Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Hamil agar Kulit Bayi Bersih

Si Kecil terlahir dengan kulit cerah dan bersih, termasuk cita-cita Mama nggak nih?

11 Januari 2019

Konsumsi Makanan Minuman Ini Saat Hamil agar Kulit Bayi Bersih
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Melahirkan anak dengan kondisi kulit bersih dan putih tentu menjadi salah satu harapan ya, Ma

Keinginan yang satu ini memang terbilang wajar, sehingga banyak yang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu selama masa kehamilan agar cita-citanya tercapai. Namun, Mama perlu mengenal makanan atau minuman yang dirasa cukup tepat agar membantu bayi terlahir dengan kulit cerah serta bersih. 

Untuk Mama yang ingin mulai mencoba beberapa asupan sehat selama hamil. Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai makanan dan minuman yang mendukung kulit bayi lebih bersih saat dilahirkan.  

1. Air kelapa

1. Air kelapa
Unsplash/Ethan Hoover

Mungkin Mama sudah tahu kalau, air kelapa dapat membantu pertumbuhan rambut janin dari dalam kandungan. Selain itu, perlu diketahui kalau air kelapa juga dipercaya dapat membantu kulit bayi bersih saat dilahirkan. 

Saat hamil, air kelapa bisa menjadi pilihan minuman sehat yang bisa dikonsumsi. Air kelapa memberikan manfaat dalam mencegah dehidrasi hingga melancarkan sistem ekskresi. Rutin meminum air kelapa selama hamil juga mampu membantu membersihkan kulit bayi, sehingga terlahir putih dan bersih. 

Bahkan di negara India, daging dari buah kelapa yang sudah matang dan cukup tua usianya dapat menjadi cemilan selama masa kehamilan. Mereka meyakini kalau daging kelapa yang berwarna putih dan tebal dapat membantu kulit bayi menjadi lebih bersih. 

Baca juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

2. Putih telur

2. Putih telur
Unsplash/Erol Ahmed

Ma, ada yang menyukai telur dan sering mengonsumsinya? 

Telur yang dikonsumsi selama masa kehamilan tentu memberikan segudang manfaat seperti membantu perkembangan janin, mengurangi risiko bayi terlahir cacat hingga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak. 

Namun, putih telur pun termasuk termasuk salah satu bagian dari telur yang biasanya dikonsumsi. Baik dikonsumsi secara terpisah atau digabung bersama bagian kuning telur. 

Saat Mama rajin mengonsumsi putih telur sebagai salah satu rutinitas, maka akan membantu kulit bayi terlahir sehat, putih dan tentunya bersih. 

Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah dengan Putih Telur dan Rasakan 5 Manfaatnya

3. Kacang almond

3. Kacang almond
Unsplash/Tetiana Bykovets

Kacang almond termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang mampu memberikan banyak kandungan kalsium ke dalam tubuh selama hamil. 

Cemilan sehat seperti kacang almond ini juga bisa membantu merawat kulit janin selama dalam kandungan. Bila rutin dikonsumsi, pertumbuhan janin akan semakin baik dan membantu bayi yang dilahirkan memiliki kulit yang lebih bersih. 

Tidak hanya kacang almond saja, namun susu almond bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam almond dapat memberikan kesehatan dalam perkembangan janin dan dipercaya dapat mencerahkan kulit bayi. 

Yuk Ma, mulai rajin konsumsi kacang almond sekarang!

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Almond Saat Hamil

Editors' Picks

4. Bengkoang

4. Bengkoang
pertanianku.com

Mama suka mengonsumsi bengkoang nggak nih? 

Bengkoang termasuk salah satu makanan yang kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral. Beragam kandungan yang cukup kaya dalam bengkoang berguna untuk memutihkan kulit. 

Saat ibu hamil rutin mengonsumsinya, secara tidak langsung dapat memengaruhi warna kulit bayi sejak di dalam kandungan. 

5. Kacang hijau

5. Kacang hijau
Pixabay/PDPics

Setiap ibu hamil tentu menginginkan pertumbuhan dan perkembangan janinnya bisa terus sehat. Beragam cara pun terus dilakukan agar keinginannya tercapai, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuhnya. 

Salah satu yang membantu perkembangan janin yaitu kacang hijau. Olahan kacang hijau ini bisa dibuat menjadi bubur kacang hijau. Rutin mengonsumsi bubur kacang hijau atau air rebusannya dapat menjernihkan air ketuban. 

Kandungan nutrisi dari kacang hijau pun cukup beragam dan dibutuhkan selama kehamilan seperti asam folat, kalsium, serat hingga protein.

Dengan mengosumsi kacang hijau dengan kadar yang mencukupi, air ketuban yang jernih dapat membantu mencerahkan kulit bayi sejak di dalam perut. 

Baca juga: Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Membantu Agar Rambut Bayi Terlahir Lebat

6. Susu Kedelai

6. Susu Kedelai
Unsplash/rawpixel

Selain kacang almond dan kacang hijau, susu kedelai menjadi salah satu jenis berbahan kacang yang dapat membantu memutihkan kulit bayi. Vitamin E yang terdapat pada susu kedelai menjadi salah satu faktor pendukung dalam membantu kulit bayi menjadi lebih bersih. 

Perlu diingat juga kalau susu kedelai memberikan banyak khasiat yang cukup banyak selama hamil. Susu kedelai memberikan banyak asupan baik untuk perkembangan janin seperti asam folat tinggi, vitamin, protein, lemak nabati hingga karbohidrat. 

Usahakan untuk tidak melewatkan konsumsi susu kedelai di awal-awal kehamilan ya, Ma!

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua

Baca juga: 6 Rekomendasi Menu Anak Berbahan Kedelai Ini Wajib Dicoba di Rumah

7. Jeruk

7. Jeruk
Pixabay/pixel2013

Buah jeruk bisa menjadi salah satu cemilan sehat yang banyak mengandung vitamin C. Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan mengonsumsi banyak buah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau buah jeruk memberikan banyak nutrisi seperti asam folat yang sangat penting agar pertumbuhan janin terus berkembang sehat. Rutin mengonsumsi buah jeruk juga dapat membantu warna kulit bayi menjadi lebih cerah dan sehat nih, Ma. 

Itulah beberapa asupan yang dapat dikonsumsi Mama agar si Kecil terlahir dengan kulit bersih dan cerah. Namun, perlu diingat kalau ini hanya salah satu faktor pendukung saja bukan faktor utama. 

Bayi yang terlahir dengan kulit putih, bersih dan cerah juga tergantung pada faktor genetik serta keturunan di dalam keluarga. 

Baca juga: Ini Dia Manfaat Serabut Putih dan Kulit Buah Jeruk untuk Kesehatan

Baca juga: Awas! 7 Buah Ini Bahaya Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Topic: