Gunakan 9 Benda Ini untuk Membuat Kehamilan jadi Lebih Nyaman

Apa benda khusus yang harus Mama gunakan untuk kenyamanan saat hamil?

5 Maret 2021

Gunakan 9 Benda Ini Membuat Kehamilan jadi Lebih Nyaman
Pexels/Amina Filkins

Kehamilan adalah perjalanan yang ajaib. Setiap bagian tubuh mengalami perubahan dan otak bekerja keras dengan kebahagiaan, kecemasan, dan banyak perencanaan.

Namun, saat Mama merenungkan perubahan hidup dan memikirkan tentang perlengkapan yang wajib dibeli seperti pakaian bayi yang lucu, boks bayi atau kereta dorong, jangan lupakan hal-hal kecil yang dapat membuat fase kehamilan jauh lebih mudah bagi Mama.

Untuk membantu Mama, Popmama.com telah mengumpulkan semua benda yang dapat membuat kehamilan menjadi lebih nyaman. Apa saja, ya?

1. Vitamin prenatal

1. Vitamin prenatal
Pexels/Anna Shvets

Vitamin prenatal penting karena nutrisi yang dibutuhkan belum tentu dapat diperoleh melalui makanan.

Suplemen, terutama zat besi, asam folat, dan kalsium, harus dikonsumsi selama kehamilan karena sangat penting untuk perkembangan janin. Tetapi sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, pastikan Mama mendiskusikannya dulu dengan dokter.

2. Bantal khusus

2. Bantal khusus
Freepik/gilitukha

Saat perut makin membesar, mungkin agak sulit untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Tidak disarankan untuk tidur telentang saat perut membesar karena tekanan yang mungkin ditimbulkan pada punggung.

Mama dapat membeli bantal kehamilan yang lembut dan lentur yang dapat diletakkan di bawah kaki, di antara lutut, atau dililitkan ke tubuh. Bantal akan membantu membuat posisi tidur tertentu agar Mama dapat tidur dengan nyenyak.

3. Krim stretch mark

3. Krim stretch mark
Freepik/Yanadjana

Saat Mama sedang mengandung, tubuh menambah berat badan dan mengembang dengan kecepatan yang lebih cepat dari kemampuan regenerasi kulit. Hal ini menyebabkan kulit gatal, stretch mark, dan kadang-kadang bahkan sensasi terbakar dan perasaan sesak secara umum.

Menggunakan krim pelembap dan krim khusus strech mark dapat menenangkan kulit. Krim ini meminimalkan munculnya stretch mark dan mencegah kulit gatal.

Untuk hasil terbaik, Mama dapat mulai mengoleskan krim segera setelah Mama mengetahui kehamilan dan melanjutkannya setelah bayi lahir.

Editors' Picks

4. Bra khusus

4. Bra khusus
Tokopedia.com

Selama kehamilan, payudara banyak berubah karena tubuh mempersiapkan diri untuk menyusui. Maternity bra atau bra kehamilan dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan menopang pada payudara selama kehamilan.

Mama bahkan dapat memilih bra menyusui daripada bra hamil, karena bra tersebut juga dapat digunakan saat menyusui bayi nanti.

5. Pembersih organ intim

5. Pembersih organ intim
Freepik

Selama kehamilan, area vagina sangat rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Mama dapat menggunakan pembersih khusus tanpa wewangian dan bebas bahan kimia untuk vulva atau bagian luar daerah vagina.

Sabun khusus ini dapat meredakan iritasi, dengan lembut membersihkan area di dekat vulva dan membantu menghilangkan bau tak sedap. Selain itu juga mencegah gatal, iritasi dan ketidaknyamanan, serta melindungi dari infeksi.

6. Alat kompres

6. Alat kompres
Freepik/Bonnontawat

Botol air panas atau kompres khusus yang bagus bisa menjadi sahabat mama selama kehamilan. Mama bahkan dapat menggunakan bantalan pemanas untuk meredakan kram otot atau nyeri punggung sementara tanpa khawatir jika janin terganggu. Botol air panas benar-benar aman digunakan selama kehamilan.

7. Sepatu datar dan nyaman

7. Sepatu datar nyaman
Pexels/Web Donut

Saat janin tumbuh, berat badan meningkat dan pusat gravitasi bergeser ke depan dengan perut yang membesar. Ligamen tubuh juga akan mengendur.

Untuk ini, penting untuk mengenakan sepatu yang akan membuat Mama tetap stabil. Pilih sepatu yang nyaman dan tidak membuat Mama mudah tergelincir.

8. Gel pengencang payudara

8. Gel pengencang payudara
Freepik/Ollyy

Saat payudara membesar selama kehamilan, kulit akan membutuhkan nutrisi ekstra ketika mengembang dan meregang. Untuk mencegah payudara mengalami stretch mark, mulailah menggunakan produk khusus untuk merawat kulit payudara. Ini akan membantu mempertahankan elastisitas payudara selama masa kehamilan.

Gel khusus dapat membantu mengencangkan payudara sambil menutrisi dan melembapkannya.

9. Celana hamil

9. Celana hamil
Pexels/Pixabay

Apakah Mama menyadari bahwa pakaian mama kini tidak terlalu pas seperti yang diharapkan? Sepasang celana hamil dapat membantu dalam situasi ini. Item yang mungkin paling Mama perlukan adalah maternity jeans, meski Mama juga bisa mengandalkan waist expander atau sekadar mengenakan celana olahraga untuk sementara waktu. Legging juga merupakan pilihan yang nyaman, Ma.

Selain perlengkapan di atas, penting juga untuk beristirahat dan mengonsumsi makanan sehat agar kehamilan berjalan dengan lancar. Sembilan benda untuk membuat kehamilan lebih nyaman tersebut akan membuat hidup menjadi lebih mudah. Selain itu juga membantu meringankan banyak perubahan fisik dan mental terkait kehamilan yang mungkin Mama alami.

Dengan perlengkapan yang tepat, Mama dapat menikmati kehamilan untuk perjalanan yang menakjubkan!

Benda apa yang wajib Mama miliki saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.