5 Rekomendasi Merek Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tak boleh sembarang minum obat demi menjaga kesehatan janin

18 Januari 2021

5 Rekomendasi Merek Obat Batuk Ibu Hamil
Freepik

Gejala flu seperti batuk dan demam mungkin dianggap sepele bagi orang dewasa. Namun, kondisi tersebut tentu berbeda apabila batuk dan demam dialami oleh ibu hamil. Sebab, ibu hamil tak boleh sembarang minum obat untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Mama juga perlu berhati-hati ketika membeli obat di apotek. Jika Mama sembarangan mengonsumsi obat, bukan tidak mungkin Mama bisa melahirkan bayi prematur dan gangguan kehamilan lainnya.

Namun, bukan berarti tak ada obat batuk yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini lima rekomendasi merek obat batuk untuk ibu hamil yang berhasil Popmama.com rangkum.

1. Codeine

1. Codeine
Freepik/wirestock

Codeine aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama memerhatikan aturan pemakaian dan resep dari dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet 10,15, dan 20 gram. 

Codeine umumnya digunakan untuk meredakan gejala batuk ringan hingga sedang. Apabila Mama masih mengalami batuk setelah tiga hari mengonsumsi obat ini, maka Mama harus segera berobat ke dokter. 

2. Dextromethorpan

2. Dextromethorpan
Pixabay/stevepb

Dextromethorpan aman dikonsumsi ibu hamil yang mengalami gejala batuk kering. Namun, obat ini tidak cocok digunakan untuk mengobati batuk berdahak dan batuk akibat penyakit tertentu seperti bronkitis, asma, atau emfisema. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. 

Perlu diberhatikan bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat alergi, sedang menderita asma atau diabetes, tidak diperkenankan mengonsumsi Dextromethorpan. Mama pun disarankan segera ke dokter apabila muncul gejala alergi, mengalami pusing, sakit kepala, dan mual pasca mengonsumsi obat ini. 

Editors' Picks

3. Laserin

3. Laserin
shopee.co.id

Obat ini cukup mudah ditemukan di apotek. Laserin memiliki rasa yang khas yakni manis dan memberikan sensasi hangat pada tenggorokan. Oleh karena itu, obat ini cocok untuk melegakan tenggorokan akibat batuk. 

Tak seperti obat batuk lainnya, laserin tidak menggunakan bahan kimia. Laserin terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Apabila batuk tidak sembuh setelah penggunaan laserin selama tujuh\ hari, maka Mama harus segera konsultasi ke dokter. 

4. Paracetamol

4. Paracetamol
Pexels/Pixabay

Paracetamol memang bukan obat yang diformulasikan khusus untuk menyembuhkan batuk. Tetapi obat ini bisa meredakan gejala yang menyertai batuk seperti pusing dan demam. 

Pada dasarnya, ibu hamil aman mengonsumsi paracetamol karena belum ada bukti yang menunjukkan obat ini membahayakan kesehatan janin. Meskipun begitu, apabila Mama masih ragu untuk mengonsumsinya, tak ada salahnya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan. 

5. Silex Sirup

5. Silex Sirup
Freepik/naypong

Obat ini diperuntukkan bagi orang dewasa yang mengalami flu disertai gejala batuk. Silex Sirup merupakan obat herbal yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Obat ini mengandung ekstrak thyme, primulae, althaea, droserae, eucalyptus oil, anise oil, dan menthol oil. Kandungan tersebut dipercaya bisa melegakan tenggorokan dan meredakan nyeri akibat batuk. 

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh saat Hamil

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh saat Hamil
Freepik

Saat hamil, terjadi perubahan hormon dalam tubuh mama. Akibatnya, Mama rentan terserang penyakit seperti batuk dan flu. Agar terhindar dari penyakit tersebut dan meminimalkan penggunaan obat-obatan, Mama bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara-cara tersebut di antaranya adalah:

  • Rajin mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas di luar rumah
  • Istirahat cukup, hindari begadang di malam hari
  • Konsumsi makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan
  • Perbanyak minum air putih
  • Batasi konsumsi gula putih dan pemanis buatan
  • Hindari kegiatan yang mengakibatkan stres
  • Rutin olahraga selama kehamilan. Mama bisa melakukan olahraga ringan seperti senam kehamilan. 

Itulah lima merek obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Meski tergolong obat bebas, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi merek obat batuk tersebut ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.