Sering Dialami Ibu Hamil, Apa yang Terjadi bila Ngidam Tidak Dituruti?

Waktu ngidam tak menentu, bisa tengah malam atau muncul tiba-tiba

26 November 2020

Sering Dialami Ibu Hamil, Apa Terjadi bila Ngidam Tidak Dituruti
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Ngidam adalah momen langka yang hanya dialami oleh ibu hamil. Saat ngidam, Mama biasanya ingin dimanja oleh pasangan atau dibelikan makanan tertentu, baik yang sudah maupun yang belum pernah dikonsumsi, seperti rujak, asinan, dan bakso. 

Tak hanya ngidam makanan dan minuman, ibu hamil juga bisa saja ngidam bertemu seseorang seperti artis yang diidolakannya. Waktu ngidam pun tak menentu, bisa tengah malam atau muncul tiba-tiba.

Lalu, apakah ngidam harus selalu dituruti? Pasalnya ada mitos yang menyebut apabila ngidam tidak dituruti, maka si Kecil akan mengeluarkan banyak liur saat lahir. 

Daripada Mama terus berprasangka, berikut Popmama.com rangkum penjelasan tentang momen ngidam yang dialami ibu hamil. 

Penyebab Ngidam Makanan atau Minuman

Penyebab Ngidam Makanan atau Minuman
Freepik

Saat Mama merasa ngidam ingin makan sesuatu, sebenarnya itu adalah perasaan yang sama ketika seorang perempuan tidak merasa nafsu makan tetapi ingin mengonsumsi makanan tertentu. Tentu saja ngidam itu normal terjadi saat hamil karena adanya perubahan hormon. 

Apabila Mama ngidam makanan tertentu, bisa saja itu menandakan tubuh mama sedang membutuhkan asupan nutrisi tertentu yang ada dalam makanan yang diinginkan. Misalnya, Mama ngidam mengonsumsi makanan manis, itu bisa menandakan tubuh mama sedang membutuhkan asupan gula. 

Editors' Picks

Penyebab Ngidam Bertemu Seseorang

Penyebab Ngidam Bertemu Seseorang
Freepik

Berbeda dengan ngidam makanan, ngidam hal-hal aneh seperti ingin bertemu dengan artis muncul karena faktor psikologis. Pasalnya, saat hamil, Mama mengalami perubahan suasana hati. 

Mama lebih mudah sedih dan senang dalam waktu yang hampir bersamaan. Oleh karena itu, Mama butuh bertemu orang baru atau melakukan kegiatan baru untuk membuat suasana hati tetap senang. Faktor psikologis saat Mama hamil juga sering terjadi pada perempuan yang mengalami menstruasi. 

Waktu Munculnya Ngidam

Waktu Muncul Ngidam
Freepik/yanalya

Seperti dijelaskan sebelumnya, waktu ngidam tidak dapat ditebak. Ngidam umumnya muncul di waktu yang tidak umum seperti tengah malam. Mengapa itu bisa terjadi? Lagi-lagi kondisi tersebut disebabkan perubahan hormon dan faktor psikologis. 

Oleh karena itu, pasangan mama harus memahami perubahan hormon yang muncul selama masa kehamilan. Mama bisa mengkomunikasikan keinginan ngidam kepada suami secara perlahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Dampak Ngidam Tidak Dituruti

Dampak Ngidam Tidak Dituruti
Freepik

Mama pasti sering mendengar bahwa ngidam harus selalu dituruti agar si Kecil tidak mengeluarkan banyak air liur ketika lahir. Namun, tentu saja, itu hanya mitos belaka karena belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan ngidam yang tidak dituruti terhadap perkembangan bayi. 

Ngidam memang sebaiknya dituruti agar suasana hati mama tetap bahagia. Namun, ngidam juga harus dibatasi apabila keinginan ngidam sudah membahayakan kesehatan mama. Artinya, tidak semua keinginan ngidam harus dituruti ya, Ma. 

Contohnya, perempuan hamil harus membatasi konsumsi gula. Oleh karena itu, apabila Mama ngidam mengonsumsi permen atau makanan manis, sebaiknya dibatasi jumlahnya agar tidak membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. 

Apabila Mama ngidam melakukan suatu kegiatan, sebaiknya dilihat dulu seberapa bahaya kegiatan tersebut terhadap kehamilan mama. Jika kegiatan tersebut membahayakan keselamatan mama, maka sebaiknya Mama menahan diri agar tidak melakukan kegiatan ekstrem. 

Alternatif Kegiatan bila Ngidam Tidak Dituruti

Alternatif Kegiatan bila Ngidam Tidak Dituruti
Freepik

Ngidam yang tidak dituruti umumnya bisa dihilangkan dengan perhatian dari orang-orang sekitar. Seperti dijelaskan sebelumnya, ngidam disebabkan perubahan hormon, sehingga perhatian dari orang sekitar sudah cukup membuat suasana hati mama senang. 

Salah satu masalah psikologis saat ngidam disebut pica yang artinya seorang ibu hamil mencari perhatian dengan cara-cara tidak wajar ketika merasa kurang mendapat perhatian dari orang sekitarnya. Misalnya ngidam makan kapur atau sabun. 

Untuk mengalihkan ngidam yang tidak dituruti, Mama juga bisa mengerjakan sesuatu seperti olahraga dan jalan-jalan. Tujuannya adalah mengalihkan perhatian dari perasaan ngidam. Jangan lupa untuk istirahat cukup dan memenuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan. 

Itulah informasi seputar ngidam yang dialami ibu hamil dan dampak bila ngidam tidak dituruti. Perlu diingat ya, Ma, bahwa ngidam yang tidak dituruti tidak berdampak pada perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan selama kebutuhan nutrisi terpenuhi. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.