5 Jenis Makanan untuk Mengatasi Anemia Ibu Hamil Secara Alami

Cegah anemia saat hamil dengan mengkonsumsi 5 jenis makanan ini ya, Ma!

27 November 2018

5 Jenis Makanan Mengatasi Anemia Ibu Hamil Secara Alami
Pixabay/PublicDomainPictures

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering diderita oleh ibu hamil. Berbeda dengan anemia biasa, anemia pada ibu hamil terjadi karena peningkatan volume darah yang dipengaruhi oleh hormon tubuh.

Hal ini menyebabkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah menurun drastis, sehingga terjadilah anemia.

Jika tidak segera ditangani, anemia dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi calon mama dan janin dalam kandungan. Calon mama yang menderita anemia cenderung lebih cepat lelah, lesu, mudah sakit dan bahkan meninggal apabila terjadi pendarahan saat proses persalinan.

Sementara pada janin, anemia dapat menyebakan kelahiran prematur, berat lahir rendah hingga kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Agar anemia tidak semakin parah, dokter kandungan biasanya akan meresepkan vitamin penambah darah. Namun, pada kasus anemia berat, kemungkinan calon mama perlu melakukan transfusi darah, terutama jika kadar hemoglobin dibawah 6 g/dL sementara waktu persalinan semakin dekat.

Meski demikian, calon mama juga bisa kok mengatasi anemia dengan cara alami, yakni dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan folat yang baik untuk meningkatkan sel darah merah.

Apa saja ya?

1. Daging sapi

1.	Daging sapi
Pixabay/Mikadago

Daging merah seperti daging sapi, daging kambing dan hati sapi atau ayam merupakan makanan penambah darah yang kaya akan zat besi.

Daging sapi misalnya, dalam 100 gr daging sapi merah terkandung 2,7 mg zat besi yang artinya sudah memenuhi 15% asupan harian yang disarankan. Sama halnya dengan hati sapi yang mengandung sekitar 6,5 mg zat besi.

Sebelum mengkonsumsinya, pastikan daging benar-benar matang ya, Ma, agar bebas dari kuman yang dapat membahayakan kesehatan janin.

2. Sayuran hijau

2.	Sayuran hijau
Pixabay/Jerzygorecki

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli juga memiliki kandungan zat besi dan mineral yang cukup tinggi. Namun, disarankan untuk tidak terlalu lama memasak bayam agar vitamin dan gizinya tidak hilang.

Editors' Picks

3. Buah dengan kadar air yang tinggi

3.	Buah kadar air tinggi
Pixabay/Pixel2013

Jenis buah yang memiliki kadar air yang tinggi, seperti jeruk, semangka, mangga dan lemon mengandung vitamin C yang penting untuk penyerapan zat besi dalam sel tubuh. Sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Buah lainnya seperti stroberi, apel dan delima juga banyak mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

Baca juga: Dampak Jika Mama Mengalami Anemia Saat Hamil

Baca juga: 3 Macam Anemia pada Ibu Hamil dan Dampak Buruknya

4. Buah bit

4.	Buah bit
Pixabay/Desertrose7

Beetroot atau lebih dikenal dengan buah bit ini termasuk dalam jenis umbi-umbian yang memiliki daging buah berwarna merah keunguan. Buah ini memiliki sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh, salah satunya untuk mengatasi anemia.

Dalam 100 gr buah bit terkandung 7,4 gr zat besi. Buah ini berkhasiat untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, membantu memproduksi sel-sel darah baru serta memperlancar peredaran darah. Itulah sebabnya buah ini ampuh untuk mengatasi anemia.

Namun, rasanya dan baunya yang hambar terkadang menjadi kendala bagi ibu hamil saat mengkonsumsinya. Disarankan untuk mengolah buah bit menjadi jus segar yang dicampur dengan gula dan jeruk nipis.

Baca juga: Makanan Alami Penguat Kandungan

5. Kuning telur

5.	Kuning telur
PIxabay/RitaE

Selain bergizi, kuning telur rupanya banyak mengandung zat besi. Mengkonsumsi telur dapat membantu menjaga kadar hemoglobin dalam darah tetap stabil.