TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Amalan dan Doa agar Janin Terlepas dari Lilitan Tali Pusar

Amalkan doa berikut untuk meminta perlindungan bagi keselamatan si Janin

25 September 2022

Amalan Doa agar Janin Terlepas dari Lilitan Tali Pusar
Pexels/Anastasia Shuraeva

Janin terlilit tali pusar merupakan salah satu masalah kehamilan yang kerap meresahkan ibu hamil. Bukan hanya berpotensi membuat proses persalinan harus dilakukan dengan operasi caesar, kondisi ini juga berisiko mengganggu perkembangan dan pertumbuhan bayi nantinya.

Dalam beberapa kasus ringan, janin yang terlilit tali pusar bisa teratasi dengan sendirinya. Namun, Mama tetap perlu melakukan berbagai upaya tambahan untuk mengatasi masalah ini.

Bila Mama menganut agama Islam, berdoa juga bisa jadi salah satu upaya tambahan yang bisa dilakukan. Dengan berdoa, Mama turut serta meminta perlindungan dari Allah SWT untuk kesehatan dan keselamatan janin di dalam kandungan.

Lalu, apa saja amalan dan doa agar janin terlepas dari lilitan tali pusar yang bisa Mama terapkan? Yuk, kita bahas bersama Popmama.com.

1. Lebih sering mengajak si Janin berinteraksi

1. Lebih sering mengajak si Janin berinteraksi
Unsplash/Alicia Petresc
Doa ibu hamil muda

Sebelum kita masuk ke pembahasan soal doa agar janin terlepas dari lilitan tali pusar, simak cara pertama yang bisa Mama lakukan, yakni mengajak si calon buah hati berinteraksi.

Sekalipun masih dalam kandungan, janin sudah bisa mendengar hal apa saja yang Mama ucapkan. Mengajak janin mengobrol bisa jadi cara pertama yang Mama lakukan untuk mengatasi masalah janin terlilit tali pusar.

Ucapkan kalimat-kalimat, seperti “Dek, jangan main-main tali di dalam sana ya” atau “Adek, coba geraknya ke arah yang berlawanan ya."

Kendati belum ada bukti ilmiah dari cara ini, tapi mempraktekannya tentu tidak akan membuat Mama merugi. Terlebih, mengajak si calon buat hati berinteraksi bisa meningkatkan bonding antara Mama dan calon buah hati.

2. Lebih rutin melakukan salat sunah

2. Lebih rutin melakukan salat sunah
Freepik/rawpixel

Salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh dokter ketika posisi bayi sungsang atau janin terlilit tali pusar adalah melakukan aktivitas yang membuat Mama harus bersujud.

Salah satu kegiatan yang membuat mama harus sujud adalah salat. Maka dari itu, Mama sekalian bisa melakukan salat sunah secara rutin. Bukan hanya mendapat kebaikan pahala, tapi Mama juga bisa membantu si Kecil terlepas dari lilitan tali pusarnya.

3. Doa agar janin terlepas dari lilitan tali pusar

3. Doa agar janin terlepas dari lilitan tali pusar
Pixabay/Falco

Sambil rutin melakukan salat sunah, jangan lupa untuk berdoa minta perlindungan dan kemudahan dari Allah SWT. Ada satu doa yang bisa mama amalkan sebagai upaya minta diberi kesehatan, keselamatan, dan perlindungan untuk si Kecil di dalam kandungan.

Doa ini memang tidak spesifik ditujukan untuk membuat janin terlepas dari lilitan tali pusar, tapi dengan mengamalkannya, Mama meminta Allah SWT untuk menjaga kesehatan si Kecil dari berbagai masalah kehamilan yang mungkin terjadi.

Dikutip dari laman NU Online, Mama bisa membaca doa berikut:

                                                                                         بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.                                                                                                                                                                                                  

                  اَللَّهَمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِيْ وَاشْفِهِ أَنْتِ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

                                          اَللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً ... وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ                                                                                                                                            

               اَللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِيْ سَهْلاً وَسَلاَمًا  اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً                                                                                                              

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَحْسِنْ صُوْرَتَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ بِبَرَكَةِ سَيِّدِنَا

                                                                    مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ                                       

“Allaahummahfazh waladii maa daama fii bathnii, wasyfihii antas syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughoodiru saqoman. 

Alaahumma showwirhu fii bathnii shuurotan hasanatan wa tsabbit qolbahuu iimaanan bika wa bi rosuulika Allaahumaa akhrijhu min bathnii waqta wilaadatii sahlan wa salaaman 

Allaahumma ij'alhu shohiihan kaamilan 'aaqilan haadziqon 'aaliman 'aamilan 

Allaahumma thowwil 'umrohuu wa shohhih jasadahuu wa hassin khuluqohuu wa ahsin shuurotahuu wafshoh lisaanahuu li qiroo-atil qur-aani wal hadiitsi bi barokati sayyidinaa muhammadin shollalloohu 'alaihi wa sallama wal hamdu lillaahi robbil 'aalamiin”.

Artinya: “Ya Allah, peliharalah anakku selama berada dalam kandunganku. Sehatkanlah dia karena sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menyehatkan, tiada kesehatan tanpa kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, bentuklah dia di dalam rahimku dengan bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya untuk beriman kepada-Mu dan kepada rasul-Mu. Ya Allah keluarkanlah dia dari rahimku ketika aku melahirkannya dengan mudah dan selamat.

Ya Allah jadikanlah dia anak yang sehat, sempurna, cerdas, cekatan, berilmu dan mengamalkannya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah badannya, baguskanlah akhlaknya, elokkanlah rupanya, fasihkanlah lisannya untuk membaca Al-Quran dan hadis dengan berkah pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Amiin."

Itu dia amalan dan doa agar janin terlepas dari lilitan tali pusar yang bisa Mama praktekkan. Selain melakukan amalan tersebut, jangan lupa untuk tetap rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, Ma, untuk memantau perkembangan dan kesehatan si calon buah hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk