4 Cara Mudah Mencegah Sembelit saat Hamil

Mencegah sembelit saat hamil sebenarnya tidak sulit Ma

18 April 2019

4 Cara Mudah Mencegah Sembelit saat Hamil
healthspectra.com

Sembelit bisa dialami siapa saja, tak terkecuali Mama yang sedang hamil. Sembelit saat hamil diperkirakan terjadi pada 38% perempuan yang sedang mengandung.

Ada beberapa penyebab sembelit saat hamil. Perlu diketahui penyebabnya ini beragam, Ma.

Pola makan yang buruk dan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa menyebabkan Mama mengalami sembelit saat hamil. Selain itu, aktivitas fisik yang berkurang dan konsumsi vitamin prenatal yang mengandung zat besi juga turut menjadi penyebab dari sembelit saat hamil.

Nah, agar Mama tidak merasakan sembelit saat hamil, ada beberapa cara mencegah sembelit yang bisa Mama lakukan. Dilansir dari American Pregnancy, berikut caranya:

1. Mengonsumsi makanan yang berserat

1. Mengonsumsi makanan berserat
Freepik/Onlyyouqj

Untuk mencegah sembelit saat hamil, Mama disarankan untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan berserat setiap harinya.

Selama hamil, idealnya  Mama mengonsumsi 25 hingga 30 gram makanan berserat setiap harinya. Makanan berserat yang bisa Mama konsumsi beragam mulai dari aneka jenis sayur yang Mama sukai, hingga buah-buahan segar.

Konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah tidak hanya baik untuk kesehatan saluran cerna saja Ma, tetapi juga menjadi bagian penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan.

2. Banyak minum

2. Banyak minum
Freepik

Mama harus banyak minum air putih jika tidak ingin mengalami sembelit. Sebab mengonsumsi air putih yang cukup dan mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat memang menjadi cara yang bisa ditempuh dalam  mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar Ma.

Mama disarankan untuk mengonsumsi 10-12 gelas air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Kebutuhan cairan ini bisa bertambah jika udara di luar sedang panas atau usai melakukan olahraga.

Agar Mama tak malas untuk minum, selalu sediakan botol minuman didekat Mama agar Mama tidak perlu bolak-balik mengambil air.

Editors' Picks

3. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik

3. Konsumsi makanan atau minuman mengandung probiotik
Freepik/Nensuria

Dilansir dari Mama Natural, untuk mencegah dan mengatasi sembelit, Mama disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Ini karena makanan atau minuman yang mengandung probiotik mengandung bakteri baik yang berperan menjaga kesehatan saluran cerna Ma. Salah satu minuman yang mengandung prebiotik yang bisa Mama konsumsi adalah yogurt.

4. Berolahraga secara rutin

4. Berolahraga secara rutin
Freepik

Mama juga harus bergerak aktif atau melakukan olahraga secara rutin untuk mencegah sembelit saat hamil. Tak perlu pergi ke gym Ma, Mama cukup melakukan olahraga ringan di rumah seperti berjalan ataupun berlari kecil di sekeliling kompleks.

Atau jika Mama bisa berenang, lakukanlah olahraga ini sesekali ataupun secara rutin karena renang menjadi salah satu olahraga yang cukup direkomendasikan untuk perempuan hamil.

Mama disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit setiap kali olahraga.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!