7 Rekomendasi Sunscreen untuk Ibu Hamil, Lindungi dari Sinar Matahari

Pastikan kulit terlindungi setiap ke luar ruangan, Ma

4 Juni 2021

7 Rekomendasi Sunscreen Ibu Hamil, Lindungi dari Sinar Matahari
Freepik/Timonko

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi Covid 19 ini, Mama disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Selain dari makanan dan suplemen, vitamin D bisa diperoleh dengan cara berjemur.

Selain meningkatkan kekuatan tulang, vitamin D juga bermanfaat untuk imun, Ma. Terutama bagi Mama yang sedang hamil. Saat berjemur, Mama harus melindungi kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Untuk itu, sebelum ke luar ruangan di pagi hingga siang hari, Mama sebaiknya mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya.

Seperti yang Mama ketahui, ibu hamil tidak bisa sembarangan menggunakan produk perawatan kulit. Mama harus memilih produk yang aman bagi ibu hamil dan janin.

Untuk membantu Mama, berikut Popmama.com merekomendasikan beberapa pilihan suncreen yang aman untuk ibu hamil. Apa saja, ya?

1. Badger Sunscreen Face Stick Broad Spectrum SPF 35

1. Badger Sunscreen Face Stick Broad Spectrum SPF 35
Shopee

Brand ini dikenal memiliki produk sunscreen yang mengandung zinc oxide dengan berbagai variannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Badger Sunscreenmemiliki sertifikasi 100 persen natural karena 98 persen bahannya berasal dari bahan organik.

Broad spectrum SPF35-nya cukup melindungi kulit mama dari sinar ultraviolet yang membahayakan kulit. Mama juga dapat menggunakannya ketika berenang karena produk ini juga tahan air. Cukup mengaplikasikannya setiap 40 menit, Mama pun dapat berenang dengan tenang.

Kisaran harga: Rp 245.000 (87 ml)

2. CeraVe Sunscreen Broad Spectrum SPF50

2. CeraVe Sunscreen Broad Spectrum SPF50
CeraVe

Sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide biasanya meninggalkan lapisan putih di wajah.

Namun beda dengan sunscreen CeraVe. Sunscreen ini memiliki formula invisible zinc yang memiliki tekstur ringan hingga bisa meminimalkan efek lapisan putih tersebut, Ma. CeraVe juga tahan air, jadi Mama dapat menggunakannya saat berenang selama 40 menit. Ceramides dan hyaluronic acid yang terkandung pada produk ini bisa menjaga kelembapan kulit. Tersedia dalam bentuk face lotion, body lotion, dan stick.

Kisaran harga: Rp 200.000 - Rp 300.000.

Editors' Picks

3. Earth Mama Mineral Sunscreen Lotion SPF 40

3. Earth Mama Mineral Sunscreen Lotion SPF 40
Amazon

Earth Mama memiliki produk sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Mengandung bahan alami organik seperti red raspberry seed oil dan argan oil yang lembut di kulit.

Earth Mama Mineral Sunscreen Lotion SPF 40 diklaim tahan air, serta bebas dari pewangi dan bahan kimia tambahan. Sehingga Mama dapat menggunakannya saat berenang.

Formulanya yang ringan dan melembapkan membuat produk ini cocok bagi pemilik kulit sensitif yang cenderung kering.

4. La Roche-Posay Anthelios Ultra Light Sunscreen Fluid SPF 30

4. La Roche-Posay Anthelios Ultra Light Sunscreen Fluid SPF 30
Lacoche-Posay

Memiliki kandungan zinc oxide, titanium dioxide, dan teksturnya cepat meresap sehingga nyaman dikenakan.

Kaya antioksidan, paraben-free, fragrance-free, dan water-resistant juga, Ma. Jadi selain aman, Mama pun dapat mengaplikasikannya sebelum berenang.

5. Missha All Around Safe Block Sun Milk SPF 50

5. Missha All Around Safe Block Sun Milk SPF 50
Shopee

Produk perawatan kulit dan kosmetik asal Korea cukup populer di tanah air belakangan ini. Salah satunya adalah Missha All Around Safe Block Sun Milk SPF 50. Produk ini mengandung bahan aktif zinc oxide dan titanium dioxide.

Keunggulan dari sunscreen ini adalah cepat meresap, lembut dan tidak meninggalkan white cast. Kulit selalu terlindungi saat Mama ke luar ruangan. Tersedia dalam varian waterproof, essence, dan soft finish.

Kisaran harga: Rp 250.000 (40 ml).

6. Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen SPF 60+

6. Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen SPF 60+
Shopee

Selain hanya mengandung bahan aktif zinc oxide dan titanium oxide, sunscreen ini juga dibuat 100% dari bahan alami dan tidak mengandung pewangi. Sehingga aman digunakan oleh ibu hamil yang memiliki kulit sensitif, Ma.

Produk ini juga bisa digunakan untuk aktivitas dalam air karena sifatnya yang tahan air. Mama harus mengaplikasikannya setiap 60 menit untuk perlindungan yang maksimal saat berenang.  

Kisaran harga: Rp 245.000.

7. Wardah Sun Care Sunscreen Gel

7. Wardah Sun Care Sunscreen Gel
Shopee

Produk buatan anak bangsa ini juga populer, Ma. Kemasannya praktis dan mudah dibawa bepergian. Ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki tutup yang kokoh untuk mencegah kebocoran.

Teksturnya halus, lembut di tangan, dan cepat meresap. Sunscreenkeluaran Wardah ini juga tidak meninggalkan rasa lengket. Memiliki aroma ringan yang tidak mengganggu serta aman saat dioleskan ke wajah.

Mama suka berenang? Tinggal aplikasikan produk ini setiap dua jam untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Nah, itu beberapa pilihan sunscreen untuk ibu hamil yang dapat Mama gunakan saat. Apa sunscreenkesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.