Ini Alasan Janin Menendang di Dalam Kandungan

Ternyata ini penting untuk perkembangan janin selama di dalam kandungan, Ma

29 Mei 2022

Ini Alasan Janin Menendang Dalam Kandungan
Unsplash/Toa Heftiba

Merasakan tendangan janin adalah bagian normal dari kehamilan. Namun, mengapa janin menendang saat ia masih berada di dalam kandungan? Apakah janin ingin memberi tahu sesuatu kepada Mama?

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui alasan mengapa janin menendang. Dan ternyata, Ma, aktivitas ini membantu si Kecil berkembang lho.

Menurut studi itu, menendang dapat membantu janin ‘memetakan’ tubuh mereka dan menjelajahi lingkungannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alasan janin menendang di dalam kandungan penjelasannya dapat Mama simak pada ulasan Popmama.com berikut ini ya.

Pengamatan Terhadap Tendangan Janin

Pengamatan Terhadap Tendangan Janin
Freepik/tirachardz

Para peneliti melihat gelombang otak yang dihasilkan janin ketika mereka menendang selama tidur gerakan mata cepat (REM).

Ketika janin menggerakkan tangan kanannya, misalnya, ia segera menghasilkan gelombang otak di bagian belahan otak kiri yang memproses sentuhan untuk tangan kanan.

Gelombang otak sangat cepat pada bayi prematur. Pada saat bayi berusia beberapa minggu, gelombang otak yang cepat menghilang secara alami.

Tendangan janin pada trimester ketiga membantunya mengembangkan area otak yang terkait dengan input sensorik. Ini juga membantunya mengenal dan merasakan tubuhnya sendiri, kata para ilmuwan.

“Gerakan spontan dan umpan balik konsekuen dari lingkungan selama periode perkembangan awal diketahui diperlukan untuk pemetaan otak yang tepat pada hewan, seperti tikus. Di sini kami menunjukkan bahwa ini mungkin benar pada manusia juga,” Lorenzo Fabrizi, PhD, pemimpin peneliti mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Editors' Picks

Tendangan Janin dan Perkembangan Otak

Tendangan Janin Perkembangan Otak
istock.com

“Misalnya, sudah menjadi rutinitas bagi bayi untuk 'bersarang' di ranjangnya. Ini memungkinkan mereka untuk 'merasakan' permukaan ketika anggota badan mereka menendang, seolah-olah mereka masih di dalam rahim," katanya. Studi ini mendukung gagasan bahwa tidur harus dilindungi dan gangguan diminimalkan, karena temuan menunjukkan betapa pentingnya gerakan selama tidur janin dan bayi prematur.

Temuan tim tentang perubahan aktivitas otak janin dengan gerakan dapat memengaruhi studi di masa depan.

"Kami terkejut bahwa meskipun gelombang otak cepat yang membangkitkan gerakan menghilang beberapa minggu setelah rata-rata waktu lahir, gerakan terus memicu gelombang otak lambat," katanya.

Ini mengacu pada penelitian timnya sebelumnya awal tahun ini yang menunjukkan berbagai jenis gelombang otak dapat melakukan fungsi yang berbeda. Penelitian itu menunjukkan bahwa perubahan besar terjadi pada usia penuh karena berbagai jenis tidur mulai dikaitkan dengan pola gelombang otak tertentu.

Whitehead mengatakan, mereka berencana untuk terus mempelajari gerakan pada bayi. Tetapi mereka juga fokus pada bagaimana aspek perkembangan otak diproses, seperti sentuhan dan rangsangan yang menyakitkan (seperti pada tes darah, misalnya).

Penelitian mengungkap perkembangan otak di akhir kehamilan dan pentingnya tidur bagi bayi baru lahir.

“Saya pikir penelitian ini menarik,” Dr. Scott Sullivan, seorang profesor dan direktur kedokteran ibu-janin di Medical University of South Carolina di Charleston. Tidak hanya mendefinisikan perkembangan otak kritis yang terjadi pada akhir kehamilan, tetapi juga menunjukkan bahwa gerakan tidur aktif berkontribusi kuat pada pemetaan kortikal.

Penelitian ini juga memperkuat pentingnya tidur untuk bayi yang baru lahir dan menunjukkan bahwa bayi prematur, bahkan mereka yang hampir cukup bulan, mungkin mengalami gangguan atau penundaan siklus ini.

Gerakan dan Tendangan Janin: Apa yang Harus Diperhatikan?

Gerakan Tendangan Janin Apa Harus Diperhatikan
Freepik/yanalya

Komunitas medis sudah tahu banyak tentang kualitas, frekuensi, dan persepsi gerakan janin, kata Dr. Amber Samuel, direktur medis, kedokteran ibu-janin di Obstetrix Medical Group of Houston.

Gerakan sporadis pada sekitar 9 atau 10 minggu menjadi lebih teratur pada trimester kedua. Mama bisa merasakan tendangan janin sedini 15 minggu.

Saat otak berkembang, janin menendang dan merespons aktivitas otak mereka sendiri, serta perubahan gerakan mama, suara, suhu, dan rangsangan lainnya.

“Persepsi gerakan janin berubah pada trimester ketiga menjadi body rolling lebih sering daripada tendangan khas tetapi semua gerakan janin meyakinkan bahkan jika kualitasnya berkembang,” kata Samuel.

Tujuan Janin Bergerak dan Menendang

Tujuan Janin Bergerak Menendang
iStock.com

Tendangan janin memiliki beberapa tujuan, tambah Sullivan. Yang pertama adalah memberikan latihan otot dan anggota badan. Ini juga menunjukkan respons terhadap rangsangan dan, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian saat ini, membantu otak membuat koneksi untuk indera spasial.

Dokter masih tidak yakin apa arti perubahan frekuensi gerakan. Banyak janin memiliki periode tidak aktif yang lebih lama dari biasanya.

Dalam beberapa kasus bayi lahir mati atau kematian dalam kandungan, mereka bisa datang sebagai akibat dari penurunan gerakan. Namun, komunitas medis tidak yakin berdasarkan persepsi bayi mana yang mungkin lebih berisiko daripada yang lain, kata Samuel.

Salah satu sistem ‘hitungan tendangan’ yang umum digunakan menyarankan bahwa mama harus merasakan 10 gerakan setiap 2 jam.

“Tidak ada jenis sistem yang lebih berguna daripada yang lain untuk memprediksi jika mungkin ada masalah yang berkembang. Selain itu, sebagian besar penelitian tidak mendukung bahwa jumlah tendangan dapat mencegah lahir mati,” katanya.

“Semua janin yang sehat bergerak tetapi beberapa mama dari janin yang sehat mungkin tidak merasakannya sebanyak yang lain,” tambahnya.

Itulah sebabnya Samuel secara umum memberi tahu pasien bahwa mereka harus mengetahui apa yang normal untuk janin mereka termasuk jenis dan frekuensi gerakan dan waktu yang khas.

“Banyak perempuan tidak akan merasakan gerakan yang berbeda selama sore yang sibuk, jadi saya sarankan untuk memantau janin pada saat Mama tahu dia aktif dan ketika tidak ada gangguan lain, seperti di malam hari, " dia berkata. "Jika gerakan menjadi sangat berkurang atau tidak ada, mama harus memberi tahu dokter agar dilakukan pemeriksaan."

Jadi, gerakan janin juga penting untuk perkembangan otaknya dan memetakan lingkungannya, Ma. Kenali kebiasaan janin sehingga Mama dapat segera mengetahui jika ada yang tidak beres.

Itu penjelasan tentang alasan janin menendang di dalam kandungan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan ya, Ma.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk