Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Tunjukkan Kasih Sayang pada Janin untuk Mempererat Ikatan Batin

Janin di dalam kandungan bisa merasakan kasih sayang mama melalui cara ini!

28 November 2022

7 Cara Tunjukkan Kasih Sayang Janin Mempererat Ikatan Batin
Freepik/tirachardz

Menunjukkan kasih sayang pada bayi yang belum lahir tentunya membutuhkan cara tertentu yang berbeda agar si Kecil dapat merasakan 'ikatan batin' dengan Mama.

Cara-cara seperti mendekap, menimang, dan memijat bayi tentunya tak bisa dilakukan. Namun, jangan khawatir, Ma! Bayi yang belum lahir nyatanya dapat merasakan detak jantung, serta emosi dan perasaan mama.

Sehingga rasa sayang bisa ditunjukkan dengan melakukan beberapa aktivitas yang membuat bayi merasakan kehadiran Mama yang selalu bersamanya.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 7 cara tunjukkan kasih sayang pada janin untuk mempererat ikatan batin. 

Apa saja caranya? Yuk, kita simak bersama selengkapnya! 

1. Menyenandungkan lagu

1. Menyenandungkan lagu
Freepik/Partystock

Menurut laman American Pregnancy Association, janin di dalam kandungan menyukai suara lembut yang menenangkan mereka, terutama suara Mama. Sebab, getaran yang timbul dari suara mama merupakan hal pertama yang mereka kenali.

Untuk membuat si Kecil merasa senang, Mama bisa menyenandungkannya lagu anak-anak seperti ritme alfabet maupun lagu kesukaan mama. Hal ini membantu diri sendiri dan janin merasa rileks. 

2. Memainkan musik dan berdansa

2. Memainkan musik berdansa
Unsplash/Travis Yewell

Musik pelan yang menenangkan seperti jazz atau ballads dapat membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, yakni hormon yang berkaitan dengan perasaan positif dan bahagia.

Jika Mama senang menari, lakukan tarian ditemani dengan lagu-lagu favorit. Mama juga bisa ajak pasangan untuk berdansa bersama. Supaya perasaan bahagia yang timbul juga ikut dirasakan si Kecil, yang nantinya bisa menciptakan perasaan terikat. 

Editors' Picks

3. Membacakan buku cerita

3. Membacakan buku cerita
Pexels.com/Josh Willink

Tidak asa istilah terlalu awal untuk memperkenalkan si Kecil dengan buku. Buku-buku anak menyediakan pilihan bahasa sederhana dengan ungkapan menarik yang bisa Mama bacakan. 

Bacakan janin buku cerita dengan volume sedang agar bayi bisa merasakan getarannya. Buat hal ini menjadi rutinitas di jam yg sama, misalnya malam hari supaya bisa menjadi kebiasaan baik hingga bayi lahir nanti.

4. Ajak mengobrol

4. Ajak mengobrol
Freepik/gpointstudio

Biasakan untuk mengajak bayi mama mengobrol dengan nada yang penuh kasih sayang. Melansir laman American Pregnancy Association, bayi akan terbiasa dan langsung mengenali getaran suara yang ditimbulkan.

Ceritakan pengalaman yang menyenangkan maupun kegiatan sehari-hari yang Mama lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menyakan perasaan sayang mama secara verbal untuk si Kecil.

5. Bermeditasi

5. Bermeditasi
Freepik/Senivpetro

Bermeditasi saat hamil bisa dilakukan dengan sedikit modifikasi. Misalnya, dengan meletakkan kedua telapak tangan pada baby bump untuk membuat bayi rileks. 

Lalu, fokus pada irama detak jantung mama selagi menciptakan ikatan dengan si Kecil. Nantinya janin akan mendengarkan detak jantung mama yang lebih teratur karena posisi yang rileks dan tenang. 

6. Lakukan yoga atau olahraga ringan

6. Lakukan yoga atau olahraga ringan
Pexels/Yan Krukov

Gerakan yoga prenatal, pilates, peregangan ibu hamil, gerakan berjalan santai hingga berenang dapat menghantarkan bayi di kandungan mama dalam tidurnya yang pulas. 

Lakukan olahraga ringan ini di waktu yang sama setiap harinya, dan jadikan sebagai salah satu rutinitas. Sehingga waktu tidur si Kecil juga bisa menjadi lebih rutin. Efeknya hampir sama seperti mama menimang bayi hingga tertidur. 

7. Relaksasi tubuh

7. Relaksasi tubuh
unsplash.com/antonikachanel

Buat jadwal rutin untuk melakukan kegiatan relaksasi tubuh, seperti pijat prenatal, SPA, hingga akupunktur. Relaksasi bertujuan untuk mengurangi stres saat hamil.

Si Kecil salam kandungan nyatanya bisa merasakan saat sang Mama merasa stres. Sehingga relaksasi dapat kembali menenangkan ibu hamil dan janin yang saling terikat satu sama lain. 

Itu tadi cara tunjukkan rasa kasih sayang pada janin yang bisa Mama terapkan. Jangan lupa untuk konsultasi medis terlebih dahulu jika ingin lakukan aktivitas yang belum pernah Mama coba sebelumnya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk