Ayo Coba, 4 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Olahraga bodyweight ini cocok dilakukan di rumah saja selama pandemi Covid-19

26 Juli 2020

Ayo Coba, 4 Olahraga Ibu Hamil Bisa Dilakukan Rumah
Freepik/Yanalya

Meski sekarang kita sudah memasuki masa new normal, namun sebaiknya jika tidak mendesak, Mama tetap melakukan semua kegiatan di rumah.

Mama mungkin bertanya-tanya bagaimana agar tetap aktif selama di rumah. Bagi yang biasa berolahraga di luar rumah, misalnya berenang atau berjalan di taman, jangan khawatir, ada banyak latihan di rumah untuk tetap bugar.

Ibu hamil dapat melakukan beberapa gerakan bodyweight yang aman di rumah. Mama tidak membutuhkan peralatan untuk melakukan yoga, peregangan, atau latihan kekuatan ini.

Untuk membantu Mama agar tetap aktif dan bugar selama hamil di masa pandemi Covid-19 ini, Popmama.com mengulas empat gerakan bodyweight untuk ibu hamil yang dapat Mama lakukan di rumah.

Latihan Bodyweight untuk Ibu Hamil di Rumah

Latihan Bodyweight Ibu Hamil Rumah
Diaryofafitmommy.com

Walaupun merupakan jenis latihan beban, uniknya bodyweight training dilakukan tanpa menggunakan alat. Mama cukup menggunakan bobot tubuh sebagai bebannya.

Olahraga ini dapat meningkatkan berbagai kemampuan biomotor termasuk kekuatan, daya tahan, kecepatan, reflek, dan fleksibilitas koordinasi kaki dan tangan serta keseimbangan.

Jika Mama mau melakukan latihan ini, pastikan Mama mendapatkan lampu hijau dari dokter sebelum melakukannya. Sebagian besar latihan direkomendasikan untuk ibu hamil, tetapi tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi mama, apakah aman untuk melakukan latihan beban di rumah.

Apa saja gerakan yang dapat Mama lakukan?

Editors' Picks

1. Basic Prenatal Yoga Flow

1. Basic Prenatal Yoga Flow
youtube/whattoexpect

Yoga adalah latihan yang cocok untuk dilakukan di rumah oleh ibu hamil. Yang Mama butuhkan hanyalah matras yoga, bahkan jika Mama tidak memilikinya, karpet pun memiliki fungsi yang sama.

Basic prenatal yoga flow ini bisa dilakukan selama 10-15 menit dan akan memperkuat tubuh mama dari ujung kepala hingga ujung kaki, mengurangi kembung, dan meningkatkan energi.

Bagi calon ibu, prenatal yoga ini membantu mereka mempersiapkan diri untuk persalinan, berkat gerakan penguatan dan teknik pernapasan dalam setiap gerakannya.

Latihannya bisa Mama lihat di sini.

2. Restorative Prenatal Yoga Stretch

2. Restorative Prenatal Yoga Stretch
youtube/whattoexpect

Tetap bugar tidak selalu berarti harus melakukan latihan atau gerakan yang intens. Latihan peregangan yoga  ini cukup menenangkan. Selain itu juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri, melemaskan otot-otot, meredakan ketegangan, dan membantu Mama terhubung dengan pikiran dan tubuh.

Saat hamil, latihan peregangan ini akan terasa sangat baik untuk punggung bagian bawah, pinggul, dan pergelangan kaki yang bengkak.

Dalam waktu kurang lebih 10 menit, rutinitas yang lembut ini akan memandu Mama melewati peregangan melalui gerakan butterfly, side twist, dan savasana stretchs.

Ikuti latihannya di sini, Ma.

3. 10-Minute Prenatal Strength Circuit

3. 10-Minute Prenatal Strength Circuit
youtube/whattoexpect

Mama ingin melakukan olahraga dengan gerakan tendangan? Tidak masalah. Latihan kekuatan ini bermanfaat untuk mengencangkan seluruh tubuh dan membantu agar tubuh berkeringat.

Ketika melakukan latihan ini Mama akan merasa bebas untuk hanya menggunakan beban tubuh saja, tanpa alat apa pun.

Gerakan pada latihan ini fokus pada peningkatan stabilitas dan postur inti. Yuk, ikuti latihannya di sini.

4. Full-Body Prenatal Strength Chair Workout

4. Full-Body Prenatal Strength Chair Workout
youtube/whattoexpect

Latihan kekuatan ini juga dapat mengencangkan seluruh otot tubuh, tetapi untuk tantangan tambahan, Mama bisa menggunakan kursi. Tetapi sekali lagi, jangan ragu untuk menggunakan berat badan mama sebagai beban.

Dalam keadaan darurat, botol air juga bisa menjadi pengganti beban di tangan. Latihan rutin ini akan membantu membangun kekuatan di bagian atas dan bawah tubuh, serta melatih kekuatan otot utama.

Latihan Full-Body Prenatal Strength Chair Workout bisa Mama lihat di sini.

Nah, itulah empat olahraga bodyweight yang bisa Mama lakukan di rumah. Selain membangun kekuatan tubuh yang dibutuhkan untuk persiapan melahirkan, tubuh pun menjadi bugar.

Yuk, coba di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.