6 Cara Mencegah Diabetes saat Hamil agar Terhindar dari Komplikasi

Sebelum berdampak buruk, ibu hamil perlu mencegah diabetes sejak awal-awal kehamilan

19 November 2020

6 Cara Mencegah Diabetes saat Hamil agar Terhindar dari Komplikasi
Freepik/jcomp

Diabetes, termasuk jenis penyakit tidak menular yang bisa terjadi pada ibu hamil. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. 

Berdasarkan data dari World Health Organization, jumlah penyandang penyakit diabetes terus meningkat. Perlu diketahui bahwa 1 dari 16 orang di Indonesia menderita diabetes. Di antaranya 3 dari 4 penderita diabetes pun tidak sadar terkena diabetes, termasuk perempuan yang sedang menjalani masa-masa kehamilan. 

Ibu hamil berisiko bisa mengidap diabetes apalagi jika gaya hidupnya kurang sehat, termasuk jarang olahraga dan tidak memerhatikan asupan makanan yang tinggi akan kandungan gula. 

Maka dari itu, ibu hamil penting sekali untuk terus menjaga pola hidup sehat agar terhindari dari diabetes sekaligus berbagai komplikasi buruk terkait kesehatan janin di dalam kandungan. 

Jika Mama ingin mengetahui cara mencegah diabetes saat hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak baik-baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan yuk, Ma!  

1. Usahakan untuk terus menjaga pola hidup sehat 

1. Usahakan terus menjaga pola hidup sehat 
Freepik/valuavitaly

Dikutip dari National Health Services (NHS) UK, ibu hamil bisa mengalami diabetes dan ini tentu akan berisiko buruk terkait kesehatan janin di dalam kandungan. 

Mama perlu meningkatkan pola hidup sehat demi mencegah ibu hamil dari diabetes. Bisa dimulai dengan konsisten mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memiliki waktu istirahat berkualitas, aktivitas fisik yang cukup hingga mampu mengendalikan stres. 

Penerapan pola hidup sehat ini perlu dilakukan dengan baik dari trimester pertama hingga menjelang proses persalinan ya, Ma. 

2. Mengonsumsi camilan sehat yang rendah gula selama masa kehamilan

2. Mengonsumsi camilan sehat rendah gula selama masa kehamilan
Freepik/jcomp

Mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh selama masa kehamilan memang sangat penting dilakukan. Kadar gula darah yang tinggi saat hamil justru akan menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk diabetes

Apabila ibu hamil ingin mengonsumsi camilan, maka ada baiknya mencari yang sehat dan bebas gula. Ada jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil agar terhindar dari diabetes, mulai dari kacang tanah, kacang merah, hingga edamame. 

Pilihan jenis kacang-kacangan tersebut termasuk camilan sehat yang rendah gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung nustrisi yang bisa memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. 

Editors' Picks

3. Memerhatikan asupan buah-buahan yang tidak memiliki kadar gula berlebih

3. Memerhatikan asupan buah-buahan tidak memiliki kadar gula berlebih
Unsplash/Louis Hansel

Permasalahan yang terjadi selama hamil tentu menjadi sebuah perjuangan tersendiri sebelum bertemu dengan si Kecil saat proses persalinan.  

Untuk mencegah diabetes selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak asupan nutrisi yang bersumber dari buah-buahan. Mama pun harus bijak ketika ingin mengonsumsi buah, carilah buah-buahan yang tidak memiliki kadar gula berlebih. 

Beberapa buah yang rendah gula dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti semangka, alpukat, jambu biji, dan kiwi.  

Perlu diingat bahwa kadar gula dalam setiap buah-buahan tentunya tidak semuanya sama. 

4. Membatasi asupan GGL (Gula, Garam, Lemak) 

4. Membatasi asupan GGL (Gula, Garam, Lemak) 
Freepik/jcomp

Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil perlu mencegah terjadinya diabetes. Hal ini dikarenakan akan berisiko buruk terhadap kondisi diri sendiri serta kesehatan janin di dalam kandungan. 

Di antara diterapkannya pola hidup sehat, ibu hamil perlu membatasi konsumsi GGL (Gula Garam Lemak). Anjuran konsumsi GGL harian yaitu 50 gram gula per hari, 5 gram garam per hari, dan 67 gram lemak per hari. 

Demi membatasi asupan GGL, ibu hamil perlu mencermati informasi nilai gizi sebelum mengonsumsi setiap olahan makanan. Selain itu, ibu hamil juga harus mengetahui kebutuhan nutrisi harian, sehingga bisa membatasi asupan makanan sehari-hari. 

5. Berusaha untuk mengelola stres dengan baik 

5. Berusaha mengelola stres baik 
Freepik/user18526052

Dilansir dari Everyday Health, sebuah penelitian mengatakan bahwa stres dapat memicu seseorang mengidap diabetes. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan pada kadar gula di dalam darah. 

Perlu Mama ketahui bahwa tubuh akan berusaha melepaskan hormon kortisol ketika sedang mengalami stres. Saat detak jantung naik karena stres, maka hormon kortisol akan meningkatkan gula dalam aliran darah. 

Demi mencegah terjadinya diabetes saat sedang hamil, alangkah baiknya Mama berusaha untuk menjaga kesehatan mental agar tidak stres. 

Apabila sedang banyak pikiran, ibu hamil disarankan untuk relaksasi sejenak agar lebih tenang. Mama bisa menikmati udara segar di teras rumah, menonton film, atau mendengarkan lagu favorit. Beberapa cara ini setidaknya dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres yang menyebabkan diabetes.   

6. Menjaga berat badan ideal dengan konsisten 

6. Menjaga berat badan ideal konsisten 
Unsplash/i yunmai

Menjaga berat badan sebelum dan selama hamil sangat diperlukan agar tidak mengalami obesitas. 

Saat sudah hamil, berat badan perlu dikendalikan agar tetap normal karena ini menyangkut kesehatan diri sendiri serta kesehatan janin. Berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk saat hamil akan menganggu kesehatan, termasuk meningkatkan potensi untuk mengidap diabetes. 

Demi menjaga berat badan ideal dan mencegah terjadinya diabetes saat hamil, ada baiknya untuk tetap menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang. 

Itulah beberapa rangkuman terkait cara-cara mencegah diabetes saat hamil. 

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.