TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Tepat Membantu Suami yang Ingin Berhenti Merokok

Ayo, dukung suami dengan tulus agar ia berhenti merokok

Freepik

Kebanyakan orang sangat menyadari bahaya merokok pada ancaman kesehatan dirinya. Namun dengan menyadari bahayanya tak menyebabkan orang tersebut untuk berhenti merokok.

Apabila suami termasuk perokok aktif, tentunya sebagai seorang istri harus membantu pasangan dalam menjalani hidup yang lebih sehat tanpa asap rokok.

Sayangnya sebagian perempuan merasa bingung agar sang suami meninggalkan kebiasaan buruknya itu. Nah, Popmama.com sudah merangkum 5 tips agar suami dapat segera berhenti merokok.

1. Mengingatkan suami dengan menyiapkan fakta efek buruk merokok

Unplash/Alex Holyoake

Sebagian orang kerap kali melarang keras suaminya merokok dan sering pula berujung pada pertengkaran yang hebat. Adu mulut maupun debat argumen kerap mewarnai masalah rumah tangga yang suaminya selalu menggunakan uangnya untuk membeli rokok.

Mulai sekarang cara pemberitahuannya saja yang diubah, yakni membimbing suami bahwa Mama sangat peduli pada kesehatan si Papa tanpa menceramahinya panjang lebar.

Lakukanlah dengan ditambahi fakta-fakta tentang bahaya asap rokok untuk kesehatan maupun lingkungan sekitarnya yang sebagai perokok pasif.

2. Mengingatkan untuk memprioritaskan hal yang lebih penting

Freepik/xb100

Sebagai pasangannya Mama bisa menghitung bersama berapa biaya yang dihabiskan si Papa untuk kebutuhan uang jajannya membeli rokok selama ini.

Barulah dari totalnya melihat ke belakang tentang barang apa saja yang mungkin sudah kalian miliki jika Papa tidak menghabiskan uangnya untuk membeli rokok.

Ayo, suarakan keprihatinan Mama terhadap kesehatannya. Langkah ini sangat tepat agar suami sadar akan kebaikan dirinya maupun perekonomian keluarga.

3. Pertimbangkan waktu dan tempat untuk merokok

Freepik/fastfun23

Tidak semua tempat bisa digunakan sebagai lokasi merokok. Misalnya saja di rumah yang di tempat itu ada Mama dan anak-anak. Sebagai istri jangan pernah bosan untuk mengingatkan pasangannya.

Perlahan tapi pasti Mama bisa mengajaknya untuk ke tempat yang agak jauh setiap kali ia ingin merokok.

Selain itu pertimbangan waktu ketika ia merokok, seperti di saat bulan puasa tiba. Cobalah memintanya mengurangi kuantitas rokok sedikit demi sedikit sampai ia bebas dari rokok.

4. Mengalihkan perhatian saat keinginan merokoknya muncul

Unplash/Everton Vila

Alih-alih ingin mengurangi jumlah rokok, si Papa malah merasa defensif dan marah sehingga tidak mau berhenti rokok.

Mama pun dapat memakai cara lain dengan memberikan pengganti rokok untuknya sebagai pengalihan keinginannya untuk merokok seperti memakan permen, berwisata kuliner atau melakukan hobi.

Lakukan hal tersebut untuk mengalihkan perhatiannya setiap kali keinginan merokok muncul.

5. Meredakan setiap gejala kecanduan merokoknya muncul

Freepik

Wajar jika suami yang berhenti merokok lalu merasa cemas, marah hingga stres secara tiba-tiba.

Jika suami mulai menunjukkan gejala di atas setelah memutuskan untuk berhenti merokok, langkah yang harus Mama ambil yaitu memahami dan menenangkan suami. Sebab berhenti dari kegiatan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun sangatlah sulit.

Jadi selalu dukung dan beri apresiasi apapun usahanya dalam berupaya dari kebiasaan merokok.

Itulah 5 cara membantu suami tercinta yang sedang ingin berhenti merokok dan hindarilah kritikan kepadanya, ya.

Baca juga:

Merokok Sambil Berkendara Akan Dikenakan Denda Hingga Kurungan Penjara

The Latest