15 Pilihan Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Islami Modern 3 Kata

Yuk pilih-pilih nama terbaik untuk buah hati kesayangan Mama!

13 Maret 2019

15 Pilihan Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Islami Modern 3 Kata
Freepik/Freepic.diller

Memasuki trimester ketiga, waktunya persalinan sudah dekat. Ini berarti, sebentar lagi Mama akan bertemu dengan si Kecil, ya.

Nah, sudahkah Mama memilihkan nama yang cocok? Pemilihan nama saat ini bisa dipilih dari berbagai sumber referensi. Mulai dari bahasa, agama, bahkan hingga unsur budaya tertentu.

Setiap nama tentu disiapkan orang tua dengan berbagai harapan yang baik untuk masa depan anak-anaknya kelak.

Bagi Mama yang ingin menggunakan nama islami, berikut Popmama.com rangkum daftar rekomendasi rangkaian nama bayi laki-laki islami modern 3 kata:

1. Abil Daffa Muwaffaq

1. Abil Daffa Muwaffaq
Freepik/Prostooleh

Dalam nama islami, Abil memiliki arti rupawan, Daffa berarti pembela, sementara Muwaffaq berarti sukses. Jika digabungkan, nama ini memiliki makna anak laki-laki berparas rupawan yang selalu sukses dan menjadi pembela kebenaran serta keadilan.

Nama panggilan yang cocok pun bisa Abil maupun Daffa, keduanya sama-sama unik dan saat ini masih jarang digunakan, Ma.

Salah satu selebriti yang menggunakan nama ini yakni Mohammad Daffa Wardana. Bintang iklan sekaligus putra dari Marini Zumarnis ini juga memiliki nama panggilan Daffa.

2. Chairil Mihran Ghazzal

2. Chairil Mihran Ghazzal
Pixabay/MiguelRPerez

Chairil berarti kebaikan, Mihran merupakan nama salah seorang sahabat dari Rasulullah SAW, sementara Ghazzal juga merupakan nama seorang ahli Alquran.

Nama ini penuh dengan makna kebaikan, yang bisa diartikan sebagai anak laki-laki baik hati yang memiliki sifat seperti sahabat Rasulullah SAW dan diharapkan bisa menjadi ahli Alquran.

Nama panggilan yang bisa digunakan pun bermacam-macam, Ma. Bisa Chairil, Mihran, maupun Ghazzal sekaligus.

Chairil pernah digunakan sebagai nama tokoh sastra sekaligus tokoh penyair terkemuka, Chairil Anwar. Karya-karyanya selalu dikagumi sampai saat ini. Termasuk buku puisi ‘Aku’ yang sempat naik daun berkat film ‘Ada Apa dengan Cinta’.

3. Haykal Azril Ansa

3. Haykal Azril Ansa
Pixabay/Fujikama

Dalam islami, Haykal memiliki arti tinggi. Sementara itu, Azril artinya sempurna (nama lain dari Nazril) dan Ansa adalah senantiasa.

Rangkaian nama ini berarti anak laki-laki berkedudukan tinggi yang senantiasa sempurna. Nama panggilan yang cocok pun bisa dengan Haykal, Azril maupun Ansa, Ma.

Nama Haykal digunakan oleh pengusaha sekaligus selebriti muda, Haykal Kamil. Adik dari Zaskia Adya Mecca ini diketahui sudah menikah dengan Tantri Namirah dan dianugerahi anak perempuan bernama Khawla.

4. Kamil Nufail Zhafran

4. Kamil Nufail Zhafran
Pixabay/Profile

Kamil memiliki makna kebajikan dan kesempurnaan. Nufail pun memiliki arti yang tak kalah baik, yakni hadiah. Sementara itu, Zhafran memiliki arti keberuntungan.

Rangkaian nama ini berarti anak laki-laki sempurna hadiah dari Tuhan, yang hidupnya selalu penuh dengan keberhasilan dan keberuntungan.

Mama bisa menggunakan nama Kamil maupun Nufail sebagai nama panggilan untuk si Kecil. Nama ini pun kian populer setelah digunakan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

5. Farhan Abqary Zhafar

5. Farhan Abqary Zhafar
Pixabay/Qimono

Dari bahasa Arab, Farhan memiliki arti gembira. Abqary dari bahasa islami pun berarti pintar dan cerdas. Sementara Zhafar memiliki makna kemenangan.

Memberikan nama ini bisa menjadi harapan Mama kelak si Kecil akan tumbuh menjadi sosok laki-laki yang selalu gembira, cerdas dan hidupnya selalu dalam kemenangan.

Farhan dan Qary pun bisa menjadi nama panggilan yang cocok untuk si Kecil nanti, Ma. Nama ini sempat populer setelah digunakan oleh presenter sekaligus penyiar radio, Muhammad Farhan alias Farhan.

6. Malik Fazal Gafi

6. Malik Fazal Gafi
Pixabay/Pexels

Malik memiliki makna sebagai pemimpin atau raja. Sementara itu, Fazal memiliki arti baik hati dan ramah. Gafi yang merupakan bentuk pendek dari Ghaffar memiliki makna lembut hati.

Rangkaian nama ini memiliki arti seorang pemimpin yang baik hati dan ramah kepada semua orang, serta selalu lembut hati dalam berucap kata.

Malik, Fazal maupun Gafi pun sama-sama cocok untuk dijadikan sebagai nama panggilan ya, Ma. Salah satu tokoh yang menggunakan nama ini adalah salah satu Menteri Luar Negeri sekaligus mantan Wakil Presiden Indonesia yang ketiga, Adam Malik.

7. Muhammad Azwar Haidar

7. Muhammad Azwar Haidar
Freepik/Freepic.diller

Nama Muhammad cukup sering digunakan untuk anak laki-laki islami ya, Ma. Ini merupakan nama Rasulullah SAW. Sementara itu, Azwar memiliki arti rajin dan Haidar artinya singa.

Nama ini memiliki makna yang sangat baik, yakni sebagai anak laki-laki pemberani, sosok berhati mulia yang rajin dan selalu bisa menggapai kesuksesan.

Azwar pun cocok untuk dijadikan sebagai nama panggilan. Nama ini sempat digunakan oleh salah satu aktor senior sekaligus sutradara, Azwar AN.

Editors' Picks

8. Omar Sharim Maqil

8. Omar Sharim Maqil
Freepik/Bearfotos

Jika kali ini Mama mencari nama untuk anak pertama, nama Omar cocok diberikan karena memiliki arti anak pertama. Sharim berarti tegas dan Maqil berarti cerdas.

Ini berarti rangkaian nama tersebut bisa diartikan sebagai anak laki-laki pertama yang selalu mampu bertindak tegas dan memiliki kecerdasan luar biasa.

Omar dan Maqil pun bisa Mama jadikan sebagai nama panggilan yang unik untuk si Kecil.

Nama Omar kian populer setelah muncul aktor muda tampan bernama Omar Daniel dalam industri layar televisi. Ia adalah pemain sinetron, model sekaligus presenter.

9. Akhtar Qabeel Alfarezi

9. Akhtar Qabeel Alfarezi
Pixabay/Greyerbaby

Akhtar artinya yang terpilih, sementara itu Qabeel merupakan nama putra dari Nabi Adam. Alfarezi memiliki arti selalu bersemangat dalam bekerja.

Memberikan nama ini bisa menjadi harapan si Kecil menjadi sosok terpilih yang memiliki sifat seperti putra Nabi Adam, serta selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam berusaha.

Nama Akhtar pun cocok untuk dijadikan nama panggilan, Ma. Nama ini sempat digunakan oleh seorang ilmuwan sosial dan aktivis pengembangan Pakistan, Akhtar Hameed Khan.

10. Yusuf Fazal Hafla

10. Yusuf Fazal Hafla
Freepik/Prostooleh

Yusuf merupakan nama salah satu nabi yang memiliki paras tampan. Sementara itu, Fazal memiliki arti baik hati serta ramah. Hafla pun memiliki arti baik yakni jenius dan cerdas.

Rangkaian nama ini memiliki makna anak laki-laki yang berparas tampan, selalu ramah kepada semua orang dan cerdas dalam menjalani kehidupannya.

Nama Yusuf dan Fazal bisa Mama jadikan sebagai nama panggilan untuk sang buah hati.

Tokoh yang menggunakan nama ini di antaranya pendakwah Yusuf Mansur, pemain sepakbola Yusuf Mahardika, serta Wakil Presiden Indonesia saat ini, Jusuf Kalla.

11. Affan Mirza Sharim

11. Affan Mirza Sharim
Pexels/Victoria Borodinova

Nama Affan memiliki makna pendaki, sementara itu Mirza berarti anak yang baik. Sharim yang cocok dijadikan sebagai nama panggilan unik pun memiliki arti tegas dan berwibawa.

Rangkaian nama ini memiliki arti anak laki-laki yang baik hati, berwibawa dan selalu mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Affan merupakan nama salah satu tokoh politik dan sosial Indonesia, Affan Gaffar. Ia juga sempat menulis buku berjudul ‘Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi’.

12. Jamal Raid Maqil

12. Jamal Raid Maqil
Pexels/Samer Daboul

Jamal memiliki arti sebagai sosok indah dan rupawan. Sementara itu, Raid artinya pemimpin, Ma. Maqil sebagai nama yang unik pun memiliki makna pintar dan cerdas.

Memberikan nama ini bisa menjadi harapan dan doa tersendiri bagi Mama bahwa kelak si Kecil akan tumbuh menjadi anak laki-laki rupawan yang mampu bersikap tegas seperti pemimpin cerdas.

Nama Jamal dan Maqil pun cocok untuk dijadikan sebagai nama panggilan si Kecil. Nama ini digunakan oleh penyanyi dan aktor Indonesia, Jamal Mirdad. Selain itu, nama ini juga populer digunakan oleh atlet basket Kanada untuk Denver Nuggets, Jamal Murray.

13. Nizam Mihran Rasya

13. Nizam Mihran Rasya
Freepik/Freepic.Diller

Dalam bahasa islami Nizam memiliki arti pemimpin. Sementara itu, Mihran merupakan nama salah seorang sahabat Rasulullah SAW. Rasya (bentuk lain dari Rasha) artinya bangunan yang kokoh.

Rangkaian nama ini bisa berarti sebagai anak laki-laki berjiwa pemimpin yang terhormat dan berkedudukan tinggi dalam kehidupannya.

Nama Nizam maupun Rasya pun bisa Mama jadikan sebagai nama panggilan. Nah, nama ini sempat digunakan oleh seorang perdana menteri Kesultanan Seljuk dan cendekiawan keturunan Persia, yakni Nizham Al-Mulk.

14. Said Alman Daniyal

14. Said Alman Daniyal
Pexels/Pixabay

Nama Said memiliki arti kebaikan dan kehormatan. Alman pun memiliki makna yang serupa, baik hati dan bijaksana. Daniyal dalam bahasa islami memiliki arti pintar dan cerdas.

Memberikan nama ini bisa menjadi doa kelak anak laki-laki Mama tumbuh dewasa dengan sifat baik hati, terhormat, pintar dan cerdas.

Nama Said dan Alman pun bisa menajdi nama pilihan untuk panggilan si Kecil. Salah satu tokoh yang menggunakan nama ini adalah Ketua Umum Pengurus Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Sudirman Said, juga menggunakan nama ini, Ma.

15. Halim Rafif Syabani

15. Halim Rafif Syabani
Freepik/freepic.dillera

Nama Halim memiliki arti lemah lembut. Rafif artinya anak soleh dan berakhlak baik. Nah, Syabani artinya terkenal, Ma. Rangkaian nama ini berarti anak laki-laki soleh yang lemah lembut, serta selalu dikenal sebagai sosok yang baik hati.

Halim dan Rafif pun bisa dijadikan sebagai nama panggilan untuk si Kecil. Nama ini digunakan oleh pahlawan nasional Indonesia, Halim Perdanakusuma.

Demikian rangkuman daftar rekomendasi rangkaian nama bayi laki-laki islami modern 3 kata yang bisa Mama pilih. Adakah yang sudah menjadi favorit Mama?

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Temukan juga pilihan nama bayi lainnya!