7 Bahan Alami untuk Mengatasi Heartburn

Bahan alami memang selalu dapat diandalkan dan aman juga untuk ibu hamil

20 Maret 2018

7 Bahan Alami Mengatasi Heartburn
doktorz.org

Mungkin sebagian dari Mama pernah atau sedang mengalami heartburn saat kehamilannya memasuki trimester kedua.

Heartburn atau rasa panas yang menjalar di bagian dada atau bahkan tenggorokan, terjadi karena asam lambung yang naik. Biasanya hal ini diakibatkan karena perubahan hormon pada tubuh saat hamil, bayi di dalam kandungan bertambah besar sehingga menekan asam lambung hingga naik, atau bisa juga karena kebiasaan makan makanan tidak sehat selama hamil.

Meski heartburn wajar terjadi pada ibu hamil, tentu Mama tidak ingin rasa tidak enak ini mengganggu kehamilan Mama.

Untuk mengatasi heartburn, biasanya Mama dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung gas, tidak mengonsumsi kafein, makan sedikit-sedikit tapi sering, dan memposisikan kepala lebih tinggi dibanding badan saat tidur.

Untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat terkena heartburn, ada beberapa bahan alami yang bisa Mama buat sendiri di rumah.

1. Apel & Chamomile

1. Apel & Chamomile
marymakesdinner.typepad.com

Apel merupakan buah yang sangat bagus sebagai obat antisida alami. Kandungan yang terdapat di dalam apel dapat menetralisir asam lambung dan baik dikonsumsi jika Mama memang memiliki penyakit asam lambung.

Selain apel, teh chamomile juga dapat menetralisir asam lambung. Selain itu orang yang mengkonsumsi teh chamomile secara rutin dipercaya juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman lambung.

Jadi dapat mencegah heartburn terjadi.

Karena kedua bahan ini memiliki kesamaan, Mama dapat memilih antara apel atau teh chamomile untuk meredakan rasa sakit saat terjadi heartburn. Waktu konsumsi paling baik adalah malam hari, beberapa jam sebelum tidur.

 

2. Pisang

2. Pisang
scmp.com

Sama seperti apel, pisang juga mengandung antasida alami yang berperan sebagai penahan asam lambung.

Memakan pisang satu hari sekali, sebagai cemilan atau pengganjal lapar dapat menetralisir asam lambung berlebih.

Mama juga dapat mengkonsumsi pisang dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti oat atau buah lainnya, dan dapat dijadikan sarapan ataupun makan malam.

3. Air kelapa

3. Air kelapa
divalives.com

Air kelapa sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiatnya adalah untuk memperbaiki pencernaan serta menetralisir rasa asam di perut.

Air kelapa dipercaya dapat mengatur kadar pH dalam tubuh, mencegah asam lambung yang tinggi, serta memperbaiki metabolisme. Jadi dalam satu bahan alami yaitu air kelapa, selain bisa mencegah terjadinya heartburn, juga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan perut dan pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Editors' Picks

4. Almond

4. Almond
gtscrj.com

Almond sangat baik untuk pencernaan karena kandungan minyaknya yang tinggi dapat menetralkan asam lambung. Dilansir dari Reader's Digest, mencampurkan almond di setiap makanan, atau mengganti semua cemilan dengan almond, dapat menjadi obat alami paling baik untuk heartburn.

Tidak perlu mengonsumsi terlalu berlebihan, cukup 2-3 butir saja sudah dapat bekerja untuk menetralisir asam lambung. Konsumsi secara rutin, semakin sering akan semakin baik.

5. Madu

5. Madu
southernliving.com

Madu merupakan gula alami yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Selain itu ternyata madu juga dapat menetralisir asam lambung.

Mama dapat mengurangi konsumsi gula, dan menggantinya dengan madu untuk mencegah terjadinya heartburn. Selain itu, Mama juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain yang telah di sebutkan di atas seperti teh chamomile, atau untuk menjadi campuran pisang dan oat, dan campuran berbagai jenis minuman atau makanan lainnya.

6. Jahe

6. Jahe
drweil.com

Jahe merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Biasa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya juga dapat mengobati asam lambung. 

Kandungan di dalam jahe dapat menyerap asam lambung serta menenangkan saraf.

Nutrisi dan senyawa organik dalam jahe menunjukkan efek sedatif, sehingga mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman, serta menghilangkan peradangan dengan menjadi penahan asam.

Minum rebusan air jahe setiap kali Mama merasa kembung atau merasa asam lambung mulai terasa naik. Pastikan Mama sudah memakan makanan lain sebelum mengonsumsi air jahe ini. Karena perut yang kosong dapat memperparah asam lambung.

7. Cuka sari apel organik

7. Cuka sari apel organik
remediesforme.com

Mungkin terdengar aneh untuk mengonsumsi zat asam ketika mencoba untuk menyembuhkan keasaman dalam perut Mama. Tapi cuka sari apel dapat menjadi obat untuk asam lambung. Hal ini karena ada asam baik dan buruk dalam perut , dan cuka sari apel merupakan asam baik yang justru dapat menetralisir.

Mama dapat memilih untuk meminum cuka sari apel yang organik.

Karena tentu saja bahan organik jauh lebih aman dibanding yang bukan organik. Konsumsi setiap pagi sebelum sarapan, dengan cara melarutkan satu sendok cuka sari apel dengan 180 ml air mineral.

Namun, karena masih sedikit bukti ilmiah mengenai efektivitas cuka apel, Mama dapat mengonsultasikannya pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!