Ini Dia, Ma, 7 Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Selain menyehatkan, prenatal yoga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil

20 Mei 2020

Ini Dia, Ma, 7 Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil
Freepik/senivpetro

Yoga bermanfaat bagi semua orang, termasuk ibu hamil. Ketika Mama termotivasi untuk memiliki kehamilan yang sehat, yoga dapat menjadi salah satu alternatif.

Yoga merupakan cara untuk tetap aktif dan membantu mengatasi kelelahan. Selain itu, melalui yoga, Mama memiliki kesempatan untuk pertumbuhan dan perkembangan diri. Efek positif yoga dapat bertahan lama sampai bayi lahir.

Pose prenatal yoga dirancang khusus untuk membantu ibu hamil, membantu menjadi lebih luwes, dan bersiap untuk persalinan. Program yoga ini menekankan pada teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan janinnya.

Sebelum Mama memutuskan untuk mengikuti kelas prenatal yoga, yuk, cari tahu manfaatnya yang akan diulas Popmama.com berikut ini.

1. Meningkatkan fokus

1. Meningkatkan fokus
Freepik/onlyyouqj

Berlatih yoga mendorong kita untuk melambat dan terhubung dengan napas. Ketika sering berlatih, digabung dengan meditasi, Mama dapat mengembangkan kejernihan pikiran atau perhatian yang lebih baik.

Kehamilan dan menjadi orangtua datang dengan banyak keputusan sulit dan saat-saat menegangkan. Semua ini harus dihadapi dan ditangani dengan baik dan membutuhkan fokus.

2. Meningkatkan kesabaran

2. Meningkatkan kesabaran
Freepik/Yanalya

Saat pertama kali Mama melakukan yoga, mungkin terasa sulit. Mama mungkin belum memiliki keseimbangan, kekuatan, atau fokus. Jangan khawatir, Ma.

Bersabarlah dengan diri sendiri dan terimalah keadaan itu. Perlahan seiring berjalannya waktu, Mama akan terbiasa dengan yoga.

Ini dapat mempersiapkan Mama ketika bayi lahir nanti, misalnya ketika bayi sulit tidur, Mama harus dengan sabar untuk membujuknya agar mau tidur.

Editors' Picks

3. Refleksi diri

3. Refleksi diri
chopra.com

Salah satu pedoman yang diajarkan yoga adalah lebih memerhatikan diri kita sendiri. Mama belajar mengenali kebiasaan dan kepercayaan diri sendiri.  

Mengakui kebiasaan kita sendiri yang kurang diinginkan dapat meningkatkan keterampilan mengasuh anak. Selain itu, Mama juga dapat menghindari agar kebiasaan tersebut tidak ditularkan kepada anak kelak.

4. Mempersiapkan stamina untuk persalinan dan menjadi ibu

4. Mempersiapkan stamina persalinan menjadi ibu
Freepik/Yanalya

Seorang yogi memaparkan pengalamannya, bahwa selama persalinan, ia mengingatkan dirinya bahwa setiap kontraksi hanyalah sebuah pose yoga yang sulit. Pernapasan, relaksasi, dan kegigihan akan membantunya melewati persalinan.

Gerakan prenatal yoga dirancang khusus untuk melatih kekuatan otot ibu hamil, khususnya bagian perut, pinggul, dan panggul. Otot ini berperan penting dalam proses persalinan mama nanti.

Menjadi ibu juga bukan hal yang mudah. Ini membutuhkan tenaga dan kekuatan fisik. Yoga dapat menguatkan tubuh Mama sehingga dapat menggendong bayi dengan mudah. Terutama jika Mama harus menggendongnya dalam waktu lama.

5. Mengatasi kelelahan dan relaksasi

5. Mengatasi kelelahan relaksasi
freepik.com/yanalya

Cemas merupakan masalah umum yang dialami oleh ibu hamil. Jika berlebihan, ini dapat memengaruhi bayi. Yoga dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon stres yang membuat Mama cemas.

Pose relaksasi yang menyamping dapat membantu mengatasi kelelahan dan merupakan pilihan yang bagus selama kehamilan. Melakukan pose ini selama 20-30 menit per hari dapat membantu melawan kelelahan.

Untuk mencobanya, baringkan tubuh pada permukaan yang lembut. Tempatkan bantal di bawah kepala dan leher dan gantungkan lengan atas di atas bantal. Tekuk lutut dan letakkan selimut atau bantal di antaranya. Mama dapat meminta bantuan guru yoga untuk mengajarkan pose ini sampai Mama benar-benar merasa nyaman, tanpa ada ketegangan di bagian punggung bawah.

6. Mengurangi mual dan rasa sakit

6. Mengurangi mual rasa sakit
Freepik/phduet

Pose reclining hero telah membantu banyak wanita mengurangi mual dan gangguan pencernaan yang sering dialami ketika hamil. Seorang guru yoga yang berkualitas dapat membantu Mama dalam pose ini sehingga Mama merasa nyaman.

Mempelajari peregangan sederhana dapat membantu rasa sakit yang sering dirasakan di malam hari. Selain itu, pose yoga cat cow juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung bagian bawah.

7. Mempererat ikatan dengan bayi

7. Mempererat ikatan bayi
Freepik/onlyyouqj

Pose dalam prenatal yoga dirancang khusus untuk membuat janin di dalam kandungan Mama merasa nyaman. Ini adalah cara yang baik untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Ketika Mama merasa nyaman, janin pun dapat merasakannya. Ketika Mama merasa nyaman dan santai, Mama dapat berkomunikasi dengan janin.

Sambil melatih pernapasan, berikan afirmasi positif kepada janin untuk mendukungnya tumbuh sehat.

Nah, itulah ketujuh manfaat yang bisa Mama dapatkan bila melakukan prenatal yoga. Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.