7 Cara Mengatasi Gangguan Sembelit bagi Ibu Hamil dan Penyebabnya

Tolak rasa sakit karena sembelit dan susah BAB dengan cara ini

26 Mei 2018

7 Cara Mengatasi Gangguan Sembelit bagi Ibu Hamil Penyebabnya
bebecuidado.com

Masalah sembelit, konstipasi atau susah BAB banyak dialami perempuan, tak terkecuali pada ibu hamil. Sembelit bisa jadi keluhan serius bagi ibu hamil. Mama, perlu tahu tentang penyebab dan cara mengatasi sembelit saat hamil agar kesehatan tetap terjaga.

Penyebab Sembelit dan Susah BAB pada Ibu Hamil

Penyebab Sembelit Susah BAB Ibu Hamil
refluxmd.com

Sembelit pada kehamilan disebabkan oleh beberapa kondisi. Ada 6 keadaan yang mendukung ibu hamil sembelit, simak penjelasaanya berikut ini.

- Rahim yang membesar

Kondisi ini memberi efek menambah tekanan kolon dan rektum sehingga mengganggu sekskresi tinja menjadi tidak selancar biasanya.

- Hormon progesteron

Peningkatan kadar hormon progesteron memberi efek pada kemampuan relaksasi otot halus di saluran cerna. Kerja otot halus tersebut melambat dan kemampuannya semakin melambat. Proses pengosongan lambung juga ikut melambat. Daya dorong usus pun ikut melemah dan ini mempengaruhi keinginan untuk BAB. Semakin otot halus kerjanya melambat karena kadar progesteron terus meningkat, maka ibu hamil semakin mudah sembelit dan mengalami susah BAB.

- Kekurangan asupan serat

Serat memiliki manfaat untuk melancarkan kerja pencernaan dan memiliki peran dalam proses penguraian makanan untuk melancarkan sekresi. Mengonsumsi makanan rendah serat bisa merugikan ibu hamil. Pilihlah makanan yang kaya serat.

- Kurang cairan

Tubuh perempuan membutuhkan 2 liter air dalam sehari. Namun kebutuhan air bagi setiap ibu hamil berbeda-beda. Jika berat tubuh Mama saat ini di atas 60 kg, cobalah mengikuti cara menghitung kebutuhan air dalam sehari untuk tubuh Kamu dengan cara berikut.

Rumus menghitung kebutuhan air: Berat badan : 30 = Jumlah air yang dibutuhkan dalam sehari.

Jika berat tubuh Mama setelah hamil 70 kg, maka: 70 : 30 = 2,3 liter perhari.

- Malas bergerak

Jika selama kehamilan Mama hanya suka bermalas-malasan dan malas bergerak, ini malah bisa jadi penyebab sembelit saat hamil. Kerja pencernaan juga ikut malas jika tubuh kita kurang bergerak.

- Kurang olahraga

Tidak ada ruginya untuk membuat jadwal olahraga yang teratur selama kehamilan. Keuntungan olahraga saat hamil adalah menyehatkan tubuh, mengurangi stretch marks dan melancarkan pencernaan. Jalan cepat adalah salah satu olahraga yang baik untuk pencernaan.

- Stres berkepanjangan

Ibu hamil yang mengalami tekanan karena suatu beban yang sangat berat bisa mengalami stres saat hamil. Stres juga bisa disebabkan karena terlalu cemas menghadapi persalinan. Selain itu ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan juga bisa memicu stres saat hamil. Alhasil Mama bisa mengalami gangguan pencernaan karena hal ini.

Editors' Picks

Cara Mengatasi Gangguan Sembelit

Cara Mengatasi Gangguan Sembelit
lovetoknow.com

Perhatikan kesehatan tubuh Mama selama kehamilan. Jangan sepelekan sembelit dan susah BAB yang mengganggu sehari-hari. Jika BAB lancar dan keluhan sembelit hilang, ini bisa membuat Mama lebih produktif.

Kerja Mama jadi tenang dan tidak ada gangguan. Begitu pula saat tidur malam, istirahat Mama jadi lebih berkualitas.

Inilah 7 cara mengatasi sembelit yang perlu Mama ketahui:

1. Rajin mengonsumsi makanan berserat seperti sayur hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan. Bisa juga mengonsumsi jus buah pisang, apel, alpukat, pepaya atau pir.

2. Minum 2 liter perhari. Saat bangun tidur minumlah 1 gelas air putih, lakukan lagi setelah 30 menit kemudian. Ini adalah 2 gelas pertama yang sangat penting untuk organ tubuh Mama.

3. Olahraga yang telatur untuk memperbaiki kemampuan kerja usus.

4. Jika Mama malas bergerak, paling tidak Mama coba merapikan kasur setelah bangun tidur, mengepel lantai minimal sehari sekali, atau menjemur pakaian di pagi hari.

5. Jangan kebiasaan menggunakan obat pencahar, karena bisa mengurangi kemampuan sistem sekresi.

6. Cobalah untuk menenangkan pikiran untuk menghilangkan stres saat hamil. Spa, relaksasi atau meditasi adalah hal yang baik untuk dilakukan ibu hamil.

7. Jika kamu merasa perut kembung karena sembelit, minumlah air hangat atau teh manis hangat. Minuman hangat ini akan menenangkan organ pencernaan kamu.

Tips Mencegah Gangguan Sembelit

Tips Mencegah Gangguan Sembelit
huggies.com.au

Selain menyebabkan mual, muntah, sakit perut dan diare, kebanyakan zat besi bisa membuat kerja pencernaan jadi menurun secara tidak langsung dan menyebabkan dysbiosis. Sementara dysbacteriosis adalah gangguan kuantitatif dan kualitatif keseimbangan mikroba dalam usus.

Tips mencegah gangguan sembelit adalah dengan membatasi minuman suplemen zat besi, cukup dua hari sekali.

Namun, kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan ibu hamil anemia. Jadi, Mama mesti cermat untuk memenuhi kadar asupan gizi saat hamil.

Takaran Zat Besi yang Aman untuk Ibu Hamil

Takaran Zat Besi Aman Ibu Hamil
http://healthxlive.com

Menurut Wirakusumah (1999), kebutuhan zat besi ibu hamil pada trimester I naik dari 0,8 mg/hari, menjadi 6,3 mg/hari pada trimester III. Pada ibu hamil yang sejak awal telah mempunyai cadangan zat besi sebesar 500 mg tidak membutuhkan suplementasi lagi, tetapi wanita yang mempunyai zat besi reserva sedemikian besar jarang dijumpai, bahkan di negara-negara maju sekalipun.

Atau konsultasikan dengan dokter kandungan Mama, berapa takaran zat besi yang dibutuhkan untuk saat ini.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi sembelit bagi ibu hamil dan penjelasannya. Semoga bermanfaat ya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.