Hindari Hipertensi saat Hamil, Ini 6 Menu Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa berbahaya untuk ibu hamil

15 Mei 2021

Hindari Hipertensi saat Hamil, Ini 6 Menu Penurun Darah Tinggi
Freepik

Saat hamil tekanan darah bisa jadi berubah-ubah tergantung makanan yang dikonsumsi dan juga suasana hati dari ibu hamil.

Padahal, hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu hal yang harus dihindari saat sedang hamil. 

Tekanan darah yang tinggi juga bisa menjadi tanda dari salah satu gangguan kehamilan yaitu preeklampsia. Meski belum ada penyebab pasti dari gangguan ini, setidaknya Mama bisa menghindarinya jika sudah mendapati tanda-tandanya. 

Seringnya, trimester ketiga menjadi waktu paling krusial bagi ibu hamil. Di waktu tersebut, tekanan darah bisa saja tiba-tiba tinggi. Tak jarang juga dokter yang menyarankan menu yang bisa menekan tekanan darah. 

Prinsip utamanya adalah meningkatkan asupan nutrisi biji-bijian utuh, ikan, unggas dan kacang-kacangan. Perbanyak juga konsumsi buah, sayur dan produk susu rendah lemak. 

Kurangi garam, makanan dan minuman manis serta daging merah. Selain itu, kurangi juga makanan tinggi lemak jenh, kolesterol dan lemak trans.

Tak lupa, bantu juga dengan konsumsi makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Disusun Popmama.com, berikut menu-menu yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, termasuk pada ibu hamil.

1. Yoghurt

1. Yoghurt
Pixabay/EliasSch

Yoghurt merupakan turunan susu yang memiliki lemak rendah dan kaya kalsium. Dua zat ini merupakan perpaduan ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Mama bisa mengonsumsinya langsung, atau mencampurnya dengan potongan buah. Yang harus diperhatikan adalah, hanya konsumsi yoghurt yang plain tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya. 

2. Buah bit

2. Buah bit
Freepik

Buah yang satu ini mampu menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat. 

Bahkan menurut penelitian, mengonsumsi buah bit dalam jumlah tertentu mampu menurunkan tekanan darah dalam waktu cepat. 

Editors' Picks

3. Oatmeal

3. Oatmeal
Freepik

Gandum merupakan makanan hebat yang mampu menurunkan tekanan darah. Di mana oatmeal mengandung lemak yang rendah dan tinggi serat. Bahkan makanan ini mengandung rendah natrium yang penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Lagi-lagi, pastikan untuk mengonsumsi oatmeal dengan susu rendah lemak atau yoghurt. Atau, bisa juga menyeduhnya dengan air dan mengonsumsinya dengan buah potong. Hindari makan oatmeal dengan susu yang manis apalagi yang full cream.

4. Pisang

4. Pisang
Freepik

Kandungan postasium yang terdapat di pisang sangat baik untuk membuat tekanan darah di tubuh tetap stabil. Oleh karena itu, Mama bisa mengonsumsi pisang sebagai pengganti camilan yang tidak sehat. 

Beberapa saran penyajiannya adalah mengonsumsi langsung, atau mencampurnya dengan oatmeal dan jadi menu sarapan. 

5. Ikan salmon

5. Ikan salmon
Freepik/Valeria-aksakova

Pada dasarnya, kandungan lemak omega 3 mampu menurunkan tekanan darah. Ikan salmon adalah salah satu ikan dengan kandungan lemak omega 3 yang tinggi. 

Mama bisa membuat sup ikan salmon, atau memanggangnya. 

6. Minyak zaitun

6. Minyak zaitun
Freepik

Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang mampu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Mama bisa memasukkan minyak zaitun dalam menu sehari-hari. 

Misal, menumis dengan minyak zaitun, atau membuat salad dengan tambahan minyak zaitun. 

Jika tidak ingin repot, meminumnya langsung juga tak masalah. 

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.