower untuk merayakan kehamilan, pastikan para tamu bisa seseruan.

10 Desember 2020

5 Inspirasi Game Seru Memeriahkan Baby Shower
Pexels/Paola Vasquez

Berbagi kebahagiaan tentang kehamilan mama dengan keluarga dan kerabat terdekat pasti seru ya. Belakangan ini di Indonesia banyak mama yang mengadakan acara baby shower sebagai perayaan atas kehamilan, sekaligus persiapan menyambut kehadiran buah hati.

Meski serupa, tapi baby shower tentu saja berbeda dengan acara empat atau tujuh bulanan yang sudah turun-temurun dilakukan oleh banyak keluarga di Indonesia. Jika empat atau tujuh bulanan merupakan upacara atau ritual adat, baby shower lebih ke pesta perayaan.

Membayangkan serunya berkumpul bersama kerabat dan sahabat dekat saat baby shower, kurang lengkap rasanya jika tidak ada gimmick di dalamnya. Very Well Family punya banyak ide games seru untuk baby shower, yang berhasil Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Undian diapers

1. Undian diapers
Unsplash/Viviana Rishe

Permainan ini sangat mudah dan bermanfaat untuk Mama dan si Kecil nantinya. Ini juga memudahkan para undangan untuk tidak terlalu banyak memikirkan akan membawa hadiah apa. Mama tinggal memberi keterangan dalam undangan, agar para tamu membawa satu pak diapers saja.

Jelaskan pada mereka bahwa untuk setiap satu bungkus popok yang mereka bawa, bisa ditukar dengan tiket yang akan diundi di akhir acara, sebelum Mama membuka kado. Mama bisa mempersiapkan beberapa hadiah untuk games ini.

Editors' Picks

2. Air ketuban pecah

2. Air ketuban pecah
Unsplash/Should Wang

Game ini juga sangat mudah dipersiapkan. Mama tinggal membeli beberapa pernak-pernik kecil seperti mainan bayi dari plastik, sepatu bayi dari plastik, atau apapun yang berbahan plastik, lalu bekukan masing-masing dalam wadah es batu.

Saat permainan akan dimulai, berikan setiap tamu yang datang 1 gelas plastik berisi es batu yang di dalamnya sudah berisi pernak-pernik tadi. Orang pertama yang es batunya meleleh dan berhasil melepaskan isinya, harus teriak, "Air ketubanku pecah!"

Mungkin terasa aneh, tapi permainan ini seru lho, Ma. Dia yang pertama berhasil 'memecahkan ketuban', yang akan memenangkan permainan dan mendapat bingkisan dari Mama.

3. Waktunya habis!

3. Waktu habis
Unsplash/Simona Sergi

Satu lagi permainan keberuntungan. Kali ini sederhana saja, Mama tinggal mengatur waktu 15 hingga 20 menit, atau lebih lama jika memungkinkan, saat kado dibuka satu per satu. Kemudian, saat waktu habis, pemberi kado yang terakhir dibuka oleh Mama adalah pemenangnya.

Mama bisa menyiapkan hadiah lebih dari satu untuk pemenang. Ini untuk jaga-jaga bila kado yang menang ternyata diberikan pada mama oleh lebih dari satu orang. Kadang ada orang-orang yang patungan membeli kado untuk dibawa ke acara baby shower.

4. Baby shower bingo

4. Baby shower bingo
Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Bermain bingo selalu seru! Untuk permainan ini, Mama bisa menyiapkan grid bingo yang dikosongi. Jumlah grid terserah Mama, tapi semakin banyak pasti akan lebih seru. Minta para tamu yang hadir untuk mengisi kotak-kotak tersebut dengan perkiraan hadiah yang akan dibawa para tamu.

Di penghujung acara, saat pembukaan kado, minta mereka menandai kotak jika kado yang mereka bawa dan sedang Mama buka tertulis di sana. Siapa yang pertama kali mendapat bingo, dialah pemenangnya.

5. ABC Baby Shower

5. ABC Baby Shower
Pixabay/StockSnap

Mama pasti familiar dong dengan permainan ABC yang memerlukan kecepatan berpikir ini. Mama tinggal menyediakan selembar kertas yang berisi daftar huruf-huruf, untuk tiap tamu yang hadir. 

Kemudian mintalah mereka untuk memikirkan satu barang bayi yang diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Beri batas waktu untuk menuliskannya, dan siapa yang punya jawaban paling banyak setelah waktu habis, dia pemenangnya.

Sudah kebayang serunya kan, Ma? Jika Mama mempersiapkan banyak hadiah untuk para tamu, Mama bisa memainkan semua game di atas, asal waktunya cukup. Namun Mama juga bisa memilih salah satu saja, dan itu akan tetap menyenangkan.

Namun, pastikan Mama hanya melakukannya bersama keluarga terdekat dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga kesehatan semua orang yang terlibat.

Happy baby shower, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk