16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Harus Mama Ketahui

Ini dia manfaat buah pisang untuk ibu hamil, jangan ragu ya Ma untuk rajin makan pisang

5 April 2018

16 Manfaat Pisang Ibu Hamil Harus Mama Ketahui
nakedfoodmagazine.com

Pisang, buah berwarna kuning yang banyak disukai semua umur. Teksturnya lembut sehingga mudah ditelan oleh anak-anak sekalipun.

Buah ini memiliki rasa yang enak dan rendah lemak. Di balik warnanya yang cerah dan menarik, ternyata banyak manfaat buah pisang untuk ibu hamil.

Berbicara manfaat, artinya tidak ada lagi pertanyaan seperti ini ya: Bolehkah Ibu hamil memakan pisang?

Buah pisang merupakan buah yang baik untuk diet dan sebagai makanan ringan.

Dalam rekomendasi dari National Institutes of Health untuk perempuan hamil adalah makan 3-4 porsi buah pisang setiap hari. Karena Manfaat pisang yang menyimpan nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Dalam buah pisang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Di sini kita mengupas semua nutrisi yang ditemukan dalam buah sepanjang waktu.

1. Kekayaan asam folat di dalam pisang

1. Kekayaan asam folat dalam pisang
Freepik/v.ivash

Seperti yang sering kita ketahui, manfaat asam folat penting bagi perempuan hamil. Asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan saraf dan otak dan susuk tulang belakang.

Manfaat buah pisang bagi ibu hamil, untuk mencegah defisiensi asam folat menyebabkan bayi lahir prematur. Ia juga memiliki risiko cacat lahir.

Baca Juga: Keistimewaan Asam Folat Selama Kehamilan

2. Mencegah anemia zat besi

2. Mencegah anemia zat besi
Freepik/topntp26

Anemia pada perempuan hamil adalah hal yang umum. Salah satu akibatnya adalah anemia ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan persalinan. Sehingga membutuhkan manfaat zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Pisang mengandung rata-rata 3 persen zat besi dalam 225 gram pisang. Sehingga zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

Baca Juga: 3 Macam Anemia pada Ibu Hamil dan Dampak Buruknya

3. Manfaat vitamin B6

3. Manfaat vitamin B6
Freepik/topntp26

Di Pisang mengandung vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin.

Dengan jumlah vitamin B6 yang tepat akan mengurangi morning sickness. Jumlah harian yang dibutuhkan untuk memenuhi ibu hamil vitamin B6 adalah 1,9 miligram.

Satu pisang sedang dapat mengandung 4 miligram.

4. Meningkatkan pertumbuhan hemoglobin

4. Meningkatkan pertumbuhan hemoglobin
Freepik/topntp26

Manfaat pisang bagi ibu hamil, memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Selain zat besi, pisang mengandung vitamin B6, yang berperan dalam neurotransmitter yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh.

5. Manfaat buah pisang bisa untuk mengatasi gangguan sembelit

5. Manfaat buah pisang bisa mengatasi gangguan sembelit
Freepik

Konstipasi semakin menjadi gangguan umum kehamilan. Pisang bisa mengurangi perut kembung dan dapat menghaluskan gerakan usus. Tanpa suplemen buatan, ibu hamil dapat meningkatkan asupan dalam makanan ibu hamil.

Ini karena pisang mengandung serat yang menyebabkan buang air besar membentuk tinja. Pisang mengandung 6 gram serat rata-rata setiap pisang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gangguan Sembelit bagi Ibu Hamil dan Penyebabnya

6. Berkhasiat membantu pencernaan

6. Berkhasiat membantu pencernaan
Freepik/jannoon028

Perempuan hamil sering mengalami sakit maag dan gangguan pencernaan selama kehamilan, itu akan menyebabkan janin tumbuh akan lebih banyak tekanan pada perut. Makan makanan sehat untuk ibu hamil, akan meringankan kesulitan ini.
Pisang mengandung antasid yang akan menekan sekresi asam. Pisang juga kaya akan pektin yang membantu menormalkan pencernaan pada mortilitas usus.

7. Obat diare untuk ibu hamil

7. Obat diare ibu hamil
Freepik/asier_relampagoestudio

Pisang mengandung pektin juga dan itu menurunkan serat larut. Untuk perempuan hamil dalam serat dapat membantu meringankan diare dengan cara megabsorbsi atau menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh.

Jadi manfaat pisang bagi ibu hamil, gejala diare bisa berkurang. Tidak hanya itu, Kalium yang terkandung di dalamnya juga akan mengatasi kram usus yang terkadang menyertai diare.

8. Sebagai pemenuh kebutuhan potasium alami untuk ibu dan bayi

8. Sebagai pemenuh kebutuhan potasium alami ibu bayi
Freepik/jannoon028

Biasanya ketika seorang perempuan kehilangan banyak cairan. Dalam pengobatan konservatif, elektrolit yang hilang harus menggunakan garam.

Namun, pisang dapat menjadi ORS untuk perempuan hamil karena mengandung potasium, tetapi juga dapat memperkuat tinja jika terjadi diare akut. Untuk diare pada bayi bisa dengan pisang pada hari pertama (ini untuk anak di atas 1 tahun lebih dari 7 kilogram BB) plus biskuit, bubur dan susu.

Editors' Picks

9. Sebagai sumber kalsium

9. Sebagai sumber kalsium
Freepik/v.ivash

Kalsium umumnya dikenal untuk perkembangan tulang dan sistem skeletal pada semua usia. Pisang setiap 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami. Untuk saraf kalsium sendiri membantu dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot dalam perkembangan janin di dalam rahim.

10. Antioksidan yang bisa menjaga kamu dari radikal bebas

10. Antioksidan bisa menjaga kamu dari radikal bebas
Freepik

Vitamin C dalam pisang sangat tinggi, sebesar 33 persen pada setiap buahnya. Antioksidan yang dapat melawan proses penuaan untuk seorang ibu dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

11. Kaya protein

11. Kaya protein
Freepik

Manfaat untuk ibu hamil pisang adalah buah yang kaya akan protein. Protein berfungsi sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukan antibodi untuk janin dan ibu.

Oatmeal dengan pisang adalah pilihan yang baik untuk perempuan hamil, kekurangan protein dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Protein alami dalam pisang adalah sekitar 2,5 gram per 225 gram pisang.

Selain pisang, protein juga berlimpah manfaat alpukat bagi ibu hamil.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Alergi Alpukat Saat Kehamilan Trimester Kedua

12. Mengurangi mual dan muntah

12. Mengurangi mual muntah
Freepik/ilovehz

Pada pagi hari ibu hamil sering merasa mual dan muntah. Ini terlihat selama trimester pertama kehamilan adalah tiga bulan pertama. Jika pisang yang dikonsumsi pada tahap awal kehamilan akan dapat membantu dan mengurangi morning sickness.

13. Mencegah kaki bengkak

13. Mencegah kaki bengkak
Freepik/luis_molinero

Selama kehamilan perempuan mengalami pembengkakan salah satunya disebabkan oleh potasium yang tidak mencukupi. Ini ditemukan oleh American Pregnancy Association.

Dengan pemenuhan potassium akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Pisang memang membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan secara alami. Meskipun pembengkakan perlu diperhatikan sebagai pre-eklamasia.

Selain buah pisang masih ada manfaat dari air kelapa hijau juga baik untuk ibu hamil yang dikonsumsi untuk mengurangi pembengkakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil?

14. Untuk menyeimbangkan darah

14. menyeimbangkan darah
Freepik/asier_relampagoestudio

Satu kasus yang menjadi perhatian utama pada perempuan hamil adalah fluktuasi terkait tekanan darah. Tentu saja, dengan diet sehat dapat menstabilkan tekanan darah dan itu dapat diperoleh dari manfaat pisang bagi ibu hamil. Potassium dalam pisang akan membantu menjaga tekanan darah ibu hamil selama kehamilan.

Kalium juga mengurangi kram otot dan nyeri kaki selama kehamilan. Seorang perempuan hamil harus mengkonsumsi setidaknya 4.700 miligram potasium. Mineral akan mengurangi efek samping yang tidak baik selama kehamilan, termasuk tingkat keparahan kram.

15. Meningkatkan energi

15. Meningkatkan energi
Freepik/nensuria

Dalam pisang instan dapat memberikan energi dengan cepat. Khususnya pisang yang dipadukan dengan susu. Pisang mengandung tiga gula alami. Jenis gula adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pisang mengandung 28 gram gula di setiap 225 gram.

Khusus untuk ibu yang menghadapi trimester terakhir dan pasca persalinan. Manfaat pisang bagi perempuan hamil mengandung gula alami, rasanya akan mudah dicerna sehingga bisa cepat memberikan energi bagi ibu hamil.

16. Kaya karbohidrat

16. Kaya karbohidrat
Freepik/ilovehz

Pisang juga kaya akan karbohidrat Ma, makanya buah ini bisa menjadi cemilan atau menjadi bahan  utama sarapan sehari-hari.

Boleh dicoba lho Ma.

Itulah 16 manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang penting untuk Mama ketahui.

Jangan ragu untuk makan pisang setiap hari ya Ma.