Unik dan Punya Makna, Begini 5 Tradisi Ibu Hamil di India

Ibu hamil di India bisa dilemparkan beragam makanan mahal sebagai tanda penghormatan nih, Ma

22 Juni 2021

Unik Pu Makna, Begini 5 Tradisi Ibu Hamil India
parinitasalian.com

Ibu hamil yang ada di setiap negara memiliki budaya dan tradisi berbeda-beda selama menjalani masa kehamilannya. Tak jarang ada pantangan yang dipercaya oleh leluhur, bahkan ini dilakukan untuk menjauhkan berbagai hal buruk yang dapat terjadi pada janin di dalam kandungan. 

India termasuk negara yang memiliki budaya khas, unik, dan berbeda dengan budaya di tempat lain. Masyarakat India pun memiliki berbagai kepercayaan terkait ibu hamil sesuai dengan tradisi yang ada. 

Ingin tahu apa saja budaya dan tradisi tersebut? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tradisi yang dilakukan oleh ibu hamil di India. 

Kira-kira seunik apa tradisinya ya, Ma? 

1. Ibu hamil harus menggunakan gelang istimewa dari para tetua

1. Ibu hamil harus menggunakan gelang istimewa dari para tetua
mancunion.com

Dalam acara Godh Bharai, ibu hamil akan didandani dan menggunakan empat pakaian sari secara bergantian. 

Sesuai dengan tradisi di India, ibu hamil yang sedang menggelar acara tersebut biasanya akan mendapatkan gelang istimewa. Gelang akan diberikan oleh para tetua sebagai hadiah. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan gelang di India memang tidak bisa sembarangan karena terdapat aturan dan tradisinya. Gelang yang digunakan biasanya terbuat dari berbagai macam logam, mulai dari emas, perak, hingga berlian. 

Ibu hamil yang mendapatkan gelang biasanya juga akan diberi doa serta pemberkatan secara khusus. Tujuannya agar masa-masa kehamilan yang masih tersisa terus diberikan kesehatan hingga proses persalinan tiba. 

Ketika gelang diberikan, para tetua akan memberikan wejangan agar ibu hamil terus memakainya sampai masa kehamilan selesai. 

Editors' Picks

2. Di usia kehamilan 7 bulan, ibu hamil akan mendapatkan tanda penghormatan terhadap calon bayi

2. usia kehamilan 7 bulan, ibu hamil akan mendapatkan tanda penghormatan terhadap calon bayi
indiaaura.com

Tradisi ibu hamil di India cukup unik, terutama ketika usia kandungannya sudah masuk bulan ketujuh. 

Ketika trimester ketiga tepatnya saat bulan ketujuh, keluarga di India biasanya akan merayakan kehamilan dengan membacakan doa dalam sebuah acara bernama Godh Bharai. Tak hanya itu, ibu hamil akan mendapatkan berkat, diberikan hadiah, serta melemparkan beragam makanan mahal.

Tradisi yang cukup terkenal di India tersebut seolah menjadi tanda penghormatan terhadap calon bayi yang akan dilahirkan. 

3. Acara baby shower yang dilakukan oleh orang India dilakukan pada bulan ketujuh atau kesembilan 

3. Acara baby shower dilakukan oleh orang India dilakukan bulan ketujuh atau kesembilan 
thewowstyle.com

Ma, perlu diketahui bahwa setiap ritual baby shower di seluruh dunia memang unik dan berbeda-beda. India pun memiliki tradisi yang unik terkait dengan baby shower. 

Berdasarkan keyakinan Hindu, angka tujuh atau sembilan menjadi sebuah keberuntungan untuk ibu hamil. Sementara angka delapan tidak demikian, bahkan perlu dihindari agar tidak terjadi sebuah kejadian yang buruk. 

Maka dari itu, baby shower yang dilakukan oleh ibu hamil di India dilakukan pada bulan ketujuh atau kesembilan sebagai waktu terbaik.

4. Dalam kepercayaan tradisional India, ibu hamil dianggap memiliki aura 'panas' 

4. Dalam kepercayaan tradisional India, ibu hamil dianggap memiliki aura 'panas' 
savvywomen.tomorrowmakers.com

Selama menjalani masa-masa kehamilan, ibu hamil di India harus menghindari asupan makanan panas. Kebiasaan ini perlu diikuti karena dalam kepercayaan tradisional India, ibu hamil dianggap memiliki aura 'panas'. 

Asupan makanan panas yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil di India, seperti daging, ayam, ikan, cabai merah dan kentang. Ada juga buah-buahan yang masuk ke dalam kategori makanan panas yakni pisang, pepaya, dan kelapa. 

Dalam kondisi tersebut, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan dingin agar suhu tubuhnya tetap seimbang. 

Asupan yang dikategorikan sebagai makanan dingin mulai dari sayuran, buah-buahan kecuali buah yang masuk kategori makanan panas, dan diperbolehkan mengonsumsi produk susu. Yoghurt dan buttermilk termasuk produk susu perlu dikonsumsi karena termasuk makanan dingin. 

5. Ibu hamil di India tidak disarankan untuk memotong rambut

5. Ibu hamil India tidak disarankan memotong rambut
Pinterest.com/Shipra & Amit Chhabra Photography

Ma, ada hal unik lain di India yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Masyarakat India percaya bahwa ibu hamil tidak disarankan untuk memotong rambutnya. 

Selama hamil, perempuan harus tetap menjaga rambutnya terus memanjang tanpa dipotong walau hanya sedikit saja. Hal ini perlu dilakukan demi keselamatan si Kecil hingga proses persalinan tiba. 

Nah, demikian beberapa rangkuman terkait beberapa tradisi yang dilakukan oleh ibu hamil di India. Ada beragam hal unik yang mereka lakukan, namun memiliki makna tersendiri sesuai dengan kepercayaan mereka. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.