Manfaat Mengonsumsi Kangkung untuk Ibu Hamil

Ini dia manfaat kangkung untuk ibu hamil yang jarang diketahui

11 November 2019

Manfaat Mengonsumsi Kangkung Ibu Hamil
Pinterest.com/Posh Journal

Meski kangkung terlihat seperti jenis sayuran biasa saja, namun di balik ‘biasanya’ itu ternyata kangkung menyimpan sejuta manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, khususnya untuk ibu mengandung.

Tidak usah panjang lebar, di bawah ini adalah beberapa manfaat kangkung untuk ibu hamil dan janin di kandungannya.

Banyaknya manfaat kangkung untuk ibu hamil tidak boleh diabaikan, berikut Popmama.com sebutkan untuk bisa diketahui bersama.

1. Mengandung serat

1. Mengandung serat
Pinterest.com/yumly

Kangkung hadir dengan kandungan serat yang sangat bagus untuk pencernaan usus halus. Serat yang ada dalam sayuran kangkung pun dapat mencegah kondisi seperti sembelit, menjaga daerah panggul hingga pencernaan lancar yang membuat perut terasa lega.

2. Menambah energi

2. Menambah energi
Unsplash/Ariana Prestes

Seorang ibu hamil umumnya akan mengalami kondisi di mana tubuh mudah lemas dan letih, terlebih di usia kehamilan trimester pertama. Biasanya ini terjadi ketika ada asupan zat besi yang kurang atau ibu hamil yang kekurangan darah, sehingga menjadikannya cepat merasa letih hingga lesu.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, sangat disarankan mengonsumsi kangkung untuk ibu hamil. Ini dikarenakan kangkung sendiri memiliki kandungan gizi yang baik untuk memenuhi setiap kebutuhan nutrisi di masa kehamilan. Dengan begitu, energi Mama akan terisi secara penuh.

Editors' Picks

3. Mengandung vitamin A

3. Mengandung vitamin A
Unsplash/ToT

Vitamin A yang ada di dalam kangkung bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, baik bagi kamu ataupun sang buah hati. Ini menjadi faktor penting dalam landasan tahap prenatal untuk pengembangan sistem kekebalan tubuh pada sang buah hati.

4. Penyumbang asam folat

4. Penyumbang asam folat
Pinterest.com/The Woks of Life

Asam folat menjadi salah satu zat yang sangat dibutuhkan janin untuk membantu proses tumbuh kembangnya saat ia berada di dalam kandungan. Bahkan kebutuhan janin terhadap asam folat sangatlah tinggi.

Akan tetapi, hingga sekarang ini masih banyak di antaran para ibu hamil yang mengabaikan kandungan gizi satu ini. Berbicara asam folat, kamu bisa memperolehnya dari kangkung yang memang memiliki kandungan asam folat dengan jumlah yang banyak.

5. Membantu proses pertumbuhan tulang

5. Membantu proses pertumbuhan tulang
Unsplash/Katelyn Barone

Seperti yang kita tahu, kangkung juga memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak, di mana kandungan kalsium ini dapat menguatkan tulang dan membantu proses pembentukan tulang janin.

Maka dari itu, saat hamil kamu disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini, sebab banyak manfaat untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Kesimpulannya adalah kamu bisa melanjutkan dan menikmati sayur kangkung di masa kehamilan. Terlepas dari salad biasa dan sup, kamu pun dapat mencoba membuat seperti masakan tumis kangkung, sup kangkung dan masih banyak lagi.

Sajian ini bisa di santap bersama dengan kerupuk sebagai camilan lezat. Memiliki resep kangkung pun sangat berguna, terutama untuk kamu yang sedang mengandung.

Itu dia beberapa manfaat kangkung untuk ibu hamil. Semoga mama terus sehat selama mengandung, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!