Sering Dialami, Ini Fakta Unik Seputar Ngidam yang Perlu Mama Tahu

Ngidam bukan sekadar keinginan makan biasa lho, Ma

16 November 2020

Sering Dialami, Ini Fakta Unik Seputar Ngidam Perlu Mama Tahu
freepik.com/andreycherkasov

Kehamilan adalah salah satu transformasi tubuh yang paling unik dan intensif yang dialami oleh seorang perempuan. Ya, ketika hamil, hampir setiap bagian tubuh mama akan berubah dengan cara tertentu. Tak terkecuali nafsu makan yang berubah, seringkali secara dramatis.

Sebagian ibu hamil juga merasakan ngidam terhadap makanan tertentu. Uniknya, akan ada makanan tertentu yang dulu sangat Mama sukai, tetapi berubah menjadi sangat Mama benci ketika hamil. Beberapa orang juga mengalami keinginan makan makanan dengan kombinasi yang aneh, misalnya acar dan es krim. 

Kali ini Popmama.com akan mengulas fakta-fakta unik seputar ngidam yang menarik untuk diketahui, dilansir dari Very Well Family:

Kapankah Ngidam Pertama Kali Muncul?

Kapankah Ngidam Pertama Kali Muncul
freepik/pvproductions

Setiap ibu hamil berbeda-beda. Tetapi pada umumnya ngidam dimulai di akhir trimester pertama. Semakin memuncak pada trimester kedua, dan akan memudar dengan sendirinya pada akhir trimester ketiga. 

Namun, pada ibu hamil yang juga menyusui, mungkin akan mengalami ngidam dengan peningkatan nafsu makan yang signifikan. Hal ini terjadi karena menyusui dan kehamilan membutuhkan peningkatan kebutuhan kalori yang lebih.

Editors' Picks

Apa Makanan yang Paling Banyak Diinginkan Ibu Hamil saat Ngidam?

Apa Makanan Paling Banyak Diinginkan Ibu Hamil saat Ngidam
Pixabay/marckbass8

Ada banyak variasi dalam hal mengidam selama kehamilan. Beberapa orang memiliki hasrat yang tidak biasa, yang muncul begitu saja. Namun, penelitian menemukan adanya kecenderungan umum ibu hamil mengidam terhadap makanan-makanan berikut ini:

  • Permen
  • Karbohidrat gurih berkalori tinggi, misalnya pizza atau keripik
  • Protein hewani
  • Buah-buahan
  • Makanan cepat saji
  • Acar
  • Es krim
  • Jus buah
  • Susu
  • Sayuran tertentu
  • Cokelat
     

Mengidam karena Faktor Hormonal dan Perubahan Sensorik

Mengidam karena Faktor Hormonal Perubahan Sensorik
freepik.com/freepik

Kehamilan adalah masa di mana tubuh mama mengalami perubahan hormonal yang sangat besar, terutama selama trimester pertama. Ini sama halnya dengan mengalami PMS berjuta-juta kali lipat. Hormon kehamilan dapat mengubah jenis keinginan yang Mama alami.

Hormon dapat memengaruhi pengalaman sensorik mama terhadap makanan, indra penciuman, serta suasana hati. Banyak orang hamil merasa indra penciumannya menjadi lebih sensitif dan peka. Ini dapat memengaruhi jenis makanan yang diidamkan. Makanan yang aromanya kuat dan menyengat mungkin bisa membuat pusing. Sedangkan makanan yang aromanya harum dan menyenangkan semakin menarik.

Perubahan Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Perubahan Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Freepik

Ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi, seperti kalsium dan zat besi. Karena itu, Mama mungkin menginginkan makanan yang kaya akan nutrisi ini sehingga tak mengherankan jika Mama menginginkan satu gelas besar es krim rasa vanilla.

Rasa lapar dan keinginan terhadap makanan tertentu berkaitan dengan cara alami tubuh melindungi diri sendiri dan janin yang sedang berkembang dalam kandungan dari hal buruk. Sebagai contoh, banyak ibu hamil yang secara otomatis indra penciumannya menolak aroma kopi atau alkohol, karena memang dua minuman itu mengandung zat yang kurang sehat terhadap kehamilan. 

Banyak orang juga merasa kehilangan selera terhadap daging. Teorinya adalah mengonsumsi daging dapat meningkatkan kemungkinan kontaminasi bakteri. Tetapi preferensi ini bisa bervariasi pada tiap orang ya, Ma.

Meskipun begitu, ingatlah untuk selalu menambahkan sumber nutrisi bergizi ke dalam makanan mama. Antara lain sayur berdaun gelap, almond, dan ikan-ikanan.

Mengelola Pola Makan Sehat selama Kehamilan

Mengelola Pola Makan Sehat selama Kehamilan
freepik.com/freepik

Secara umum, tidak ada alasan untuk menyerah pada ngidam yang Mama alami. Selama makanan yang Mama inginkan dikonsumsi dalam jumlah sedang dan pola makan mama secara keseluruhan bervariasi dan kaya nutrisi, tidak masalah kok, Ma. 

Namun, jika Mama punya dorongan yang kuat untuk makan hal-hal yang tidak lazim, misalnya cat, serpihan tembok, krayon, dan sebagainya, hal ini mengindikasikan adanya kecenderungan sindrom pica. Konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat karena jika dibiarkan, pica dapat berbahaya untuk kehamilan mama.

Nah itulah fakta unik seputar ngidam yang perlu Mama ketahui. Semoga informasi ini memberikan wawasan ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.