Ketahui 4 Penyebab Gangguan Tidur Ibu Hamil Berikut Cara Mengatasinya

Tidur dengan nyenyak sangat penting lho untuk kesehatan Mama dan janin

15 Juni 2018

Ketahui 4 Penyebab Gangguan Tidur Ibu Hamil Berikut Cara Mengatasinya
gbcmag.com

Saat kehamilan trimester ketiga, keluhan ibu hamil pada umumnya semakin bertambah. Salah satunya adalah gangguan tidur ibu hamil yang sering terjadi saat perut bertambah besar. Seperti dikutip dari whattoexpect.com, susah tidur dialami 75 persen ibu hamil di dunia.

Sebab rahim yang semakin membesar memengaruhi keterbatasan kerja organ-oragan tubuh lainnya.

Gangguan tidur hamil mulai dirasakan pada kehamilan trimester kedua, tapi puncaknya terjadi di kehamilan trimester ketiga.

Jangan mengabaikan masalah kehamilan ini lho Ma, sebab sebuah laporan penelitian di Amerika menyebutkan gangguan tidur ibu hamil berpotensi menyebabkan komplikasi saat melahirkan. Jadi Mama perlu mengatasinya.

Gangguan tidur ibu hamil bisa diatasi jika Mama mengetahui penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab yang mengganggu kenyamanan tidur Mama saat hamil trimester ketiga.

1. Kram kaki

1. Kram kaki
babymonitor.org

Kram kaki saat hamil sering dialami banyak perempuan saat kehamilan trimester ketiga. Sebab beban berat badan Mama yang semakin besar memengaruhi tekanan pada otot dan saraf kaki.

Rahim yang semakin besar juga akan menekan saraf dan pembuluh darah yang mengakibatkan kaki jadi bengkak dan kram. Ibu hamil yang kekurangan kalsium dan magnesium saat hamil juga memicu kram kaki.

Cara mengatasi:  Lakukan peregangan otot betis atau kaki sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari. Cara ini bisa membantu Mama mengurangi seberapa sering kram kaki dirasakan. Merendam kaki di air hangat juga bisa jadi solusi.

Tingkatkan asupan kalsium, magnesium, dan potassium seperti konsumsi yogurt dan banana smoothie serta banyak minum air putih. Mintalah Papa untuk memijat lembut kaki agar otot-otot menjadi lentur dan mengurangi rasa kram sehingga Mama bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Ketahui Takaran Zat Besi yang Aman untuk Ibu Hamil

2. Sakit punggung

2. Sakit punggung
medimetry.com

Sakit punggung saat hamil tidak hanya mengganggu aktivitas Mama setiap hari, bahkan waktu tidur pun jadi nggak berkualitas. Keluhan ini terjadi karena perut yang semakin buncit membuat postur tubuh Mama condong kedepan dan mengakibatkan nyeri pada punggung.

Perubahan hormon dan ligamen tulang bahkan stres juga menyebabkan punggung sakit.

Cara mengatasi: Gunakan maternity belt atau sabuk penyangga perut saat beraktivitas. Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, ganjal perut dengan bantal dan letakkan juga diantara dua kaki sambil lutut ditekuk. Dengan begitu sakit punggung bisa berkurang dan tidur nyenyak akan Mama dapatkan.

Baca Juga: Maternity Tights: Legging Kehamilan Terfavorit untuk Ibu Hamil

Editors' Picks

3. Sesak napas

3. Sesak napas
totalgymdirect.com

Sesak napas bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, tapi banyak ibu hamil sering mengalaminya pada trimester ketiga. Sesak napas saat hamil terjadi karena rahim yang semakin membesar membuat kerja difragma pada pernapasan perut terbatas.

Otomatis pernapasan dada lebih dominan dan kapasitas paru-paru lebih sempit sehingga oksigen yang dihirup hanya sedikit. Alhasil Mama jadi sesak napas dan hal ini mengganggu kenyamanan saat tidur.

Cara mengatasi: Posisikan tubuh Mama senyaman mungkin saat tidur. Ganjalah punggung dengan bantal atau guling pada posisi tubuh dengan kemiringan 45 derajat. Buatlah posisi tubuh bagian atas lebih tinggi untuk mempermudah proses pernafasan.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Heartburn

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Heartburn Selama Kehamilan Trimester Kedua

4. Stres

4. Stres
livestrong.com

Kehamilan trimester ketiga biasanya banyak ibu hamil yang mengalami stres akibat berbagai kekhawatiran. Keluhan ini pun menimbulkan gangguan tidur ibu hamil. Selain perubahan hormon, stres juga disebabkan kekhawatiran Mama dengan proses persalinan, kesehatan bayi, kondisi finansial, dan hal-hal lain.

Stres pada kehamilan menjelang persalinan haruslah diatasi, sebab sangat berpotensi pada komplikasi persalinan dan berdampak buruk pada janin. Cobalah mengikuti senam hamil atau yoga prenatal untuk mengatasi stres dan bisa membantu Mama mendapatkan tidur lebih berkualitas.

Tidur berkualitas sangat penting untuk ibu hamil di kehamilan trimester ketiga guna persiapan persalinan mendatang. Untuk menghindari gangguan tidur ibu hamil, disarankan Mama mengurangi asupan cairan setelah jam 7 malam, terutama yang mengandung kafein. Mintalah pasangan memijat leher, bahu, dan kaki agar saraf menjadi rileks sehingga membantu Mama tidur dengan cepat.

Jangan terlalu banyak tidur di siang hari, lakukan aktivitas sewajarnya. Olahraga ringan dan teratur seperti berenang dan berjalan kaki juga bisa memperbaiki kualitas tidur Mama. Pada dasarnya Mama hanya perlu mengetahui penyebab kesulitan tidur dan mencari solusinya, jika perlu konsultasi pada dokter.

Topic: