Wajib Dikonsumsi, Ini 3 Manfaat Probiotik untuk Ibu Hamil

Bukan cuma ibu hamil, janin juga mendapat manfaat dari probiotik, Ma

15 Juni 2020

Wajib Dikonsumsi, Ini 3 Manfaat Probiotik Ibu Hamil
Freepik/nensuria

Selama masa kehamilan, Mama harus selalu menjaga kesehatan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu yang berperan penting dalam menjaga kesehatan adalah mikroba usus, yaitu kelompok bakteri yang menghuni usus.

Dengan campuran bakteri menguntungkan yang berkembang, mikrobioma usus kita dapat menjaga kita tetap sehat. Bakteri baik bermanfaat untuk mencerna makanan serta memproduksi berbagai zat gizi hasil dari pencernaan.

Pencernaan merupakan sistem tubuh yang memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan pencernaan disebut sebagai organ kedua terpenting setelah otak. Bukan hanya memengaruhi kesehatan fisik, pencernaan juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Bagaimana caranya untuk meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan, terutama saat hamil? Probiotik adalah salah satu cara untuk membantu meningkatkan bakteri baik di usus kita.

Apa itu probiotik dan manfaatnya bagi ibu dan janin? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini.

Apa itu Probiotik?

Apa itu Probiotik
Pixabay/Neupaddy

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat menawarkan manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Mama bisa mendapatkan probiotik dari makanan fermentasi seperti yoghurt atau dari suplemen.

Penelitian tentang manfaat kesehatan dari penggunaan probiotik berkembang dengan sangat cepat. Probiotik dapat membantu mengatur pergerakan usus, mencerna makanan, dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi probiotik selama hamil juga baik untuk ibu dan janin. Berikut tiga manfaat probiotik untuk Mama selama hamil:

Editors' Picks

1. Mengurangi risiko alergi makanan dan eksim

1. Mengurangi risiko alergi makanan eksim
freepik.com

Mengonsumsi probiotik dapat menurunkan risiko terjadinya alergi pada makanan tertentu dan eksim. Eksim adalah prekursor untuk berbagai kondisi seperti alergi makanan dan asma, jadi sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan. Mama dapat mencegahnya dengan mengonsumsi probiotik saat hamil.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa pada ibu hamil yang mengonsumsi probiotik, anak-anaknya memiliki risiko 22 persen lebih rendah terkena eksim. Selain itu, mereka juga memiliki risiko yang lebih rendah terhadap intoleransi laktosa.

2. Menurunkan risiko diabetes gestasional pada ibu hamil

2. Menurunkan risiko diabetes gestasional ibu hamil
Freepik/xb100

Probiotik dapat mengurangi risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional memengaruhi satu dari 10 kehamilan dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi ibu dan janin.

Ada beberapa uji klinis mengenai penggunaan probiotik pada ibu hamil dengan diabetes gestasional dan hasilnya sejauh ini terlihat menjanjikan. Konsumsi probiotik pada wanita dengan diabetes gestasional dapat secara signifikan mengurangi resistensi insulin. Diabetes gestasional menyebabkan tubuh menjadi lebih resisten terhadap insulin. Kondisi ini menyebabkan tubuh sulit untuk membersihkan kelebihan glukosa dari darah. Sehingga konsumsi probiotik diperlukan untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

3. Menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan

3. Menurunkan risiko terjadi komplikasi kehamilan
Freepik/Praisaeng

Manfaat lainnya untuk ibu hamil adalah menurunkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan, terutama preeklampsia dan kelahiran prematur.

Sebuah penelitian di Norwegia menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama kehamilan dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk mengalami preeklampsia dan kelahiran prematur. Pengamatan dilakukan pada sekitar 70.000 kelahiran. Ketika probiotik dipakai pada akhir kehamilan, risiko preeklampsia berkurang 20 persen dan 27 persen untuk kelahiran prematur.

Makanan yang Mengandung Probiotik

Makanan Mengandung Probiotik
i0.wp.com

Mama bisa memperoleh probiotik melalui suplemen atau makanan. Berikut makanan dan minuman yang mengandung probiotik alami:

  • Yoghurt dan minuman yoghurt.
  • Kefir.
  • Kimchi.
  • Kombucha.
  • Miso dan tempe.
  • Acar timun.
  • Beberapa jenis keju, seperti gouda, mozzarella, cheddar, dan cottage.

Berapa banyak probiotik yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil? Tidak ada ketentuan batas rekomendasi harian dari asupan probiotik. Bicarakan dengan dokter kandungan atau bidan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi probiotik.

Itulah informasi mengenai probiotik dan manfaatnya untuk ibu hamil. Semoga Mama semakin bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.