Tes NIPT, Pilihan Aura Kasih untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin

Hamil anak pertama, Aura Kasih pilih NIPT untuk memeriksa kondisi janin

14 Februari 2019

Tes NIPT, Pilihan Aura Kasih Mengetahui Kelainan Kromosom Janin
Instagram.com/aurakasih

Memasuki trimester kedua, Aura Kasih semakin menikmati masa-masa kehamilannya. Saat ini kandungan Aura Kasih sudah memasuki usia 4 bulan.

Dalam masa transisi dari trimester pertama ke trimester kedua akan ada banyak perubahan yang terjadi pada janin maupun Ibu hamil. Sehingga sangat diperlukan pemeriksaan kandungan setiap trimesternya.

Sama seperti calon Ibu lainnya, Aura Kasih tidak lupa untuk memeriksakan kandungannya secara rutin. Agar perkembangan dan kondisi janin di dalam kandungan selalu terpantau.

Kali ini Aura Kasih memilih memeriksakan kandungannya di trimester kedua dengan melakukan tes NIPT (Non Invasive Prenatal Test).

Seperti apa keseruan Aura Kasih melakukan tes NIPT? Langsung simak yuk Ma informasi yang sudah Popmama.com rangkum kali ini.

1. Aura Kasih khawatirkan kesehatan kandungan

1. Aura Kasih khawatirkan kesehatan kandungan
Instagram.com/aurakasih

“Seperti calon ibu yang lainnya, aku juga merasa khawatir tentang kesehatan kandunganku.” tulis Aura Kasih dalam postingan foto di Instagram yang menjukan dirinya sedang melakukan pengambilan darah.

Mengkhawatirkan kesehatan kandungan memang hal yang sangat wajar terjadi pada Ibu hamil. Namun, Mama masih bisa mengatasi kekhawatiran dengan melakukan pemeriksaan kandungan.

Sebab, dengan melakukan pemeriksaan, rasa khawatir Mama dapat berkurang setelah dokter menjelaskan kabar bayi di dalam perut Mama.

Baca juga: Asam Lambung Aura Kasih Kambuh Saat Hamil Muda Akibat Makan Asinan

2. Melakukan tes deteksi dini kelainan kromosom dengan NIPT menjadi pilihan Aura Kasih

2. Melakukan tes deteksi dini kelainan kromosom NIPT menjadi pilihan Aura Kasih
Instagram.com/aurakasih

Masih dalam postingan yang sama, Aura Kasih juga menceritakan bahwa dirinya memilih melakukan tes NIPT untuk mengetahui kelainan kromosom pada janin yang ada di dalam kandungan pelantun lagu “Mari Bercinta” itu.

“Untungnya teknologi sekarang sudah makin berkembang yah, aku memilih untuk tes deteksi dini kelainan kromosom pada janinku dengan FirstVue NIPT.” ungkap istri Eryck Amaral dalam posingannya.

Perlu Mama ketahui, kelainan kromosom dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Bahkan pada masa awal kehamilan, 50% kemungkinan keguguran terjadi karena adanya kelainan kromosom. 

Sehingga dengan melakukan tes NIPT Mama bisa mempersiapkan tindakan tepat dan kebutuhan yang diperlukan sesuai kondisi janin.

Baca juga: Hamil Anak Pertama, Aura Kasih Berikan Penjelasan!

Editors' Picks

3. Akurasi tes NIPT mencapai 99%

3. Akurasi tes NIPT mencapai 99%
Instagram.com/aurakasih

Selain menyebabkan keguguran, kelainan kromosom juga bisa menyebabkan Down Syndrome, dimana seseorang yang mengalaminya akan memiliki IQ rendah dan keadaan fisik yang berbeda.

“Test ini dapat mendeteksi kelainan kromosom seperti Down Syndrome dengan akurasi hingga 99%!” tulis Aura Kasih di postingan yang sama.

Melakukan tes NIPT bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kelainan kromosom yang terjadi pada kandungan Mama.  

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kandungan secara rutin dengan dokter kandungan.

Baca juga: Hamil Anak Pertama, Dj Katty Butterfly & Aura Kasih Sabar Soal Haters

4. Pentingnya melakukan pemeriksaan kandungan

4. Penting melakukan pemeriksaan kandungan
Instagram.com/aurakasih

Pemeriksaan kandungan adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap Ibu hamil. Berkat kecanggihan teknologi, saat ini sudah ada berbagai jenis pemeriksaan kandungan mulai dari USG berbagai dimensi sampai tes NIPT yang dapat mengetahui kecacatan janin dengan akurat.

Sebagai ibu hamil, Aura Kasih juga berpendapat bahwa pemeriksaan kandungan penting untuk para calon Ibu, “Menurut aku penting banget loh buat para calon ibu, karena banyak jenis kelainan kromosom yang mungkin tidak terdeteksi di pemeriksaan kandungan biasa.”

Mama dapat melakukan tes NIPT sedini mungkin sejak usia kehamilan 10 minggu. Dengan melakukan pengambilan darah tungal dari lengan Mama sebanyak 8 -10 cc. Tes ini juga bisa dilakukan dengan mudah di tempat praktik doter, di rumah, atau di tempat yang Mama pilih.

Selain Aura Kasih, beberapa selebritis tanah air seperti Tasya Kamil dan Tya Ariestya juga memilih melakukan tes NIPT untuk mengetahui kesehatan janin mereka. 

Apa Mama juga tertarik melakukan tes NIPT? Sebelum melakukannya, jangan lupa siapkan dana tambahan ya Ma, karena untuk melakukan tes ini dibutuhkan biaya sekitar Rp 7,9 juta - Rp 16 juta.

Baca juga: Tya Ariestya Jalani Tes NIPT di Kehamilan Keduanya

Baca juga: Demi Jaga Kesehatan Anak Pertama, Tasya Kamila Melakukan Prosafe NIPT