Penuhi Kebutuhan, Ini 5 Rekomendasi Suplemen Kalsium untuk Ibu Hamil

Penuhi kebutuhan kalsium selama hamil dengan suplemen, Ma

17 Juni 2020

Penuhi Kebutuhan, Ini 5 Rekomendasi Suplemen Kalsium Ibu Hamil
freepik.com/user14699452

Ketika hamil, tubuh mama membutuhkan banyak nutrisi. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh mama, nutrisi juga dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin. Salah satu nutrisi yang Mama butuhkan adalah kalsium.

Ini merupakan mineral penting yang dapat membangun serta memelihara kesehatan tulang. Kalsium membentuk tulang dan gigi yang kuat, membentuk organ hati, saraf, dan otot yang sehat pada janin. Selain itu, kalsium selama kehamilan juga dapat mengembangkan irama jantung janin yang normal dan kemampuan pembekuan darah. 

Bagi ibu hamil, kalsium dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Kekurangan kalsium pada masa kehamilan bisa menyebabkan kelahiran prematur atau bahkan kematian janin saat persalinan. 

Selain dari makanan, Mama dapat memenuhi asupan kalsium dengan mengonsumsi suplemen. Sebelum memilih suplemen yang tepat, berikut Popmama.com berikan lima rekomendasi suplemen kalsium untuk ibu hamil:

1. Calcium Lactate

1. Calcium Lactate
shopee.com

Calcium Lactate adalah obat atau suplemen yang berfungsi untuk mencegah serta mengatasi kadar kalsium yang rendah di dalam darah. Suplemen ini bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan.

Tidak hanya itu, suplemen ini juga dapat digunakan sebagai penambah kalsium bagi mereka yang butuh kalsium lebih seperti ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang memasuki masa menopause.

Harga: Rp 15.000

Editors' Picks

2. Osfit DHA

2. Osfit DHA
Tokopedia.com

Osfit DHA merupakan suplemen untuk ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini merupakan produk konsumen yang dijual secara bebas dan mengandung kalsium karbonat, tuna fish oil (DHA), vitamin D3 sebagai zat aktif.

Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan. Selain itu, janin juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhannya sehingga suplementasi kalsium sangat dibutuhkan.

Osfit DHA dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan DHA mama selama kehamilan dan menyusui. Mama juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti memelihara fungsi sel yang mendasar dan meningkatkan mineralisasi rangka tulang, mendorong perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan pada janin.

Harga: Rp 159.000

3. Calcifar

3. Calcifar
shopee.com

Calcifar adalah suplemen dengan fungsi untuk mencegah atau mengatasi kadar kalsium yang rendah dalam tubuh. Suplemen ini juga dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting dalam tubuh yang berfungsi menggabungkan sistem saraf dan otot. Tidak hanya itu, kalsium juga turut serta menjaga fungsi normal jantung.

Calcifar membantu Mama menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga kadar kalsium dalam darah tetap tercukupi. Sehingga cocok untuk dikonsumsi Mama selama masa kehamilan ini.

Harga: Rp 30.000

4. Licokalk

4. Licokalk
shopee.com

Licokalk adalah suplemen makanan yang mengandung kalsium laktat (500 mg). Kalsium laktat digunakan untuk suplemen pertumbuhan badan, tulang dan gigi, terutama pada anak-anak, ibu hamil, dan menyusui.

Licokalk juga biasanya digunakan oleh ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Meski dijual bebas, sebaiknya Mama berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Selama mengonsumsi Licokalk, Mama mungkin mengalami beberapa efek samping seperti:

  • Gangguan pencernaan,
  • jantung berdetak lebih cepat dari biasanya atau sebaliknya,
  • peningkatan volume urine,
  • mulut terasa kering.

Harga: Rp 35.000

5. Cavit D3

5. Cavit D3
Tokopedia.com

Cavit D3 adalah suplemen kalsium yang dibutuhkan saat hamil dan menyusui. Suplemen ini juga dapat digunakan untuk pencegahan osteoporosis saat menopause.

Manfaat Cavid D3 yang utama adalah untuk mineralisasi tulang. Kandungan vitamin D3 dan kalsium yang ada dapat membantu tulang mendapatkan mineral yang cukup.

Tulang yang mendapatkan asupan mineral memadai memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan. Pertumbuhan tulang pun menjadi lebih optimal.

Konsumsi suplemen ini dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala, pusing, dan mual. 

Konsumsi suplemen kalsium selama kehamilan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Rekomendasi tersebut memiliki tujuan agar kebutuhan kalsium janin dan mama terpenuhi.

Harga: Rp 20.200

Itulah lima rekomendasi suplemen kalsium yang bisa Mama konsumsi selama hamil. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen kalsium, konsultasikan dulu dengan dokter. Dokter akan memeriksa kondisi mama dan menyarankan suplemen yang tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.