Disukai oleh Janin, Ini 10 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Buah-buahan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin

15 Maret 2021

Disukai oleh Janin, Ini 10 Buah Bagus Ibu Hamil 8 Bulan
Freepik/user4265739

Kehamilan 8 bulan termasuk masa-masa yang paling mendebarkan untuk setiap ibu hamil. Pasalnya sebentar lagi, Mama akan menyambut kehadiran si Kecil.

Di usia kehamilan 8 bulan ini, janin di dalam kandungan akan semakin aktif bergerak di dalam perut. Perlu diingat bahwa pertumbuhannya sudah semakin sempurna di setiap organ tubuh si Kecil.

Demi mempersiapkan fisik yang optimal menjelang persalinan, maka ibu hamil perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi dan memiliki nutrisi tinggi. Buah menjadi salah satu makanan sehat yang bisa memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Dirangkum oleh Popmama.com dari berbagai sumber, berikut 10 buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil 8 bulan. 

Bisa menjadi pilihan saat mengonsumsi buah-buahan nih, Ma!

1. Anggur baik untuk perkembangan otak dan saraf janin selama dalam kandungan

1. Anggur baik perkembangan otak saraf janin selama dalam kandungan
Pexels/Luiz M Santos

Anggur termasuk salah satu buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil 8 bulan. 

Buah yang rasanya manis dan menyegarkan ini memiliki berbagai khasiat untuk janin di dalam kandungan. Anggur terbukti baik untuk perkembangan otak dan saraf serta mencegah terjadinya kecacatan organ. 

Hal ini dikarenakan anggur kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serat, asam folat, omega 3 dan kandungan lainnya yang baik untuk perkembangan janin. Namun, Mama sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.

Porsi yang disarankan, yakni maksimal 50 gram dalam sehari.

2. Manfaat manggis untuk proses perkembangan tulang pada janin

2. Manfaat manggis proses perkembangan tulang janin

Selain mempunyai berbagai khasiat untuk kecantikan rambut dan kulit, manggis termasuk buah yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil 8 bulan. 

Buah manggis memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, sehingga memberikan manfaat dalam proses perkembangan tulang janin. Selain itu, manggis juga mempunyai kandungan zat anti kanker. 

3. Berry dapat melancarkan pencernaan ibu hamil

3. Berry dapat melancarkan pencernaan ibu hamil
Freepik

Buah beri-berian seperti strawberry, blueberry dan raspberry dijuluki sebagai 'Super Fruit' karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Buah ini kaya akan karbohidrat, kalium, folat, potasium, serat serta kandungan vitamin C yang tinggi. Berbagai khasiat dari jenis buah ini, yakni dapat melancarkan pencernaan ibu hamil, mencegah kerusakan sel tubuh, mencegah anemia serta dapat menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh. 

Mama dapat mengonsumsi strawberry, blueberry ataupun raspberry dengan cara memakannya langsung atau bisa juga diolah menjadi jus.

4. Jeruk mampu menghilangkan rasa mual

4. Jeruk mampu menghilangkan rasa mual
Pixabay/pixel2013

Jeruk terbukti baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, fosfor, asam folat dan zat antioksidan.

Khasiat jeruk untuk janin di dalam kandungan pun cukup beragam. Asupan jeruk dengan porsi yang tepat selama hamil dapat mencegah terjadinya kerusakan sel, membantu perkembangan otak serta mencegah kecacatan pada bagian saraf dan tulang belakang bayi.

Sementara itu, berbagai manfaat jeruk untuk ibu hamil di antaranya mampu melancarkan pencernaan dan menghilangkan rasa mual.

Editors' Picks

5. Pisang mampu mengatasi sembelit

5. Pisang mampu mengatasi sembelit
Unsplash/Louis Hansel

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit dan bisa menganggu aktivitas keseharian. Jangan khawatir, buah pisang mampu mengatasi sembelit selama masa kehamilan. Hal ini karena pisang kaya akan serat, kandungan vitamin B6, vitamin C dan asam folat.

Selain itu, buah ini juga memiliki berbagai khasiat lain di antaranya, menambah energi, mencegah anemia serta dapat menjadi alternatif makanan saat sedang merasa mual.

Sementara ada manfaat yang bisa dirasakan oleh janin di dalam kandungan apabila ibu hamil mengonsumsi pisang, yakni membantu perkembangan saraf serta mengoptimalkan denyut jantung janin. 

6. Buah naga baik untuk penglihatan bayi saat lahir

6. Buah naga baik penglihatan bayi saat lahir
Freepik/dashu83

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil 8 bulan dan si Kecil setelah dilahirkan nanti. Buah ini kaya akan kandungan serat, asam folat dan zat besi.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil 8 bulan, yaitu dapat melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya anemia. Sementara itu, manfaatnya untuk janin pun beragam, yaitu baik untuk perkembangan penglihatan.

Perlu diingat bahwa ibu hamil dapat mengonsumsi buah naga secara langsung atau bisa menjadi salah satu bahan tambahan di dalam salad.

7. Alpukat dapat membantu perkembangan tulang belakang janin

7. Alpukat dapat membantu perkembangan tulang belakang janin
Pexels/Thought Catalog

Alpukat baik untuk perkembangan saraf otak dan jaringan pada janin di dalam kandungan. 

Buah yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil usia 8 bulan ini mampu membantu perkembangan tulang belakang janin, sehingga bisa tumbuh lebih sempurna. Mama juga dapat menikmati beberapa manfaat dari buah alpukat, di antaranya mengurangi rasa mual, mengatasi kram dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil pada usia kandungan 8 bulan.

Hal ini dikarenakan buah alpukat kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan berbagai kandungan vitamin lainnya yang bermanfaat untuk tubuh selama masa kehamilan. 

8. Kandungan serat apel baik untuk kekebalan tubuh Si Kecil

8. Kandungan serat apel baik kekebalan tubuh Si Kecil
Pexels/Mareefe

Buah apel termasuk yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Pada buah apel terdapat kandungan vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. 

Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk proses perkembangan janin dan kekebalan tubuhnya. Sementara itu, manfaat buah apel untuk ibu hamil yaitu dapat mencegah sembelit dan melancarkan proses pencernaan selama masa kehamilan. 

9. Mangga dapat menangkal zat radikal bebas pada tubuh ibu hamil

9. Mangga dapat menangkal zat radikal bebas tubuh ibu hamil
Unsplash/Hotchicksing

Mangga mengandung vitamin A dan juga vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin C pada buah manga berkhasiat menangkal berbagai zat radikal bebas yang ada pada tubuh dan mencegah sembelit.

Sementara itu, kandungan vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan perkembangan penglihatan si Kecil.

10. Buah pir membantu menjaga imunitas tubuh

10. Buah pir membantu menjaga imunitas tubuh
Pexels/Tatiana

Buah pir mengandung berbagai manfaat untuk ibu hamil 8 bulan. Untuk para Mama yang memiliki kekhawatiran terkait berat badan selama kehamilan, usahakan jangan khawatir karena buah pir memiliki kalori yang rendah.

Selain itu, buah pir kaya akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh, meningkatkan daya imun dan juga mencegah terjadinya dehidrasi. 

Nah, itulah beberapa buah yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil 8 bulan. Yuk, tetap mengonsumsi buah dan makanan sehat lainnya untuk menjaga kesehatan jelang persalinan!

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.