Ibu Hamil Tertawa Terbahak-bahak, Apakah Membahayakan Janin?

Tertawa bisa memperbaiki suasana hati saat hamil

1 Maret 2024

Ibu Hamil Tertawa Terbahak-bahak, Apakah Membahayakan Janin
Freepik/Lookstudio

Ibu hamil selalu berhati-hati dalam setiap melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini karena takut jika aktivitas yang dilakukan bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Membaca buku, menonton film, dan mengobrol bersama teman atau keluarga menjadi aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menghilangkan rasa bosan. Kegiatan tersebut juga bisa menjadi hiburan bagi ibu hamil agar tidak stres.

Ketika menemukan suatu hal yang lucu dan merasa terhibur, ibu hamil bisa tertawa terbahak-bahak. Namun, ada beberapa dari Mama yang mungkin merasa khawatir jika ingin tertawa terbahak-bahak karena takut bisa membahayakan janin.

Ibu hamil tertawa terbahak-bahak, apakah membahayakan janin? Berikut Popmama.com telah rangkum jawabannya. 

Ibu Hamil Tertawa Terbahak-bahak, Apakah Membahayakan Janin?

Ibu Hamil Tertawa Terbahak-bahak, Apakah Membahayakan Janin
Pexels/Nappy

Mengutip dari FirstCry Parenting, tertawa terbahak-bahak saat hamil aman dan tidak akan membahayakan janin di dalam kandungan. Tertawa terbahak-bahak memang bisa memberikan guncangan pada janin, tapi hal tersebut bukan sesuatu yang berbahaya.

Tertawa saat hamil justru dapat melepaskan hormon stres dan bisa membuat tubuh tetap sehat. Jadi, tidak perlu menahan tawa jika ada sesuatu yang membuat Mama terhibur, ya.

Meski begitu, penting juga untuk Mama tetap waspada ketika sedang tertawa terbahak-bahak. Pastikan Mama tidak melompat-lompat dan tetap jaga keseimbangan saat tertawa agar tidak jatuh, terutama jika Mama sedang duduk di kursi.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak tertawa secara berlebihan dan keras agar tidak kesulitan bernapas setelahnya.

Manfaat Tertawa saat Hamil

Manfaat Tertawa saat Hamil
Freepik/lookstudio

Tertawa memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil dan bayi. Mengutip dari FirstCry Parenting, berikut beberapa manfaat tertawa saat hamil:

  • Mengurangi kemungkinan depresi saat hamil

Selain merasa senang, kehamilan juga bisa membuat ibu hamil merasa cemas dan stres. Mengingat ibu hamil tidak diperbolehkan minum obat antidepresan, maka tertawa bisa jadi solusinya. Tertawa saat hamil bisa membantu memperbaiki suasana hati dan secara bertahap akan mengurangi gejala depresi.

  • Membantu perkembangan bayi

Bayi bisa merasakan suasana hati ibunya. Jadi, bayi bisa menjad lebih aktif bergerak dan berkembang lebih baik ketika ia merasakan bahwa ibunya juga bahagia dan ceria.

  • Mengurangi risiko bayi lahir prematur

Kekebalan tubuh ibu hamil akan meningkat jika merasa bahagia dan tertawa. Saat ibu hamil memiliki kekebelan tubuh yang kuat, bakteri dan kuman tidak akan mampu masuk ke dalam tubuh.

Perlu Mama ketahui bahwa terkena infeksi kuman dan bakteri selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi hal paling berbahaya bagi ibu hamil karena dapat  menyebabkan berbagai komplikasi seperti preeklampsia. Dengan perasaan yang bahagia dan tertawa, tekanan darah bisa terkendali dan menurunkan risiko preeklamsia.

  • Mengurangi nyeri kehamilan

Saat hamil ada beragam keluhan yang dirasakan, mulai dari mual, sakit kepala, sakit pinggang, dan lain sebagainya. Nah, tertawa ini membuat pikiran teralihkan dari rasa nyeri yang dirasakan. Dapat dikatakan jika tertawa menjadi penghilang rasa sakit alami.

Hal yang Dirasakan Janin saat Ibu Hamil Tertawa

Hal Dirasakan Janin saat Ibu Hamil Tertawa
freepik/freepik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Association for Psychological Science menemukan bahwa janin yang sudah berusia enam bulan akan bisa merasakan emosi yang sedang dirasakan oleh sang ibu. Jadi, ketika Mama sedang bahagia dan tertawa maka si Kecil juga ikut merasakan bahagia.

Nah, tertawa terbahak-bahak juga akan merangsang janin menjadi bersemangat dan lebih aktif untuk bergerak. Hal ini karena saat tertawa tubuh dan perut akan otomatis bergerak.

Lalu, mengutip dari Romper, ibu hamil yang lebih positif dan bahagia selama kehamilan juga akan memiliki bayi dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah dan nantinya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi stres.

Nah, jadi tertawa terbahak-bahak itu tidak membahayakan janin, Ma. Tertawa justru bermanfaat bagi janin. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

The Latest