5 Olahraga di Kehamilan Trimester Kedua yang Bisa Lancarkan Persalinan

Olahraga saat hamil sangat penting agar proses persalinan bisa berjalan lancar

28 Desember 2020

5 Olahraga Kehamilan Trimester Kedua Bisa Lancarkan Persalinan
Pexels/Negative Space

Selama masa kehamilan, ibu hamil penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan. Tidak hanya dengan makanan bergizi saja, namun harus melakukan olahraga agar kondisi tubuh tetap prima. Olahraga yang konsisten dilakukan setiap hari tentu akan menjadi modal dalam menjalani proses persalinan nanti. 

Sebelum memilih jenis olahraga, Mama bisa berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter kandungan. Kenali jenis olahraga yang akan dipilih, termasuk dengan manfaatnya untuk kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan.

Selain itu, olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil perlu disesuaikan dengan usia kandungan. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari kejadian buruk yang tidak diinginkan.

Kali ini Popmama.com akan merekomendasikan beberapa jenis olahraga di kehamilan trimester kedua yang aman dan bisa melancarkan persalinan nanti.

Simak baik-baik ya, Ma!

1. Lakukan olahraga harian untuk memperkuat panggul

1. Lakukan olahraga harian memperkuat panggul
Freepik/Yanalya

Ibu hamil pasti akan menahan beban perut apalagi kalau ukuran janin semakin besar. Untuk itu, ibu hamil perlu memiliki kekuatan untuk persiapan melahirkan dan tetap menjaga kesehatan. Olahraga tidak perlu dilakukan setiap hari karena otot tubuh juga perlu beristirahat.

Namun, untuk Mama yang sedang hamil trimester kedua, lakukan olahraga kecil ini untuk memperkuat inti dan dasar panggul. Olahraga kali ini cukup dilakukan dengan menarik napas untuk membesarkan perut, lalu buang napas dengan menggerakan panggul ke bawah. Serta menarik pusar ke atas dan dalam.

Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali. Lakukan olahraga ini selama 30 hari maka Mama akan mendapatkan panggul yang lebih kuat.

Editors' Picks

2. Berjalan kaki dengan santai dapat memperlancar peredaran darah

2. Berjalan kaki santai dapat memperlancar peredaran darah
Freepik/jcomp

Ibu hamil yang sudah menjalani trimester kedua bisa melakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan santai. Berjalan kaki dengan santai termasuk aktivitas atau olahraga ringan yang mudah sekali diterapkan oleh ibu hamil. 

Ketika ingin olahraga berjalan kaki, Mama bisa pilih waktu di pagi atau sore hari. Olahraga ringan ini dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Bahkan berjalan bisa melatih otot tubuh seperti panggul, pinggang, bokong, dan kaki secara bersamaan. Jika otot panggul kuat maka persalinan akan berjalan lebih mudah.

Selain itu, ibu hamil juga bisa menjaga agar tubuh tetap ideal selama masa kehamilan. Jika merasa kelelahan saat berjalan, usahakan untuk beristirahat sejenak dan minum agar tidak dehidrasi. 

3. Jogging dapat menjaga fisik dan kesehatan jantung

3. Jogging dapat menjaga fisik kesehatan jantung
Freepik/onlyyouqj

Olahraga jogging ternyata cocok juga untuk ibu hamil trimester kedua. Lakukan jogging santai saja agar tidak cepat merasa lelah. Lakukan jogging selama 15-30 menit untuk menjaga kesehatan kardio. Selain itu, jogging juga dapat memperkuat otot bagian paha belakang, gluteus atau pinggul, panggul, dan otot betis lainnya. 

Bagaimana pun olahraga tetap baik untuk kesehatan ibu hamil. Mempunyai tubuh yang kuat membuat bayi tumbuh dengan sehat.

4. Senam kegel dapat memperkuat otot panggul

4. Senam kegel dapat memperkuat otot panggul
Freepik
senam kegel ibu hamil

Senam kegel dapat memperkuat otot panggul. Dengan kuatnya otot panggul dapat membuat persalinan ibu hamil menjadi lancar. Senam kegel juga bisa mengatasi ibu hamil yang sulit menahan buang air kecil. Hal itu dikarenakan senam kegel juga berfungsi untuk memperkuat otot-otot di bawah rahim, kantung kemih, dan usus besar.

Otot panggul yang kuat dapat membantu ibu hamil menjalani persalinan normal. Karena panggul yang kuat akan menghasilkan dorongan yang kuat. Lakukan senam selama tiga kali dalam seminggu untuk melatih panggul.

5. Yoga dapat membantu untuk melatih pernapasan

5. Yoga dapat membantu melatih pernapasan
Freepik

Yoga adalah olahraga yang dapat melatih pernapasan dan memperkuat tubuh. Olahraga yoga aman dilakukan oleh ibu hamil sejak trimester pertama ataupun kedua. Yoga efektif untuk melatih pernapasan dan membuat badan menjadi rileks. Selain itu, yoga juga dapat memperkuat otot panggul agar proses melahirkan menjadi lancar, mengurangi sakit pinggang, dan kecemasan.

Saat proses persalinan dibutuhkan napas yang teratur. Di sinilah pentingnya yoga agar tidak kehabisan napas saat melahirkan. Serta dapat merilekskan tubuh yang kaku saat hamil. 

Itulah beberapa olahraga yang aman untuk kehamilan trimester kedua yang bisa melancarkan persalinan. Melakukan olahraga sangat penting untuk mempersiapkan tubuh jelang persalinan nanti. Semoga bermanfaat dan bisa memilih olaharaga yang tepat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.