Sering Lupa saat Hamil? Ini Dia 5 Cara Mengatasi Momnesia

Sering merasa lupa saat masa-masa kehamilan?

22 Mei 2022

Sering Lupa saat Hamil Ini Dia 5 Cara Mengatasi Momnesia
Unsplash/Xavier Sotomayor

Jika selama kehamilan kamu sering lupa, ini bertanda kamu sedang melewati fase momnesia. Perlu diketahui kalau momnesia adalah lupa ingatan yang dialami perempuan saat ingin memulai proses menjadi ibu. Hal ini biasanya terjadi pada trimester 2 atau 3 selama masa kehamilan.

Terkadang saat melewati fase ini, ibu hamil mudah sekali lupa dengan hal-hal kecil seperti menaruh barang, lupa mematikan kompor hingga bisa saja lupa dengan hari pernikahan bersama pasangan.

Perlu disadari kalau fase ini wajar terjadi. Menurut penelitian, ini terjadi karena hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh berproduksi 15 hingga 40 kali lebih banyak dari sebelum masa kehamilan. Peningkatan produksi hormon ini akan berpengaruh terhadap kinerja syaraf dan otak.

Tak hanya itu, produksi oksitosin juga akan meningkat. Ini dikarenakan hormon yang satu ini berfungsi untuk merangsang kontraksi saat melahirkan hingga memproduksi susu. Kedua hormon ini bisa mempengaruhi kerja otak dan menjadi salah satu penyebabkan terjadinya momnesia

Namun, tidak perlu khawatir momnesia masih bisa diatasi selama masa kehamilan. Berikut beberapa tips dari Popmama.comuntuk mengatasi momnesia agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

1.  Catat hal-hal penting

1.  Catat hal-hal penting
Unsplash/jesswaters

Mencatat hal-hal penting itu bukan sesuatu yang sepele lho. Justru ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang mudah lupa.

Buatlah catatan penting yang akan membantu agar tidak mudah lupa. Catatlah semua ke dalam sebuah notebook atau menempelkan notes di tempat-tempat yang mudah dilihat.

Hal seperti ini membantu ibu hamil lupa akan sebuah janji penting dalam waktu dekat, seperti harus ke dokter atau bertemu dengan orang penting.

Editors' Picks

2. Berusaha menentukan prioritas

2. Berusaha menentukan prioritas
Unsplash/Omar Lopez

Menentukan prioritas tentu akan membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah sering lupa saat menjalani masa kehamilan. Dengan selalu menentukan prioritas dan berusaha mengutamakan beberapa hal yang harus di dahulukan, ini bisa meminimalisir kelupaan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Fokuskan diri terhadap yang menurut kamu penting dan dirasa harus didahulukan. Jika memungkinkan cobalah untuk membagi bebrapa tugas pada orang lain, seperti pasangan. Ini membantu agar tidak merasa stres sendiri dan tetap ada waktu untuk rileks. 

3. Tidak perlu mengonsumsi suplemen

3. Tidak perlu mengonsumsi suplemen
Unsplash/Rawpixel

Terkadang kebiasaan lupa saat sedang hamil bisa membuat seseorang berusaha mengatasinya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat.

Padahal terburu-buru mengonsumsi suplemen dirasa sangat kurang bijak dalam mengatasi masalah ini. Apalagi dalam kondisi sedang hamil, suplemen tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

Kuncinya tetap harus bisa tetap tenang dan santai, meskipun sedang merasa lupa akan suatu hal.

Tetap berusaha mengingat secara perlahan-lahan lebih disarankan daripada berusaha mengonsumsi suplemen hanya untuk menghilangkan lupa.

Intinya tetaplah berusaha untuk rileks agar terhindar dari perasaan gelisah. Terlalu gelisah dan cemas justru akan membuat tidak stres meningkat, sehingga semakin mudah lupa dan tidak akan menyelesaikan masalah.

4. Istirahat cukup

4. Istirahat cukup
Unsplash/gregorypappas

Namanya juga sedang menjalani masa kehamilan, sepertinya tidak boleh ada kata lelah ketika beraktivitas. Bagi perempuan yang baru saja hamil mungkin akan merasa kesulitan untuk memenuhi waktu tidurnya.

Selama mengandung si Kecil di dalam perut, ada baiknya untuk tetap mengatur gaya hidup secara teratur termasuk pola tidur. Memperbanyak jadwal tidur menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi momnesia. Setidaknya tetap berusaha tidur walaupun hanya sebentar.

Selain itu, pola makan yang terjaga dan olahraga cukup juga membantu daya ingat selama masa kehamilan. Ini berguna dalam mencegah kemungkinan berlanjutnya momnesia setelah proses persalinan.

5. Satukan benda penting dalam satu tempat

5. Satukan benda penting dalam satu tempat

Buat semuanya ini mudah seperti mengatur barang-barang penting ke dalam tempat atau lemari yang sama. Hal ini tentunya bisa mencegah kelupaan saat sedang mencari barang-barang penting di dalam rumah.

Hal seperti ini perlu dibiasakan agar tidak kebingungan saat sedang mencari suatu barang, seperti kunci rumah, kunci kendaraan, charger handphone, handphone dan barang-barang penting lainnya di satu lemari yang sama.

Berusahalah juga untuk konsisten setiap kali selesai memakainya dan selalu menaruh ke tempat semula. Semakin konsisten menaruh barang, ini tentunya akan membantu proses pencarian barang ketika diperlukan.

Beberapa tips di atas bisa menjadi alternatif cara untuk mengatasi momnesia. Namun, jika ini sudah sangat parah dan tidak bisa lagi dikontrol dengan berbagai cara.

Ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter karena jika terlalu lama dipendam, kondisi ini akan membuat ibu hamil semakin gelisah karena keseringan lupa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk