Ngulet Saat Hamil Tua, Berbahayakah Bagi Janin?

Ketahui juga cara tepat ibu hamil bangun dari tempat tidur

22 Agustus 2019

Ngulet Saat Hamil Tua, Berbahayakah Bagi Janin
remedypharmacist.com

Pernah mendengar pendapat yang mengatakan, ngulet saat hamil bisa berdampak buruk untuk kesehatan janin? 

Benarkah demikian? Atau, hanya sekakadar mitos? Lalu, siapa di atara Mama yang memililiki kebiasaan menggeliat atau ngulet setelah bangun tidur? 

Nah, berdasarkan dari fenomena tersebut, kemudian timbulah pertanyaan mengenai bahaya ngulet saat hamil.

Pertanyaan tersebut muncul untuk memastikan apakah ngulet memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan petumbuhan janin ataukah tidak. 

Agar persepsi mengenai hal tersebut tidak semakin simpang siur, berikut Popmama.com telah merangkum 3 fakta pentingnya.

1. Ngulet saat hamil, berbahayakah untuk janin?

1. Ngulet saat hamil, berbahayakah janin
freepik.com

Terkait dengan hal ini, sebenarnya belum ada penelitian yang mengatakan jika ngulet berbahaya untuk ibu hamil. Faktanya justru, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan streching atau peregangan untuk memperkuat otot perut. Semakin kuat otot perut saat hamil, semakin bisa mengurangi keluhan nyeri punggung akibat perut yang membesar.  

Namun pada beberapa kehamilan, streching atau ngulet ini bisa membuat perut kram atau nyeri. Kram setelah melakukan peregangan atau ngulet, memang bisa terjadi.

Umumnya  disebabkan karena regangan otot yang berlebihan saat mengubah posisi tubuh. Namun selama tidak terdapat nyeri perut, tidak muncul flek atau pendarahan, maka kondisi ini masih normal, dan aman untuk janin.

Editors' Picks

2. Cara tepat bangun dari tempat tidur bagi ibu hamil

2. Cara tepat bangun dari tempat tidur bagi ibu hamil
abcnews.go.com

Cara bangun dari tempat tidur ketika hamil mungkin tidak akan berpengaruh banyak. Namun seiring berkembangnya janin di dalam kandungan, ketika ibu hamil memasuki usia kehamilan trimester ketiga, maka ukuran perut pun memang akan terus membesar.

Di usia kehamilan inilah posisi bangun dari tempat tidur menjadi perlu diperhatikan. Apalagi posisi bangun yang salah juga bisa mempengaruhi kondisi ibu sehari-hari. 

Cara bangun dari tempat tidur bagi ibu hamil dilakukan untuk mengubah posisi tidur ibu hamil ke posisi duduk. Baru dari posisi duduk inilah ibu hamil akan lebih mudah bangkit dari tempat tidur.

Sebaiknya hindari langsung bangkit dari posisi terlentang dengan tangan sebagai tumpuan tubuh. Hindari cara ini.

Walau terlihat sangat mudah dan praktis, namun cara bangun tersebut bisa menciptakan keluhan atau gangguan pada bagian punggung. Bahkan efeknya bisa membuat perut menjadi kram.

Cara yang benar adalah dengan memiringkan tubuh perlahan-lahan. Kemudian gunakan salah satu tangan sebagai penyangga tubuh (tangan yang di bawah).

Sedangkan tangan yang diatas diletakkan di depan dada. Lalu lakukan gerakan menggeser tangan secara perlahan-lahan sambil bangkit dari posisi tidur miring tersebut. Ingat jangan langsung berdiri.

Duduklah dulu dengan nyaman. Jika perlu, ayunkan kedua kaki agar lebih rileks. Setelah itu, baru bangkit dari tidur.

3. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat bangun dari tempat tidur

3. Hal-hal perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat bangun dari tempat tidur
Freepik/Yanalya

Setelah mengetahui cara yang tepat untuk bangun dari tempat tidur bagi ibu hamil, maka Mama juga perlu tahu mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat bangun dari tempat tidur. 

Apa saja? Berikut diantaranya:

  • Jangan lakukan gerakan yang tergesa-gesa atau terburu-buru saat bangun dari tempat tidur. Lebih baik lakukan gerakan secara pelan dan lembut agar perut ibu tidak kram dan punggung tidak sakit. Gerakan tergesa-gesa juga bisa membahayakan ibu karena bisa mengurangi konsentrasi dan keseimbangan.
  • Hindari langsung bergerak bangkit dari posisi tidur sesaat setelah mata ibu terjaga. Hal ini tidak akan baik, bahkan bisa menyebabkan gangguan keseimbangan dan berbahaya bagi ibu dan juga janin.
  • Pastikan posisi tidur ibu hamil tepat dan tidak salah agar perkembangan janin tidak terganggu dan ibu bisa tidur dengan nyaman. Posisi tidur yang tepat juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi Mama yang susah tidur di malam hari.

Nah, itulah ketiga fakta mengenai ngulet saat hamil tua.

Tak perlu khawatir, ternyata ngulet saat hamil masih diperbolehkan asal dilakukan dengan cara yang tepat.

Semoga dapat menjadi pengetahuan baru untuk Mama sekalian, ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;