Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Makanan yang Ada di Dalam Al-Qur'an, Baik untuk Ibu Hamil

Mulai dari kacang-kacangan hingga protein dari daging dan ikan laut

9 Desember 2022

15 Makanan Ada Dalam Al-Qur'an, Baik Ibu Hamil
Freepik/Jcomp

Setiap ibu hamil pasti ingin melahirkan anak yang sehat dan cerdas kelak. Di mana selama kehamilan, ibu hamil bisa memenuhi segala nutrisi untuk jabang bayi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Mengapa makanan bisa menentukan kecerdasan bayi? Karena nutrisi dan gizi memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan otak janin. Hal tersebut terjadi dari bayi saat di trimester pertama.

Rupanya dalam Al-Qur'an juga sudah diatur beberapa makanan dan minuman sehat, termasuk untuk ibu hamil.

Dalam buku "Makanan dan Minuman dalam Al-Qur'an" yang ditulis oleh Mifta Novikasari, ada 15 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi, termasuk ibu hamil.

Berikut Popmama.com rangkum makanan yang ada di dalam Al-Qur'an dan baik untuk ibu hamil.

1. Anggur

1. Anggur
Pexels.com/Polina Kovaleva

Anggur menjadi salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Ternyata buah ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pasalnya ada kandungan kalsium serta folat dalam anggur sangat bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Selain itu, kandungan asam folat dalam buah anggur juga membantu pertumbuhan janin pada sumsum tulang belakang. Bisa juga untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan memperkuat tulang ibu hamil.

2. Bawang merah

2. Bawang merah
Freepik/Stockking

Antioksidan sangat baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Bawang merah rupanya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena berdasarkan studi memiliki banyak nutrisi seperti mineral, antioksidan, vitamin C, vitamin B6, sumber zat besi, kalsium, asam folat, dan fosfor.

Manfaat dari mengonsumsi bawang merah tidak berlebihan bisa mencegah cacat bawaan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kondisi pencernaan tetap sehat, dan dapat menurunkan gula darah.

Untuk cara mengonsumsi bawang merah untuk ibu hamil harap dimasak matang daripada dikonsumsi mentah-mentah. Ini untuk menghilangkan risiko kontaminasi kuman dari bawang merah mentah.

3. Bawang putih

3. Bawang putih
Pexels/Karolina Grabowska

Selanjutnya ada bawang putih yang mungkin tidak lazim dikonsumsi untuk ibu hamil. Rupanya, konsumsi bawang putih dalam jumlah kecil atau sekitar 2-4 siung masih aman untuk ibu hamil.

Bawang putih bisa bermanfaat untuk ibu hamil yakni mencegah preeklampsia, menurunkan risiko infeksi, menurunkan risiko kelahiran prematur, merangsang pertumbuhan janin, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker dan mengurangi kelelahan.

Namun, jangan sampai mengonsumsi berlebihan karena tergiur manfaatnya. Jika berlebihan dikonsumsi pada trimester kedua dan ketiga bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan tekanan darah dan pengenceran darah. Konsultasikan dengan dokter, ya, Ma!

4. Buah tin

4. Buah tin
Pixabay.com/stux

Buah tin dikenal sebagai salah satu buah yang banyak manfaatnya untuk seseorang, apalagi untuk ibu hamil. Buah tin bermanfaat sebagai asupan kalsium untuk ibu hamil.

Kandungan kalsium ini adalah elemen penting bagi perkembangan tulang dan gigi janin serta ibu. Konsumsi buah tin bagi ibu hamil mampu memperkuat tulang-tulang selama dan setelah kehamilan, menjaga tubuh bugar dan kuat untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari

Buah tin juga memiliki kandungan kaya omega 3 dan folat. Mengonsumsi buah tin yang cukup akan mengurangi risiko preeklamsia. Menurut artikel keluaran University of Louisville, buah tin membantu mengelola tingkat tekanan darah dan kalium.

5. Daging

5. Daging
Freepik/Racool_studio

Ibu hamil boleh makan daging sapi karena selama masa kehamilan karena perlu mendapatkan cukup protein untuk menunjang perkembangan janin. Selain protein, daging sapi juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk ibu dan janin.

Zat besi dapat mencegah anemia defisiensi besi yang umum dialami selama kehamilan. Namun perlu diperhatikan kalau saat ibu hamil makan daging sapi, pastikan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

6. Buah delima

6. Buah delima
Pexels.com/Pixabay

Ada banyak manfaat buah delima untuk ibu hamil. Misalnya mampu meningkatkan imunitas tubuh hingga  menjaga kesehatan gigi dan mulut. Buah delima juga membantu menurunkan tekanan darah, serta mencegah cacat lahir.

Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus buah. Daging buah ini termasuk unik karena berbentuk butiran-butiran kecil dan masing-masing butiran mengandung biji.

Amankah mengonsumsi biji delima? Boleh-boleh saja, pasalnya biji delima justru mengandung berbagai nutrisi penting misalnya vitamin E dan serat, yang baik untuk kesehatan.

Editors' Picks

7. Ikan laut

7. Ikan laut
Pexels/Elle Hughes

Ikan laut rupanya baik untuk ibu hamil. Namun, untuk beberapa jenis ikan laut mengandung merkuri lebih tinggi dibandingkan ikan jenis air tawar. Sehingga harus berhati-hati untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan laut.

Misalnya beberapa jenis ikan laut yang aman dikonsumsi ibu hamil diantaranya ikan tongkol yang membantu produksi sel darah merah untuk mencegah anemia, ikan salmon yang baik untuk perkembangan otak janin, ikan sarden, ikan teri yang menunjang baik pertumbuhan tulang janin.

Lalu ada ikan kembung, baik untuk perkembangan otak dan mata janin serta ikan tuna yang untuk membantu meningkatkan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh.

8. Jahe

8. Jahe
Freepik/Jcomp

Jahe menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang digemari. Mengonsumsi jahe untuk ibu hamil dipercaya dapat membawa banyak manfaat seperti mengurangi morning sickness. Menurut Natural Food Series, seorang ahli farmasi dan gizi, Michael Jessimy mengatakan bahwa porsi cukup mengonsumsi jahe untuk ibu hamil adalah kunci utama.

Jahe juga dipercaya dapat mengatasi sakit kepala, sakit perut, dan pembengkakan saat hamil. Jahe memiliki sederet manfaat lain yakni pada jurnal National Library of Medicine, mengonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot pada orang yang melakukan senam.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa jahe efektif menjaga gula darah pada tingkat normal. Jahe memiliki sifat anti-diabetes yang kuat berdasarkan studi tahun 2015 pada Iranian Journal of Pharmaceutical Research. Dari 41 peserta dengan diabetes tipe 2, konsumsi 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah puasa sebesar 12 persen.

9. Kacang adas

9. Kacang adas
Shopee.co.id

Kacang adas termasuk kelompok kacang-kacangan (legume), dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan ‘lentils’ yang hidup pada satu musim saja. Tanaman ini dibudidayakan hanya untuk diambil bijinya saja.

Kacang adas memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, termasuk isoleucine dan lysine, kelompok asam amino esensial. Meskipun kacang ini hanya memiliki sedikit saja kandungan methionine dan cystine, asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Tetapi bisa disiasati kacang adas ini dijadikan kecambah.

Untuk ibu hamil, kacang adas mengandung banyak zat besi. Ini diperlukan dalam jumlah besar untuk orang dewasa atau ibu hamil.

10. Kurma

10. Kurma
Pexels.com/Adhitya Rizky

Kurma menjadi makanan yang penting untuk ibu hamil dan janin karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mulai dari glukosa, serat, protein, mineral lain juga ada vitamin. Saat bu hamil makan satu, tiga atau tujuh kurma setiap hari ternyata bisa membantu daya tahan tubuh, lho.

11. Madu

11. Madu
Freepik/Freepik

Madu mengandung glukosa, fruktosa, air, dan beberapa nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin B2, B3, B6, B9 (asam folat), vitamin C, magnesium, zinc, zat besi, fosfor, kalium, serta kalsium.

Pada ibu hamil, konsumsi madu bisa mencegah batuk dan pilek, meringankan sakit tenggorokan, serta mengatasi insomnia. Namun, pilihlah madu yang telah melalui proses pasteurisasi, ya, Ma!

12. Timun

12. Timun
Freepik/jcomp

Timun merupakan salah satu makanan yang sering dijumpai dan dikonsumsi oleh orang Indonesia. Biasanya timun ini dapat dimakan langsung sebagai lalapan atau diolah menjadi jus atau es timun serut. Ternyata banyak manfaatnya untuk ibu hamil.

Salah satunya adalah karena kandungan serat dan air yang tinggi, timun dapat mengurangi sembelit. Terutama bagi ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit.

Kandungan vitamin C dalam mentimun membantu menyerap zat besi bagi ibu hamil agar tidak anemia. Sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah, khususnya saat proses melahirkan agar perdarahan akibat melahirkan tidak banyak.

Timun juga tinggi vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Vitamin B ini dapat mengurangi keluhan mual, berperan dalam perkembangan janin terutama otak, serta mencegah kelainan pembentukan organ.

13. Pisang

13. Pisang
Pexels.com/Ryutaro Tsukata

Pisang mengandung nutrisi dan mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk pada ibu hamil. Manfaat pisang untuk ibu hamil yaitu meredakan morning sickness, meningkatkan energi, serta mencegah edema.

Pisang juga merupakan sumber folat yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Mengonsumsi pisang selama kehamilan dapat mencegah terjadinya kekurangan folat. Dengan begitu, risiko cacat lahir pada bayi dapat dicegah.

14. Susu

14. Susu
Freepik/Jcomp

Susu menjadi nutrisi pilihan untuk ibu hamil dan bisa mendukung pertumbuhan otak bayi saat awal kehamilan. Dalam susu khusus ibu hamil sudah dilengkapi dengan berbagai nutrisi untuk perkembangan otak janin termasuk omega 3, DHA dan jenis nutrisi pilihan lain.

15. Zaitun

15. Zaitun
Freepik/Racool Studio

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Kandungan vitamin E ini akan mendorong agar sel-sel dalam otak janin berkembang dengan sempurna. Selain itu, zaitun juga bisa membuat perkembangan sel-sel dalam tubuh janin tidak terhambat sehingga bayi bisa lahir sehat.

Itulah tadi daftar makanan yang ada di dalam Al-Qur'an dan baik untuk ibu hamil. Konsumsi banyak makanan yang mengandung gizi baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan bayi. Tapi ingat, jangan berlebihan, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk