Ini Dia Alasan Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Cerdas

Olahraga saat hamil ternyata bisa berdampak kepada kecerdasaan anak Ma

21 Mei 2019

Ini Dia Alasan Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Cerdas
Freepik

Kehamilan seharusnya tidak menjadi alasan untuk malas melakukan olahraga. Karena pada dasarnya, Mama tetap disarankan untuk melakukan olahraga rutin demi kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Tak perlu olahraga yang menguras tenaga berlebih kok Ma, olahraga ringan seperti berjalan kaki keliling kompleks perumahan, yoga khusus untuk perempuan hamil, dan berenang, sudah cukup untuk menjadi olahraga pilihan yang dilakukan saat hamil. Mama disarankan untuk melakukan olahraga ringan tersebut selama 30 menit setiap harinya agar manfaat dari olaharaga diperoleh.

Nah, manfaat olaharaga yang bisa Mama dapatkan beragam, namun salah satu yang paling menarik adalah dapat membuat bayi menjadi cerdas. Mama sudah pernah dengar ini dan ingin tahu kebenarannya?

Berikut Popmama.com telah merangkum kebenaran mengenai olahraga saat hamil bikin bayi pintar yang harus Mama tahu:

Alasan olahraga bikin bayi jadi cerdas

Alasan olahraga bikin bayi jadi cerdas
Freepik/Yanalya

Seperti dilansir dari Today.com, berdasarkan penelitan yang dirilis Universitas Montreal, olahraga memang dpat meperkuat perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan.

Dengan rutin berolahraga dan tetap melakukan aktivitas fisik, maka kemungkinan Mama melahirkan bayi dengan otak yang lebih cemerlang dibandingkan perempuan hamil yang tidak berolahraga.

Saat bayi sedang tertidur, para ilmuan memantau bagaimana otak bayi merespon suara baru dan akrab. Bayi-bayi yang lahir dari perempuan yang rajin berolahraga lebih mampu menangkap suara yang diulang, meresponnya dengan lebih bak dibandingkan dengan kelompok bayinya.

Bisa dibilang, fungsi otak bayi lahir dari perempuan yang berolahraga cenderung lebih matang dibandingkan yang tidak.

Jadi jika Mama ingin memiliki bayi yang cerdas, jangan malas unutk berolahraga saat hamil. Tapi perhatikan pula keamanan olahraga yang dilakukan agar manfaatnya didapat namun tidak membahayakan kesehatan Mama ataupun janin dalam kandungan.

Cara lain agar bayi cerdas sejak dalam kandungan

Cara lain agar bayi cerdas sejak dalam kandungan
Freepik
Makanan sehat selama kehamilan agar tetap fit

Tak hanya berolahraga saat hamil, ada beberapa langkah lain yang bisa Mama lakukan untuk mendapati bayi cerdas. Berikut beberapa di antaranya:

Editors' Picks

1. Konsumsi makanan sehat

1. Konsumsi makanan sehat
thedairytimes.com

Dilansir dari Boldsky, Mama perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sejak awal kehamilan, jika ingin memiliki bayi yang cerdas. Hal ini karena otak bayi mulai berkebangan pada trimester pertama kehamilan sehingga penting untuk mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan.

Makanan harus memastikan segala nutrisi yang dibutuhkan perempuan hamil terpenuhi.

Nah, makanan sehat yang direkomendasikan untuk menunjang kecerdasan janin dalam kandungan diantaranya sayuran hijau, aneka jenis buah-buahan, telur dan keju, ikan, yogurt, dan susu.

2. Konsumsi asam folat

2. Konsumsi asam folat
www.freepik.com
Asam folat bisa didapat dari alpukat

Mama juga harus memastikan bahwa asupan asam folat selama kehamilan tercukupi dengan baik. Asam folat tak hanya mendukung perkembangan otak janin saja Ma.

Selain itu, asupan asam folat yang cukup juga dapat mengurangi risiko bayi mengalami cacat tabung saraf, cacat jantung bawaan, dan bibir sumbing.

Baca juga:

3. Hindari konsumsi alkohol

3. Hindari konsumsi alkohol
motherhow.com

Agar bayi Mama cerdas, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol selama kehamilan. Sebab alkohol terbukti dapat menembus ke plasenta sehingga janin dalam kandungan dapat “tercemar” oleh alkohol yang Mama konsumsi.

Efeknya, kerusakan serius pada otak janin dapat terjadi.

Nah, selain konsumsi alkohol, Mama juga harus berhenti merokok karena rokok juga dapat membatasi aliran darah ke otak janin yang sedang berkembang.

Gimana Ma, udah tahu kan apa saja yang harus diperhatikan saat hamil jika ingin memiliki anak yang cerdas?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;