TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Susah BAB saat Hamil Tua, Begini Cara Mengatasinya!

Ternyata ada ragam cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi susah BAB saat hamil tua!

momjunction.com

Saat kehamilan memasuki trimester terakhir, atau saat hamil tua, berbagai keluhan ketidaknyamanan akan Mama rasakan, termasuk keluhan susah buang air besar. Sebab pada usia ini, rahim akan semakin membesar sehingga usus dan rektum menjadi tertekan.

Akhirnya susah BAB saat hamil tua pun akan Mama rasakan.

Selain itu, peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi selama kehamilan juga menyebabkan otot berelaksasi sehingga kinerja usus menjadi kurang dan pencernaan pun menjadi melambat.

Mama yang mengalami susah BAB saat hamil tua tak perlu khawatir. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa langkah atau cara mengatasi susah buang air besar saat hamil tua yang bisa Mama lakukan:

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Freepik/Yanalya

Mama yang mengalami susah BAB saat hamil tua harus mengecek kembali pola makan Mama selama kehamilan. Sebab, tak hanya pengaruh hormon saja, susah BAB saat hamil tua juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan makanan berserat.

Mama yang mengalami susah BAB disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat seperti buah dan sayur agar pencernaan menjadi lancar.

Tak hanya mengandung  serat, buah dan sayur juga mengandung berbagai macam nutrisi, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan perempuan hamil. Ini tentu bisa jadi cara mengatasi susah buang air besar yang sangat efektif.

2. Cukupi kebutuhan air dengan baik

Freepik/Yanalya

Selain mengonsumsi makanan berserat, mengonsumsi air putih yang banyak juga dapat mengatasi susah BAB saat hamil tua Ma. 

Sebab asupan air yang tercukupi dengan baik mampu memperlancar proses pencernaan, sehingga buang air besar dapat kembali lancar.

Mama disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 12 gelas per harinya agar masalah susah BAB tak lagi mengganggu.

3. Makan dalam porsi kecil namun sering

Freepik

Jika Mama selama ini sering mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, ada baiknya untuk merubah kebiasaan satu ini.

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat membebani kinerja sistem penceraan dalam mengolah makanan yang Mama konsumsi.

Jadi, bagi porsi makan Mama menjadi beberapa bagian. Mama disarankan untuk membaginya menjadi 5 hingga 6 kali makan untuk membantu proses pencernaan. Dengan menerapkan cara ini, sistem pencernaan tidak bekerja ekstra dalam mencerna makanan secara sekaligus.

4. Rutin olahraga

Freepik/Yanalya

Untuk mengatasi susah BAB saat hamil tua, Mama disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu atau 20 hingga 30 menit setiap harinya agar pencernaan kembali lancar.

Ada berbagai macam pilihan olahraga untuk perempuan hamil mulai dari berjalan kaki, berenang, hingga yoga. Mama dapat berkonsultasi kepada dokter terkait olaharga yang aman untuk dilakukan perempuan hamil.

Itulah cara mengatasi susah BAB saat hamil tua Ma. Jika cara tersebut telah dilakukan dan susah BAB masih daialmi dan menyebabkan ketidaknyamanan yang parah, konsultasikan kepada dokter. Dokter akan menyarankan cara yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Mama.

Itulah cara mengatasi susah buang air besar saat hamil tua yang telah Popmama.com rangkum untuk kamu ketahui. 

The Latest