7 Cara Mengatasi Lemas saat Hamil Trimester 3, Perlu Memanjakan Diri

Jangan lupa manjakan diri untuk atasi lemas selama hamil tua

4 Juni 2024

7 Cara Mengatasi Lemas saat Hamil Trimester 3, Perlu Memanjakan Diri
Freepik

Semua orang tentu bisa mengalami lemas, termasuk ibu hamil sekalipun. Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, ibu hamil dapat mengalami lemas yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tentunya, kondisi itu jangan dibiarkan.

Untungnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi lemas saat hamil tua. Salah satu dari banyaknya cara yang bisa dilakukan ialah memanjakan diri.

Nah, untuk lebih jelasnya kali ini Popmama.com sudah merangkum deretan cara mengatasi lemas saat hamil trimester 3 dari berbagai sumber secara detail.

Keep scrolling untuk terus membaca, ya!

1. Menjaga kamar tetap nyaman

1. Menjaga kamar tetap nyaman
Pexels/Vecislavas Popa

Langkah paling mudah untuk mengatasi lemas saat hamil di trimester ketiga adalah menciptakan suasana yang tepat untuk istirahat. Dalam hal ini, kamu bisa menjaga kamar tetap bersih dan nyaman.

Jika perlu, kamu bisa menutupi semua jendela dengan tirai tembus pandang. Hal itu bisa membuat tubuhmu tidur dengan nyenyak. Selain itu, matikan semua jam digital hingga cabut lampu malam yang menyala untuk mengurangi adanya cahaya.

Kamu juga bisa membuat kamar tetap nyaman dengan mengatur suhu ruangan sedikit lebih dingin dari ruang lain di rumah untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal.

Kemudian, menjaga kamar tetap nyaman juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan, seperti menghindari segala kekacauan yang tidak perlu di kamar serta sering-seringlah mencuci seprai.

2. Makan makanan sehat dan tetap terhidrasi

2. Makan makanan sehat tetap terhidrasi
Pexels/Daria Shevtsova

Pada awalnya, kehamilan bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah, sehingga bisa membuatmu merasa lelah. Terlebih lagi, kurang tidur juga bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat yang kemudian meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Menjaga keseimbangan gula darah dan energi memang penting. Mama bisa melakukannya dengan makan seperti enam porsi kecil sehari. Perlu Mama ketahui, sering memakan makanan yang tinggi nutrisi dan protein bisa membantu diri melawan kelelahan, lho.

Selain itu, untuk menghindari adanya kram kaki di malam hari yang bisa menyebabkan kelelahan, Mama harus tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup sepanjang hari.

Editors' Pick

3. Memanjakan diri

3. Memanjakan diri
Pexels/SHVETS production

Cara lain yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi kelelahan adalah memanjakan diri sendiri. Memanjakan diri pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mandi air hangat, hingga meminta pasangan untuk memijatmu.

Mama dapat memanjakan diri dengan mengenakan pakaian yang lembut dan tidak ketat, serta duduk di kursi yang nyaman dengan membaca buku bacaan favorit.

Untuk menambah suasana bersantai saat memanjakan diri, Mama juga bisa memainkan alunan musik instrumental yang menenangkan, menyalakan lilin aromaterapi, hingga minum secangkir teh yang hangat.

4. Istirahat yang cukup

4. Istirahat cukup
Pexels/Yan Krukau

Semua orang pasti tahu bahwa istirahat yang cukup bisa membantu tubuh untuk memerangi kelelahan. Cara ini memang benar-benar efektif, apalagi untuk ibu hamil yang masa kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga.

Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, Mama bisa saja tidur lebih awal. Tak hanya itu, Mama juga bisa mencoba untuk menambah satu jam tidur ekstra dari yang biasanya Mama rencanakan. Dengan begitu, Mama bisa tetap mendapatkan waktu istirahat cukup, meski harus sesekali bangun untuk buang air kecil.

Jika memungkinkan, Mama bisa mengambil tidur siang sejenak sekitar 20 menit. Akan tetapi, jika kamu tidak suka tidur siang, maka bisa mencari tempat yang bagus di kamar untuk berselonjor sambil bersantai.

5. Bergerak dan berolahraga secara teratur

5. Bergerak berolahraga secara teratur
Pexels/Trần Long

Cara ini mungkin agak berlawanan. Akan tetapi, gerakan tubuh yang teratur bisa meningkatkan daya tahan dan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga akhirnya dapat membantu Mama merasa lebih berenergi.

Mama sendiri bisa bergerak dan berolahraga secara ringan, seperti berjalan kaki. Untuk melakukan ini, Mama bisa bergerak semampunya kekuatanmu saja. Selain itu, Mama juga bisa berolahraga ringan seperti berenang.

Usahakan untuk melakukan cara ini setidaknya 20 hingga 30 menit. Kamu bisa berolahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu.

6. Coba untuk membuat jurnal kehamilan

6. Coba membuat jurnal kehamilan
Pexels/Melike Benli

Stres atau cemas juga bisa membuat tubuh merasa lelah. Apabila Mama merasakan cemas atau stres saat hamil di trimester 3, maka bisa mengatasinya dengan cara membuat buku jurnal. Di buku tersebut, Mama bisa menulis banyak hal tentang kehamilan.

Misalnya saja seperti waktu istirahat dan mimpi yang dialami. Perlu Mama ketahui, ibu hamil dapat mengalami mimpi yang lebih jelas dan ingatan mimpi yang lebih baik karena perubahan hormonal yang memengaruhi pola tidur, peningkatan kelelahan, dan berulang kali terbangun di tengah siklus tidur.

Buku harian ini juga memiliki manfaat seperti dapat memberikan data konkret tentang waktu tidur Mama, berapa lama Mama tertidur, berapa kali Mama terbangun di malam hari, kapan waktu bangun, hingga mengetahui kualitas tidur Mama.

7. Batasi asupan kafein

7. Batasi asupan kafein
Pexels/Jason Villanueva

Siapa di sini yang masih suka mengonsumsi kafein? Perlu Mama tahu, kafein bisa membuat ibu hamil terjaga hingga larut malam hingga menyebabkan kamu lebih sering terbangun.

Selain itu, kafein juga bisa membuat bayi tetap aktif, menendang, dan berguling-guling di dalam perut saat Mama mencoba tidur.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan bagi ibu hamil untuk membatasi asupan kafein mereka hingga dua cangkir kopi buatan sendiri, atau kurang dari 200 miligram per hari.

Itu dia deretan cara mengatasi lemas saat hamil trimester 3 yang bisa Mama lakukan. Semoga informasi kali ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

The Latest