Hati-Hati Mama! Ini Risiko dan Efek Samping Bila Kelebihan Asam Folat

Berlebihan juga tidak baik. Penuhi asam folat sesuai kebutuhan

15 April 2018

Hati-Hati Mama Ini Risiko Efek Samping Bila Kelebihan Asam Folat
Pixabay/kkolosov

Saat hamil, asam folat menjadi asupan utama yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi. Asam folat berguna untuk melindungi bayi dari cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

Namun, beberapa studi menyebutkan bahwa jumlah kadar asam folat yang tinggi dan berlebihan dalam tubuh juga memiliki efek samping bagi Mama yang sedang hamil maupun bayi.

1. Risiko gangguan spektrum autisme

1. Risiko gangguan spektrum autisme
Pixabay/RitaE

Suplemen asam folat memang diperlukan bagi ibu hamil yang membutuhkannya. Namun, sesuatu yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kadarnya memang tidak baik. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kelebihan asam folat terkait dengan risiko gangguan spektrum autisme pada bayi.

Dalam studi tersebut, ibu hamil yang memiliki tingkat folat sangat tinggi dalam darah hingga trimester ketiga, dua kali lebih mungkin melahirkan anak dengan autisme dibandingkan dengan ibu hamil dengan tingkat folat yang normal.

Namun, penelitian ini hanya menemukan hubungan dan tidak dapat membuktikan bahwa kadar folat yang tinggi menyebabkan peningkatan risiko autisme.

2. Risiko defisiensi kadar vitamin B12

2. Risiko defisiensi kadar vitamin B12
Freepik/katemangostar

Terlalu banyak asam folat dapat mempengaruhi pasokan vitamin B12 di dalam tubuh Mama. Padahal, kurangnya kadar vitamin B12 dalam tubuh bisa memungkinkan risiko terjadinya menyebabkan gejala kebingungan, demensia, atau gangguan pada sistem saraf. Hal tersebut juga bisa berdampak pada janin.

Meskipun kekurangan vitamin B12 tidak umum dialami oleh masyarakat, tetapi satu dari enam orang dinyatakan tidak mendapat cukup vitamin B12 atau tidak dapat menyerapnya secara efisien di dalam tubuh. Para vegetarian yang ketat juga cukup rentan mengalami kekurangan vitamin B12.

3. Gejala mual

3. Gejala mual
americanpregnancy.org

Seperti banyak suplemen dan obat-obatan lainnya, kadar asam folat yang melebihi dosis juga bisa memiliki efek samping, seperti mual karena naiknya tingkat keasaman lambung. Setelah melewati proses penyesuaian, mual bisa berhenti dengan sendirinya.

Jika Mama merasakan mual yang parah akibat asam folat hingga membuat hilangnya nafsu makan dan muntah, konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Editors' Picks

4. Sulit tidur

4. Sulit tidur
Freepik/bearfotos

Kesulitan tidur atau insomnia di malam hari bisa saja terjadi ketika Mama mulai mengonsumsi suplemen asam folat. Sementara itu, waktu tidur yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Perkembangan janin bisa terganggu bila Mama mengalami kurang tidur atau kurang istirahat.

Jadi bila keluhan ini sudah mengganggu, mintalah saran yang tepat dari dokter kandungan.

5. Diare

5. Diare
Freepik/mrsiraphol

Diare juga bisa terjadi akibat kadar asam folat yang tinggi di dalam tubuh, terutama bila asam folat didapat dari suplemen atau obat. Pastikan Mama minum air putih lebih banyak untuk menghindari kekurangan cairan atau dehidrasi yang akan mengganggu janin. Jika diare berlanjut, hubungi dokter.

6. Depresi

6. Depresi
Freepik/Dragana_Gordic

Depresi ringan ini bisa dikategorikan sebagai efek samping dari asam folat yang tidak serius dan hanya dalam beberapa waktu saja. Namun jika gejala berlanjut atau terasa berat, seperti kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai, Mama harus segera cari bantuan medis.

Berapa Dosis Asam Folat yang Dibutuhkan dalam Sehari?

Berapa Dosis Asam Folat Dibutuhkan dalam Sehari
Freepik/onlyyouqj

Ketika hamil, setiap harinya Mama harus mencukupi sekitar 600 hingga 800 mikrogram asam folat yang berasal dari vitamin atau sumber makanan yang mengandung asam folat. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan, seperti spina bifida.

Sedangkan bagi yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mencukupi 400 mikrogram asam folat setiap hari.

Selain melalui tambahan suplemen vitamin, kandungan folat bisa ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung, buah jeruk, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

 

Topic: