Disukai Janin, Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Menu Sehat Ibu Hamil

Menu makanan selama masa kehamilan perlu sekali dijaga karena sangat memengaruhi perkembangan janin

13 Agustus 2020

Disukai Janin, Ini 7 Rekomendasi Makanan Menu Sehat Ibu Hamil
parenting.firstcry.com

Asupan makanan selama hamil menjadi prioritas selama masa kehamilan, termasuk saat masuk trimester kedua. Ibu hamil perlu mengontrol asupan makanan karena akan memengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. 

Demi terhindar dari masalah kesehatan yang menganggu saat hamil, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sehat. Pilihlah makanan yang memang bergizi dan cocok dikonsumsi. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rekomendasi makanan untuk menu sehat selama masa kehamilan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk Ma, disimak agar janin tetap sehat dan berkembang!

1. Oatmeal dan biji-bijian membantu dalam menormalkan gula darah saat hamil

1. Oatmeal biji-bijian membantu dalam menormalkan gula darah saat hamil
Pexels/Keegan Evans

Oatmeal dan biji-bijian menjadi salah satu menu sarapan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Perlu diketahui bahwa makanan dengan indeks glikemik yang rendah akan lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lama. Selain itu, gula darah juga akan lebih terkontrol.

Oatmeal dan biji-bijian memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah apalagi jika dikonsumsi secara teratur. 

Saat bosan ketika mengonsumsi oatmeal, Mama bisa menyiasatinya dengan menambahkan yoghurt dan potongan buah. Beberapa buah yang bisa dicampur ke dalam oatmeal antara lain buah naga, apel atau kiwi.

2. Omelet sayur memberikan nutrisi yang sehat untuk tubuh

2. Omelet sayur memberikan nutrisi sehat tubuh
skinnyms.com

Telur dan sayuran mampu dikombinasikan dengan baik sebagai menu sehat untuk ibu hamil. Asupan makanan ini berguna untuk perkembangan janin di dalam kandungan. 

Saat diolah menjadi omelet, kedua bahan tersebut semakin kaya akan nutrisi dan tentunya menyehatkan. Sayur-sayuran yang bisa digunakan mulai dari tomat, brokoli dan berbagai sayuran berdaun hijau lainnya. 

Jika ibu hamil mendapatkan asupan rutin dari gizi omelet sayur, maka dapat bermanfaat untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, telur adalah makanan sehat yang mengandung fosfor, selenium, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K. 

Telur yang dikonsumsi oleh ibu hamil bersama berbagai olahan makanan dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Editors' Picks

3. Sup kacang merah dapat menurunkan risiko diabetes

3. Sup kacang merah dapat menurunkan risiko diabetes
inspiredtaste.net

Sup kacang merah bisa menjadi salah satu rekomendasi menu sehat untuk ibu hamil. Jika ingin mengolah kacang merah sebagai sup, cobalah untuk tetap menambahkan sayur-sayuran agar semakin memperkaya nutrisinya. 

Berdasarkan penelitian, kacang merah kaya akan kandungan serat dan protein. Kandungan inilah yang bisa membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah selama masa-masa kehamilan. 

Perlu diketahui juga bahwa kacang merah memiliki kandungan gizi yang tidak kalah penting untuk ibu hamil. Kandungan karbohidrat yang kompleks dapat mencegah diabetes selama kehamilan. 

Asupan kacang merah ke dalam tubuh dapat mengurangi risiko ibu hamil terkena asam lambung dan munculnya kolesterol. 

Selain itu, manfaat positif dari kacang merah lainnya adalah mampu melawan infeksi dan penyakit yang rentan menyerang saat hamil. 

4. Sup ayam mampu meningkatkan kekebalan tubuh selama hamil

4. Sup ayam mampu meningkatkan kekebalan tubuh selama hamil
Freepik/foodiesfeed

Rekomendasi menu sehat lainnya untuk ibu hamil yakni sup ayam. Kuah hangat dari sup ayam bisa membantu ibu hamil merasa rileks dan mampu mengurangi mual-mual. 

Cukup beragamnya bahan-bahan yang diolah untuk menjadi sup ayam dapat memperkaya sumber nutrisi. Sebagai menu sehat, sup ayam dapat menjaga kekebalan tubuh ibu hamil. 

Adanya komposisi daging serta tulang ayam pada sup menjadi sumber mineral utama bagi tubuh seperti fosfor, sulfur, hingga magnesium. 

Kandungan yang ada di dalam sup ayam dapat berperan penting dalam memelihara fungsi tubuh selama hamil seperti menjaga tingkat sel, jaringan, organ, dan sistem organ. 

Dari semangkuk sup ayam, ibu hamil akan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi terhadap infeksi serta peradangan. 

Sudah punya resep terbaik untuk membuat sup ayam belum nih, Ma?

5. Roti gandum dengan isi telur dan alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol

5. Roti gandum isi telur alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol
labreabakery.com

Jika mulai bingung mencari menu sehat untuk ibu hamil yang bisa dimakan saat sarapan, maka roti gandum dengan isi telur dan alpukat dapat menjadi rekomendasi. 

Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat, sehingga dapat menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika ditambah dengan isian telur dan alpukat, maka akan semakin memperkaya nutrisi di dalamnya. 

Dilansir dari Healthline, alpukat yang dikonsumsi selama hamil dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan membantu menurunkan berat badan.

Selain rendah gula, alpukat juga mengandung lemak sehat yang membantu ibu hamil tetap merasa kenyang agar terhindar dari asupan makanan terlalu berlebihan.

6. Tumis brokoli menjadi sumber kalsium, vitamin A, dan zat besi

6. Tumis brokoli menjadi sumber kalsium, vitamin A, zat besi
Pixabay/Pexels

Jika sedang ingin meningkatkan asupan makan sayuran hijau, maka tumis brokoli bisa dipilih. 

Tumis brokoli bisa menjadi menu alternatif lain karena mengandung banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. 

Brokoli hijau memang dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Ada sederet nutrisi yang bisa diberikan brokoli untuk kesehatan tubuh, mulai dari kalsium, vitamin C, dan zat besi.

Asupan brokoli yang rutin dikonsumsi sesuai dengan porsinya juga mampu menghilangkan keluhan sembelit serta mencegah bayi terlahir prematur. 

7. Olahan ikan salmon menjadi asupan yang berguna untuk perkembangan sistem saraf janin 

7. Olahan ikan salmon menjadi asupan berguna perkembangan sistem saraf janin 
Freepik/valeria_aksakova

Ketika sedang menjaga nutrisi yang dikonsumsi oleh janin di dalam kandungan, ibu hamil perlu mengonsumsi olahan ikan salmon. 

Ikan salmon memiliki kandungan protein tinggi, sehingga dapat menjaga berat badan ibu hamil. Tak hanya itu, ikan salmon berperan penting karena dapat meningkatkan perkembangan otak janin. 

Janin akan merasa bahagia jika mendapatkan nutrisi dari olahan salmon karena mampu memberikan sumber energi, protein, dan vitamin. Kandungan tersebut akan meningkatkan pertumbuhan otot janin sejak di dalam kandungan. 

Saat mengonsumsi ikan salmon, sebaiknya tetap dalam jumlah yang terbatas dan tidak boleh berlebihan. 

Ingat juga pastikan olahan salmon yang dikonsumsi sudah matang sempurna ya, Ma.

Demikian beberapa informasi terkait rekomendasi makanan untuk menu sehat ibu hamil. Semoga informasinya bermanfaat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.