TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Kaldu MPASI yang Aman Tanpa MSG, Rendah Gula dan Garam

Ada berbagai kaldu, salah satunya kaldu tempe

Freepik/Topntp26

Memasuki masa MPASI (Makanan Pendamping ASI), Mama perlu memilih asupan bernutrisi untuk si Kecil. Pastikan makanan diolah dengan sedikit garam dan gula.

Dilansir Ikatan Dokter Anak Indonesia, penggunaan garam dan gula yang sedikit sangat dianjurkan untuk MPASI anak di bawah 1 tahun. Ada baiknya, asupan garam hanya 370 mg per hari. 

Selain memilih jenis makanan bergizi, Mama bisa menggunakan kaldu MPASI sebagai tambahan. Sebenarnya, Mama bisa membuat kaldu MPASI secara alami dengan bahan masakan.

Akan tetapi, bila Mama memiliki waktu yang terbatas untuk mengolahnya, coba gunakan merek kaldu MPASI yang dijual di toko terdekat. Mama bisa memilih merek kaldu tanpa monosodium glutamat (MSG) atau vetsin, terutama untuk bayi alergi MSG.

Jangan lupa perhatikan kandungan garam dan gula di dalam kaldu, ya.

Nah, apa saja merek kaldu MPASI yang aman? Simak ulasan Popmama.com berikut, ya.

1. Alsultan Kaldu Bubuk

Tokopedia.com/Babyboostore

Alsultan Kaldu Bubuk terbuat dari bawang putih, garam, lada, lemak ayam, dan bawang bombai. Bahan-bahan tersebut memberikan rasa gurih pada makanan bayi.

Meski mengandung garam, tapi kadarnya tidak terlalu tinggi. Kaldu MPASI ini juga diklaim tanpa MSG dan tanpa bahan pengawet buatan. Sehingga, Mama bisa menggunakan produk ini untuk menambah cita rasa MPASI.

Alsultan Kaldu Bubuk cocok untuk bayi umur 9 bulan, terutama yang alergi MSG. Ada dua varian rasa, yakni kaldu sapi dan kaldu ayam.

Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000.

2. Amay Kaldu MPASI

Tokopedia.com/Najmi Baby and Kids

Bukan hanya tanpa MSG, Amay Kaldu MPASI juga tidak mengandung garam dan gula. Bahkan, merek ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Keunggulan lain, kaldu MPASI ini diklaim terbuat dari bahan-bahan alami atau organik. Kaldunya pun terbuat dari daging, bukan tulang. Sehingga, nutrisinya lebih tinggi dari kaldu lainnya.

Selain menyediakan rasa ayam dan sapi, kaldu MPASI ini tersedia dalam rasa ikan tuna dan ikan kakap. Jadi, Mama bisa menggunakan kaldu ikan tuna atau ikan kakap sesekali agar bayi tidak bosan.

Harga kaldu MPASI non MSG ini sekitar Rp40.000.

3. Kaldu AlaNia

Kaldualania.com

Apabila Mama mencari kaldu MPASI sayuran, maka Kaldu AlaNia adalah jawaban tepat. Selain menyediakan rasa ayam original, ayam kampung, dan sapi, kaldu ini juga tersedia dalam bentuk kaldu jamur dan kaldu sayuran.

Dengan proses pengeringan di suhu rendah, Kaldu AlaNia memastikan kualitas gizi, aroma, warna, dan rasa kaldu terjaga dengan baik. Kaldu MPASI ini juga mudah digunakan karena sengaja dibuat agar tidak gampang menggumpal.

Sama seperti kaldu MPASI untuk bayi lain, Kaldu AlaNia tidak mengandung MSG. Harganya ramah di kantong, yakni sekitar Rp22.000.

4. Kaldu Enatura

Enatura.co.id

Kaldu Enatura adalah kaldu MPASI dengan bahan yang aman dan cukup lengkap. Sehingga, kaldu ini dapat menambah nutrisi bayi.

Bahan-bahannya adalah:

  • Tepung tapioka
  • Gula
  • Garam
  • Kedelai
  • Beras
  • Merica
  • Daging ayam, sapi, atau jamur.

Mama bisa memilih tiga varian rasa sesuai dengan kesukaan bayi. Selain itu, Kaldu Enatura tidak mengandung MSG sehingga aman dikonsumsi. Namun, jangan menggunakan kaldu ini bila si Kecil alergi kedelai, ya.

Harga Kaldu Enatura tidak jauh beda dengan merek kaldu lain, yakni sekitar Rp20.000.

5. Kaldu Maseko

Tokopedia.com/Biel Butique

Kaldu Maseko diklaim dapat menambah cita rasa enak tanpa risiko. Kaldu MPASI tanpa MSG ini terbuat dari bahan alami yang tidak melewati rekayasa genetika.

Bahan-bahan yang terkandung dalam Kaldu Maseko:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Merica
  • Garam
  • Gula 
  • Tepung maizena.

Menariknya lagi, kaldu MPASI ini tersedia dalam 4 varian rasa, yakni ayam kampung, sapi, jamur, dan daun kelor.

Harganya sekitar Rp17.000.

6. Kaldu Organic Center

Tokopedia.com/Curate

Kaldu Organic Center adalah kaldu MPASI tanpa MSG dengan bumbu alami, yakni:

  • Garam
  • Gula
  • Bawang putih
  • Pati
  • Merica
  • Protein sayuran.

Kaldu ini juga diklaim tanpa pewarna buatan dan bahan pengawet. Bahan-bahan kaldu ini pun tanpa proses rekayasa genetika. Sehingga, Kaldu Organic Center aman dikonsumsi bayi.

Ada tiga varian rasa yang cukup umum, yakni ayam, sapi, dan jamur. Kaldunya terbuat dari daging sapi dan ayam asli.

Harganya sekitar Rp15.000.

7. Koala Kaldu MPASI

Tokopedia.com/Bianchalaris

Kaldu MPASI ini dapat meningkatkan kecerdasan otak karena terbuat dari daging salmon. Selain ikan salmon, kaldu MPASI ini terbuat dari daging ayam, daging sapi, dan ikan tuna.

Keunggulan produk ini terletak pada bahan-bahan alami dan segar untuk menambah rasa. Bahkan, kaldu ini tidak menggunakan tepung dan bahan pengawet. Sehingga, kandungan protein lebih tinggi.

Harga kaldu MPASI terbaik ini sekitar Rp45.000.

8. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami

Lemonilo.com

Terbuat dari bahan alami tanpa pengawet buatan, pewarna buatan, dan penambah rasa,  Lemonilo Kaldu Pelezat Alami termasuk kaldu MPASI terbaik yang aman dikonsumsi.

Bahan-bahannya:

  • Gula
  • Garam
  • Bawang putih
  • Merica
  • Kunyit
  • Tepung maizena.

Ada tiga varian rasa, yakni jamur, sapi dan ayam. Harga kaldu MPASI Lemonilo sekitar Rp22.000.

9. Pawon Ibun Kaldu MPASI

Tokopedia.com/B'byb store

Agak berbeda, Pawon Ibun Kaldu MPASI memiliki rasa-rasa yang unik, mulai dari rasa teri, tempe, udang, ikan salmon, sapi, ayam original, sampai ayam kampung. Pilihan rasa tersebut memudahkan Mama untuk menyesuaikan selera lidah bayi.

Kandungan ikan dan udang dapat meningkatkan kadar protein. Namun, hindari Pawon Ibun Kaldu MPASI rasa udang atau teri bila si Kecil alergi makanan laut. 

Keunggulan lain, kaldu ini tidak menggunakan bahan pengawet, bahan penyedap rasa, ataupun bahan pewarna buatan. Bahkan, kaldu ini tidak mengandung gula dan garam.

Harganya sekitar Rp15.000.

Itulah 9 rekomendasi merek kaldu MPASI.

Sebelum memilih merek kaldu, cermati kandungannya, ya. Pastikan kadar gula dan garam tidak terlalu tinggi atau tidak ada sama sekali. Selain itu, pastikan kaldu tidak mengandung pewarna, pengawet, dan perasa buatan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

The Latest