5 Manfaat Berpelukan saat Hamil yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bercinta bukan satu-satunya cara untuk mengembalikan mood ibu hamil, berpelukan juga punya bisa

24 Mei 2022

5 Manfaat Berpelukan saat Hamil Tidak Boleh Dilewatkan
Pexels

Untuk mengembalikan suasana hati yang buruk ketika hamil, Mama tidak perlu harus terus berhubungan seks dengan Papa. Berpelukan, bisa jadi cara efektif untuk membuat mood mama lebih baik setiap harinya.

Sebab, berpelukan akan merangsang produksi hormon oksitosin dan neurotransmiter sehingga memberi dampak positif untuk tubuh mama.

Nah, selain meningkatkan suasana hati dan menghangatkan tubuh, sebenarnya masih ada lagi manfaat berpelukan yang tidak boleh Mama lewatkan. 

Untuk Mama yang sedang hamil, yuk simak terus artikel ini. Dalam artikel ini, Popmama.comakan menjelaskan apa saja lima manfaat berpelukan saat hamil yang tidak boleh dilewatkan oleh Mama.

1. Berpelukan bisa mengurangi stres pada ibu hamil

1. Berpelukan bisa mengurangi stres ibu hamil
Pexels

Manfaat berpelukan saat hamil yang pertama adalah mengurangi stres. 

Saat hamil, berbagai macam faktor bisa menyebabkan suasana hati Mama berubah-ubah, padahal hal itu tidak bagus untuk perkembangan janin.

Bayangkan apabila selama hamil Mama terus-menerus merasa stres, kehamilan dan perkembangan bayi pun bisa terganggu karena detak jantung bayi akan merespon stres yang Mama rasakan.

Bila Mama merasa stres, lekas peluk pasangan atau keluarga lainnya supaya Mama bisa merasa lebih baik. Ketika Mama berpelukan dengan orang yang disayang, hormon oksitosin akan terlepas sehingga membawa perasaan positif yang terasa menenangkan. Nah, perasaan positif tersebut bisa mengatasi stres Mama.

Mama akan lebih mudah tersenyum, tertawa, dan dapat membuang pikiran-pikiran buruk. Di saat itulah tekanan darah berangsur turun begitu pun dengan hormon penyabab stres dalam otak.

Editors' Picks

2. Pelukan bisa meredakan otot tegang

2. Pelukan bisa meredakan otot tegang
Pexels

Saat hamil, biasanya tubuh sering terasa sakit dan otot-otot pun menegang. Berpelukan bersama pasangan atau orang yang Mama sayang bisa mengatasi dua hal itu.

Sebab, berpelukan bisa meningkatkan sirkulasi darah mama. Ketika aliran darah meningkat, otot-otot tubuh mama yang sedang menegang akan berangsur mengendur dan otot-otot jadi lebih rileks.

3. Manfaat berpelukan lainnya, yaitu mengurangi sakit

3. Manfaat berpelukan lainnya, yaitu mengurangi sakit
Pexels

Seperti halnya meredakan tegang pada otot, berpelukan dipercaya bisa mengurangi rasa sakit lho, Ma. Lantaran, pelukan yang baik dari orang tersayang bisa memberikan Mama dukungan secara emosional.

Hormon oksitosin yang dilepaskan akan memblokir sinyal rasa sakit tersebut. Maka dari itu, jika Mama yang tengah hamil sering merasakan sakit, cobalah untuk berpelukan bersama pasangan, keluarga, atau teman.

4. Pelukan akan membuat hubungan Mama dan pasangan semakin erat

4. Pelukan akan membuat hubungan Mama pasangan semakin erat
Pexels

Berpelukan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh mama dan janin, tetapi juga hubungan personal antara Mama dan Papa. Pelukan yang baik akan membawa kehangatan dan kebahagiaan.

Dengan sering berpelukan, Mama dan Papa akan semakin terkoneksi. Hal ini bisa berdampak baik untuk kehamilan mama, sebab hubungan yang baik akan menciptakan suasana hati yang baik pula.

5. Berpelukan bisa membantu tidur Mama jadi lebih baik

5. Berpelukan bisa membantu tidur Mama jadi lebih baik
Pexels

Manfaat berpelukan terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur. 

Mama yang sedang hamil direkomendasikan untuk memiliki jam tidur cukup dan tidak begadang. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil bisa tidur pulas setiap malamnya.

Untuk membantu Mama supaya lekas tidur, cobalah untuk berpelukan. Alasannya masih sama, yaitu hormon oksitoksin yang dilepas ketika berpelukan bisa membawa ketenangan untuk Mama.

Nah, itu dia lima manfaat berpelukan saat hamil yang bisa Mama rasakan. Efek positif dari aktifitas ini benar-benar sayang dilewatkan ‘kan, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk