Waspadai 5 Masalah Penglihatan yang Sering Terjadi Saat Hamil

Perubahan hormon tak hanya berdampak pada kondisi kulit, melainkan juga penglihatan Mama

16 April 2020

Waspadai 5 Masalah Penglihatan Sering Terjadi Saat Hamil
Freepik

Kehamilan merupakan masa di mana Mama akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari ukuran pakaian yang membesar, muncul masalah kulit di mana-mana, nafsu makan bertambah, dan beberapa perubahan lainnya.

Bukan hanya perubahan pada bentuk tubuh, sebagian Mama juga merasakan kualitas penglihatan yang berkurang. Hmm, apakah hal ini benar-benar terpengaruh karena kehamilan atau kah hanya sekadar mitos? 

Berikut Popmama.com mengulas mengenai beberapa gangguan penglihatan saat hamil, dilansir dari parentinghealthybabies.com:

1. Penglihatan kabur

1. Penglihatan kabur
Freepik/freepik

Selama kehamilan, tubuh Mama bisa mengalami edema. Edema adalah pembengkakan yang terjadi akibat cairan yang tertimbun dalam jaringan anggota tubuh. Saat hamil, edema bisa terjadi pada kornea mata yang menebal. Hal ini bisa menyebabkan perubahan ringan pada penglihatan berupa pandangan kabur. 

Untuk mengatasinya, Mama mungkin membutuhkan kacamata yang dikenakan sementara selama kehamilan. Setelah melahirkan, kemungkinan penglihatan akan kembali normal.

2. Mata kering

2. Mata kering
Freepik

Saat hamil, hormon Mama akan mengalami perubahan. Hal ini berdampak pula pada jumlah dan kualitas air mata. Akibatnya, Mama akan merasakan mata lebih kering daripada sebelumnya. Saat mata kering, mungkin Mama merasakan sensasi seperti ada pasir di mata hingga mata terasa panas seperti terbakar.

Mama bisa menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata kering. Jangan lupa juga untuk berkedip lebih sering untuk meningkatkan produksi air mata.

Editors' Picks

3. Akibat penggunaan lensa kontak

3. Akibat penggunaan lensa kontak
Freepik

Ketika memakai lensa kontak, mata akan membutuhkan pelumas lebih banyak. Ini dikarenakan lensa kontak cenderung menyebabkan mata jadi lebih kering sehingga terasa tak nyaman. 

Pada ibu hamil, dokter menyarankan untuk menggunakan kacamata ketimbang lensa kontak. Selain itu, saat hamil mungkin kornea mata membengkak akibat edema yang membuat mata Mama semakin terasa tak nyaman.

4. Skotoma

4. Skotoma
Freepik

Banyak ibu hamil yang mengeluh karena melihat munculnya bintik-bintik hitam dalam pandangan mereka. Kondisi ini dikenal sebagai skotoma. 

Skotoma atau bintik buta merupakan tanda adanya preeklampsia atau komplikasi terkait kehamilan lainnya yang menyebabkan peningkatan tekanan darah. Gangguan ini mempengaruhi jarak pandang seseorang, tetapi dapat kembali normal setelah melahirkan.

5. Retinopati diabetik

5. Retinopati diabetik
Unsplash/Daria Svetsova

Apabila Mama menderita diabetes, ada kemungkinan Mama akan mengalami retinopati diabetik selama kehamilan. Perdarahan atau kebocoran cairan dari retina merupakan bentuk paling parah dari retinopati diabetik, yang menyebabkan penglihatan kabur bahkan kebutaan.

Mencegah masalah penglihatan selama kehamilan

Mencegah masalah penglihatan selama kehamilan
Freepik

Jika Mama mengalami masalah penglihatan selama kehamilan, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Agar Mama tidak mengalami masalah penglihatan, sebaiknya Mama melakukan tindakan pencegahan berikut ini:

  • Hindari menggunakan lensa kontak selama kehamilan karena perubahan bentuk kornea terjadi akibat retensi cairan dalam tubuh.
  • Gunakan kacamata agar penglihatan lebih nyaman.
  • Rutin latihan mata untuk membantu menjaga penglihatan tetap prima. Dokter akan menunjukkan latihan mata yang bisa dilakukan sendiri di rumah.
  • Tidur yang nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu langkah preventif yang paling penting.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.