Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit, Apakah Ini Normal?

Gerakan dan tendangan janin menjadi hal yang ditunggu ibu hamil

21 Juli 2021

Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit, Apakah Ini Normal
Unsplash/Ashton Mullins

Gerakan dan tendangan janin adalah salah satu hal yang menggembirakan selama kehamilan. Menurut Raul Artal, M.D., kepala departemen kebidanan, kandungan dan kesehatan perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas St. Louis, janin mulai bergerak sejak awal.

Dengan USG, Mama dapat melihat beberapa gerakan ketika kehamilan memasuki usia 6-8 minggu. 

Meski begitu, Mama mungkin tidak akan merasakan bayi bergerak selama beberapa minggu ke depan, karena janin masih terlalu kecil untuk memberikan tendangan yang nyata.

Namun ketika gerakan dan tendangan janin mulai dapat dirasakan, Mama malah merasakan sakit akibat tendangan itu. Normalkah tendangan janin menimbulkan rasa sakit? Yuk, simak jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit, Normalkah?

Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit, Normalkah
Unsplash/Derick McKinney

Jawabannya ya. Tidak diragukan lagi ibu hamil akan menganggap jika gerakan janin menarik tetapi mungkin ada saat-saat ketika Mama akan mengalami beberapa tingkat rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Gerak-gerik dan tendangan yang terus-menerus bisa membuat stres, tetapi biasanya itu bukan pertanda ada yang tidak beres. Faktanya, gerakan janin mungkin merupakan tanda bahwa ia baik-baik saja.

Editors' Picks

Penyebab Mengapa Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit dan Ketidaknyamanan

Penyebab Mengapa Tendangan Janin Menimbulkan Rasa Sakit Ketidaknyamanan
Unsplash/Taylor Kopel

Selama trimester kedua, otot-otot janin yang sedang tumbuh menjadi lebih kuat, membuat gerakannya lebih bertenaga. Ini dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tulang rusuk, perut, atau vagina saat ia menggeliat dan menendang.

Rasa sakitnya mungkin konstan dan terasa seperti tusukan (kram samping), atau bisa juga tajam dan menusuk. Gerakan janin juga bisa terasa seperti seolah-olah dia sedang berlatih akrobat, yang bisa menjadi sensasi yang aneh dan intens.

Apa yang Mama rasakan akan bergantung pada di mana janin berada dan bagaimana dia bergerak. Tapi yakinlah bahwa semua sensasi ini normal.

Saat ibu hamil mendekati akhir kehamilan, janin memiliki lebih sedikit ruang untuk bergerak. Jadi, Mama mungkin mulai merasakan setiap gerakan kecil. Sebagian besar ibu hamil akan mengalami tendangan tajam di tulang rusuk atau tusukan tiba-tiba di perut di beberapa titik. Untungnya, tahap ini tidak akan berlangsung lama.

Tips Mengatasi Rasa Tidak Nyaman dan Sakit akibat Gerakan Janin

Tips Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Sakit akibat Gerakan Janin
Unsplash/Somnox Sleep

Jika janin tetap dalam posisi yang sama untuk sementara waktu, Mama mungkin mendapati bahwa itu membuat area tertentu di tubuh sakit atau tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan rasa sakit:

  • Cobalah berbaring miring. Ini dapat membantu mengurangi tekanan.
  • Cobalah berlutut dengan posisi merangkak beberapa kali sepanjang hari selama beberapa menit setiap kali. Ini dapat mendorong janin untuk pindah ke posisi yang berbeda.

Jika teman-teman mama yang sedang hamil tampaknya merasa lebih tidak nyaman daripada Mama, atau sebaliknya, cobalah untuk tidak khawatir. Selalu ingat, setiap kehamilan berbeda.

Sebaiknya Mama membiasakan diri dengan pola gerakan unik janin sendiri. Dengan cara ini Mama dapat mengetahui apa yang normal dan tidak. Jadi jika Mama merasakan sesuatu yang tidak biasa, Mama dapat segera mengambil tindakan.

Kapan Harus ke Dokter?

Kapan Harus ke Dokter
Pexels/mart production

Meskipun rasa sakit yang terkait dengan gerakan janin biasanya tidak perlu dikhawatirkan, Mama sebaiknya segera ke dokter  bila mengalami gejala berikut:

  • Sakitnya parah,
  • berlangsung sebentar,
  • memiliki gejala lain,
  • Mama memiliki kekhawatiran tentang gerakan janin.

Dokter akan memeriksa bagaimana keadaan Mama dan dapat meyakinkan bila semuanya normal.

Tendangan dan gerakan janin adalah salah satu tanda bahwa janin tumbuh dengan baik, Ma. Meski kadang membuat tidak nyaman, ini pertanda baik, Ma. Jadi, nikmatilah gerakan si Kecil selama berada di dalam perut mama.

Itulah penjelasan mengenai normalkah gerakan janin menimbulkan rasa sakit. Apakah Mama juga sering merasakan sakit akibat tendangan janin?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.