TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perawatan Kulit saat Menstruasi a la Perempuan Korea

Supaya kulit tetap glowing selama menstruasi

Pexels/SarahChai

Sebelum, saat dan sesudah menstruasi, tubuh perempuan biasanya mengalami perubahan hormon, mood swing (perubahan suasana hati), bahkan perubahan fisik seperti kram perut.

Kondisi-kondisi ini kerap menjengkelkan dan menjadi musuh utama perempuan ketika menstruasi.

Tak terkecuali juga perubahan kondisi kulit. Biasanya kulit tampak lebih berminyak dan mudah muncul jerawat.

Tidak hanya perempuan Indonesia, bahkan perempuan Korea yang terkenal dengan kulit wajah yang flawless dengan produk perawatan kulit berkualitas baik juga mengalami hal tersebut.

Namun, mereka punya trik tersendiri untuk merawat kulit selama menstruasi yang disebut 7 & 7 skincare rule. Nah, bagaimana perawatan kulit tersebut?

Dilansir dari Popbela.com, simak informasinya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini, yuk!

1. Apa itu 7 & 7 skincare rule?

Pexels/Polina Tankilevitch

Dalam sebuah program televisi yang membahas tips kecantikan dan review produk-produk kecantikan di Korea Selatan, yaitu “Get It Beauty”, seorang dokter bernama Kang Eun Hee memberikan tips perawatan kulit berdasarkan siklus menstruasi.

Tips perawatan kulit tersebut bernama 7 & 7 skincare rule. Angka 7 artinya tujuh hari alias seminggu.

Lalu, 7 yang pertama berarti satu minggu sebelum menstruasi dan 7 yang kedua merujuk pada seminggu setelah menstruasi.

2. Kondisi kulit selama menstruasi

Freepik.com

Kondisi kulit pra-menstruasi biasanya paling buruk pada seminggu sebelum menstruasi karena pada periode ini hormon progesteron memengaruhi kulit. Jerawat bermunculan di area kulit sekitar dagu bahkan bisa sampai hidung.

Hormon progesteron membuat kulit perempuan menjadi berminyak, kusam, dan pori-pori tersumbat. Hormon tersebut memang meningkatkan produksi sebum dan menekan pori-pori.

Sementara ketika menstruasi berakhir, kulit mungkin terlihat lelah tetapi saat itulah pemulihan berlangsung. Tujuh hari setelah menstruasi, hormon yang mengatur tubuh perempuan, estrogen, mulai bekerja.

Pada masa ini, periode metabolisme dipercepat dan reproduksi sel kulit lebih aktif. Kulit pun menjadi lebih bersinar selama minggu ini.

3. Perawatan kulit 7 hari sebelum menstruasi

Pexels/Andrea Piacquadio

Dalam seminggu sebelum menstruasi, hormon progesteron meningkat sehingga kulit di sekitar bibir terlihat kering dan berminyak di bagian lainnya. Untuk menjaga kulit tetap glowing dan terawat, Kang Eun Hee menyarankan para perempuan mengatasi produksi sebum berlebih dengan membersihkan wajah secara menyeluruh, melakukan eksfoliasi dua kali seminggu, dan menggunakan lebih banyak produk yang menghidrasi daripada produk berminyak.

Hindari produk skincare yang mengandung minyak. Jika kulit tetap kering, kurangi pemakaian skincare pada periode ini.

Begitupun jika kulit rentan berjerawat, jangan menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit selama tujuh hari ini.

4. Perawatan kulit ketika menstruasi

Freepik/jcomp

Begitu sudah menstruasi, kulit tidak akan terlalu sensitif dan justru cenderung agak kering, walaupun hormon estrogen masih tetap rendah. Masalahnya, kulit akan terlihat lebih lelah dan bengkak.

Sebisa mungkin, gunakan skincare dengan kandungan kopi, teh hijau, dan vitamin C untuk membuat wajah tetap cerah dan glowing.

5. Perawatan kulit 7 hari sesudah menstruasi

Pexels/Polina Tankilevitch

Sementara dalam seminggu setelah menstruasi, perawatan khusus seperti eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, perawatan elastisitas, dan pemutihan sangat disarankan karena hasilnya akan lebih baik. Pasalnya, pada periode ini reproduksi sel kulit lebih aktif.

Kulit yang terlihat lelah terganti dengan sel kulit baru sehingga kulit tampak lebih bersinar.

Tujuh hari setelah menstruasi juga merupakan waktu terbaik untuk menggunakan masker wajah dan facial.

Gunakan skincare yang berfungsi untuk memutihkan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah. Lakukan facial pada periode ini untuk hasil yang maksimal.

Itulah informasi tentang tips kecantikan merawat kulit selama menstruasi ala perempuan di Korea.

Merawat kulit selama menstruasi memang perlu perhatian khusus. Jangan lupa, imbangi juga dengan mengonsumsi banyak air putih dan konsumsi makanan sehat agar jerawat tidak muncul selama menstruasi.

Semoga infonya bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Baca Juga:

The Latest