TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Mengonsumsi Putih Telur untuk Ibu Hamil

Ternyata putih telur bisa bermanfaat untuk ibu hamil lho, Ma!

8 Februari 2021

5 Manfaat Mengonsumsi Putih Telur Ibu Hamil
Pexels/Polina Tankilevitch

Ibu hamil memang banyak pantangan dalam mengonsumsi jenis makanan, salah satunya adalah makanan mentah atau setengah matang. Telur yang dikonsumsi setengah matang memang banyak diminati maskyarat.

Tetapi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut karena terdapat bakteri salmonella dan listeriosis. Bakteri ini bisa menyebabkan keguguran, persalinan dini, kematian bayi saat baru lahir.

Untuk itu, konsumsi telur setelah dimasak dan matang sempurna agar menurunkan risiko penyebaran bakteri tersebut di dalam tubuh. 

Namun, apakah hal ini juga berlaku untuk putih telur? Ternyata di dalam putih telur juga mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan cacat lahir. Meskipun begitu, putih telur memiliki manfaat untuk ibu hamil asal dimasak sampai matang.

Inilah beberapa manfaat putih telur untuk ibu hamil, berikut Popmama.com telah rangkum selengkapnya.

1. Membantu untuk menjaga imunitas tubuh

1. Membantu menjaga imunitas tubuh
Pexels/Pixabay

Satu putih telur mengandung empat gram protein sehingga ibu hamil yang mengonsumsi ini akan mendapatkan energi yang lebih banyak. Selain itu, mengonsumsi putih telur secara rutin akan memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh yang bisa mencegah lahirnya bayi prematur.

Walaupun putih telur mengandung protein, tidak disarankan memakan secara berlebihan. Orang yang kelebihan protein akan menyebabkan risiko penyakit batu ginjal.

    Editors' Picks

    2. Mencegah cacatnya sistem saraf pada bayi

    2. Mencegah cacat sistem saraf bayi
    Pexels/Mona Sabha Cabrera

    Putih telur juga mengandung vitamin B12 yang bisa menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, vitamin B12 juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, yaitu mencegah cacatnya sistem saraf pada bayi dan membantu dalam pembentukan DNA atau bahan genetik dalam semua sel tubuh.

    Jika ibu hamil kekurangan B12 maka akan memiliki risiko cacat tabung saraf, preeklampsia, dan retardasi pertumbuhan intrauterin. Untuk itu, perhatikan kebutuhan vitamin dalam tubuh. Vitamin B12 juga bisa didapatkan dari makanan lainnya juga asal aman untuk ibu hamil.

      3. Menurunkan risiko terjadinya preeklampsia

      3. Menurunkan risiko terjadi preeklampsia
      Freepik

      Satu butir telur mengandung kolesterol yang tinggi untuk mencukupi kebutuhan kolesterol harian tubuh. Dalam satu butir telor bagian kuning mengandung 213 mg sedangkan tubuh butuh kolesterol sebesar 300mg. Melihat hal itu tentunya sudah hampir memenuhi kebutuhan kolesterol.

      Namun, pada bagian putih telur tidak mengandung kolesterol sama sekali. Jadi, makanan ini cocok untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan membuat kenyang lebih lama. Sedangkan kolesterol yang tinggi pada ibu hamil akan menyebabkan preeklampsia, persalinan prematur, dan kencing manis.

      Untuk itu, ibu hamil harus menjaga kandungan kolesterol pada tubuhnya. Karena samakin besar kehamilan maka kadar kolesterol dalam tubuhnya juga naik. Namun, kolesterol itu tidak membahayakan karena bisa mendukung perkembangan janin.

        4. Membantu perkembangan jaringan tubuh janin

        4. Membantu perkembangan jaringan tubuh janin
        Unsplash/Natalie Rhea Riggs

        Seperti yang diketahui bahwa telur mengandung protein yang tinggi. Hal ini juga berlaku bagi putih telur. Bahkan jumlah protein di putih telur ini rendah lemak dan lebih sehat.

        Ibu hamil membutuhkan protein untuk perkembangan jaringan tubuh janin, pertumbuhan janin, dan perkembangan payudara serta rahim pada ibu hamil. Selain itu, protein juga bisa meningkatkan massa otot tubuh dan menguatkan juga.

        5. Baik untuk saraf dan fungsi otak

        5. Baik saraf fungsi otak
        Pixabay

        Putih telur mengandung kolin yang berfungsi untuk melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. Selain itu, putih telur juga baik untuk fungsi saraf, otak, dan membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

        Maka dari itulah, putih telur bagus untuk ibu hamil karena manfaatnya yang berpengaruh bagi janin. Fungsi saraf dan otak pada janin juga dapat berkembangan baik jika mengonsumsi putih telur secara teratur.

        Itulah beberapa manfaat putih telur untuk ibu hamil. Mama bisa mengonsumsi putih telur dengan memasaknya dengan matang sempurna. Bagaimana pun putih telur juga masih terdapat bakteri salmonella yang bisa berbahaya bagi ibu hamil.

        Semoga informasi ini dapat membantu Mama mengetahui manfaat putih telur bagi kesehatan dan ibu hamil.

        Baca juga:

        Tanya Ahli

        Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

        Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

        Mama CerdAZ

        Ikon Mama CerdAZ

        Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

        Cari tahu yuk